6 Merk RAM Terbaik untuk PC Gaming di Tahun 2022

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ October 19, 2022 ∙ 5 menit membaca

Random Acces Memory atau yang sering disingkat dengan RAM merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara dalam suatu komputer (PC).

Penggunaan untuk gaming tentu membutuhkan RAM yang berbeda. Hal ini terjadi karena performa RAM sangat berpengaruh saat Pins memainkan game. Lalu, bagaimana sebenarnya tips memilih RAM dan merk apa yang cocok untuk Gaming? Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: 

Cara Kerja RAM

ram untuk gaming
(Shutterstock)

RAM bekerja dengan menerima serta mengeksekusi instruksi program dari prosesor yang ada dalam suatu perangkat. Sebagai contohnya adalah saat Pins menggunakan program di PC  maka  RAM akan bekerja dan menyimpan data.

Sedangkan, setelah program dihentikan atau komputer dimatikan maka RAM tidak akan menyimpan data lagi. Tempat penyimpanan data yang permanen sendiri disebut dengan Read Only Memory atau yang sering disebut dengan ROM.

Jumlah RAM yang Diperlukan

Pins, perlu untuk memikirkan jumlah RAM yang tepat agar mampu menyimpan seluruh informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan game. Berikut ini beberapa jumlah RAM yang dapat Pins sesuaikan dengan kebutuhan bermain game kamu:

4GB untuk PC Gaming

ram untuk gaming
(Shutterstock)

RAM dengan besar 4GB merupakan jumlah yang cukup untuk gaming di beberapa tahun yang lalu.  Sayangnya, sekarang ini RAM ini tidak lagi bisa bekerja dengan optimal. Hal ini karena game di masa kini sudah berkembang menjadi lebih berat dan kompleks.

Beberapa game yang dapat Pins mainkan dengan RAM 4GB adalah Valorant, League of Legend, COunter Strike, Minecraft, DOTA 2 dan GTA 5. 

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya

8GB untuk PC Gaming

RAM 8GB merupakan jumlah yang ideal untuk PC gaming Pins. Umumnya, Pins tidak akan terganggu untuk main game dengan ukuran ini. Bahkan beberapa game dapat Pins mainkan dalam performa tertinggi. Beberapa game tersebut di antaranya adalah Fortnite, Apex Legende, dan Cyberpunk 2077.

16GB untuk PC Gaming

ram untuk gaming
(Shutterstock)

Ukuran RAM ini dapat memberikan pengalaman terbaik untuk kebanyakan game. Pins akan merasakan performa tinggi saat memainkan game tanpa perlu menutup aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Contoh game yang dapat dimainkan adalah Player Unknown’s Battleground dan Call of Duty War Zone.

32GB untuk PC Gaming

Dengan ukuran ini, Pins dapat merasakan pengalaman bermain game dengan performa terbaik dengan grafis yang sangat apik. Pins juga dapat bermain bahkan sambil menjalankan berbagai aplikasi di latar belakang tanpa khawatir akan terganggu bermain game.

Merk RAM untuk PC Gaming

Terdapat beberapa merk RAM yang dapat menjadi perimbangan Pins karena telah terbukti kualitasnya. Berikut ini beberapa merk RAM untuk PC gaming:

Kingston

ram untuk gaming
(Kingston)

Merek Kingston adalah salah satu merek paling banyak digunakan di Indonesia. Kingston memang terkenal karena memproduksi produk gaming seperti SSD< HDD, Flash drive, termasuk RAM. Merek ini menjadi salah pilihan terbaik untuk beberapa produk termasuk RAM.

Pins dapat memilih banyak tipe RAM dari merek ini. Terlebih banyak pilihan dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: 10 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Sebelum Dibeli

Adata

(Adata)

Adata merupakan merek ternama RAM yang berasal dari Taiwan. Merek ini terkenal karena memiliki kualitas yang tidak dapat Pins ragukan. RAM dari Adata terkenal memiliki performa yang stabil dan kencang untuk para gamer.

Dengan chip berkualitas tinggi, Pins dapat mulai membeli RAM ini mulai dari harga 600 ribu. Untuk keestetikan Pins dapat memilih RAM Adata yang dilengkapi dengan cahaya RGB.

TEAM

(TEAM)

TEAM merupakan merk RAM yang berdiri di Taiwan sejak 1997. Beberapa RAM terbaiknya dilengkapi dengan fitur lampu RGB yang mempercantik tampilan PC gaming kamu. Pins tidak perlu khawatir mengalami gangguan selama main game karena RAm dari TEAM berperforma baik.

Corsair

(Corsair)

Tidak hanya memproduksi mouse dan perangkat keras komputer lain, Corsair juga menawarkan RAM terbaik yang dimilikinya. Pins dapat membeli RAM dari Corsair dengan harga yang cukup terjangkau. RAM dari Corsair ini cocok untuk Pins yang memang ingin memainkan game berat.

Baca Juga: 23 Rekomendasi Laptop Gaming Murah dan Terbaik Tahun 2022

Silicon Power

(Silicon)

Merk asal Taiwan lain yang cukup terkenal di dunia gaming adalah Silicon Power. Beberapa produknya seperti model XPower didesain untuk gamer yang menginginkan performa tinggi bermain game.

G.Skill

(Gskill)

RAM G.Skill dibuat dengan prosesor tercanggih yang dapat meningkatkan performa PC Pins. Beberapa RAM dari merk ini mampu mendorong PC Pins ke kecepatan bermain game yang unggul. Pins akan mendapatkan pengalaman bermain game yang stabil dengan merek RAM ini.

VenomRX

(VenomRX)

Walaupun memiliki tampilan yang sederhana, Pins tidak boleh meragukan kemampuan RAM dari merk ini. Bahkan merk ini telah banyak digunakan oleh gamer profesional. Ini karena VenomRX dapat digunakan untuk meningkatkan performa main game.

Demikian informasi RAM untuk PC gaming kamu. Pins dapat menggunakan RAM yang memang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga: 16 Game Online Web Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.  Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 8 Aplikasi Video Stabilizer Terbaik Untuk Editor

Saat ini, semua orang bisa membuat video dengan kamera smartphone. Apalagi sudah banyak aplikasi vi

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas Lengkap dengan Penjelasannya

Beberapa dari kamu saat ini mungkin sedang merencanakan pengajuan pindah tugas, dan memerlukan sura

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Kasir Pembantu Keuangan Usaha Kamu

Saat ini sudah banyak aplikasi kasir untuk smartphone yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Membuat Komik Terbaik dan Terlengkap

Terinspirasi menjadi seorang penulis komik? Atau sekedar iseng-iseng mengisi waktu luang dengan mem

Gadget
Gadget 12 Cara Cek HP Xiaomi Asli dan Palsu Paling Akurat

Xiaomi memang sudah dikenal oleh publik sebagai brand smartphone berkualitas yang dibanderol dengan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia