Pinhome

Klub Bulu Tangkis Indonesia

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 23 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Klub Bulu Tangkis Indonesia – Prestasi Indonesia di bidang permainan bulu tangkis sudah sangat banyak, tentunya karena banyaknya para atlet profesional bulu tangkis yang lahir dari beberapa klub ternama. Kita mungkin sudah tidak asing dengan beberapa nama seperti Jonatan Christie, Marcus Fernaldi Gideon, Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Suka Muljo, dan sebagainya. Namun pernahkah kita memikirkan dari klub mana saja mereka berasal?

Tentunya, seorang atlet profesional bulu tangkis tidak berlatih sendirian. Salah satu faktor yang mengantarkan seorang pemain bulu tangkis sukses menjadi pemain profesional dan berlaga di pertandingan nasional maupun profesional adalah karena klub yang sudah diakui. Maka, artikel berikut akan membahas mengenai beberapa klub bulu tangkis ternama yang telah mencetah sejumlah bintang lapangan bulu tangkis.

Klub Bulu Tangkis Terbaik Indonesia

#1. PB Jaya Raya

klub bulu tangkis indonesia pb jaya raya
Sumber: Indosport

Klub pertama yang dibahas pada artikel kali ini adalah PB Jaya Raya. Ini adalah salah satu klub yang melahirkan pemain-pemain bulu tangkis profesional.

Klub PB Jaya Raya adalah klub yang didirikan pada tahun 1975 di Jakarta. Klub ini masuk dalam organisasi PBSI Indonesia. PB Jaya Raya pertama kali berdiri menggunakan Hall A di GOR kuningan, daerah Jakarta Selatan.

Karena kesuksesan klub bulu tangkis ini, akhirnya PB Jaya Raya dapat berlatih di GOR sendiri. Jadi, pusat pelatihan PB Jaya Raya dipindahkan ke komplek sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan.

Sebenarnya tidak heran kalau PB Jaya Raya berhasil mencetak pemain-pemain kelas dunia. Karena visi dari PB Jaya Raya sendiri adalah ‘membina dan menghasilkan atlet-atlet bulu tangkis kelas dunia’.

Jadi kalau kamu ingin menjadi pemain bulu tangkis profesional, salah satu klub yang saya rekomendasikan adalah PB Jaya Raya.

Baca Juga: Pemain Legenda Bulu Tangkis

Adapun pemain-pemain profesional hasil jebolan PB Jaya Raya adalah

  1. Greysia Polii
  2. Hafidz Faisal
  3. Nitya Krishinda Maheswri Korwa
  4. M.Rian Ardianto
  5. Hendra Setiawan.

#2. PB Djarum

Sumber: Bola

Salah satu klub terbesar yang ada di Indonesia adalah PB Djarum. Setiap orang pasti mengetahui klub yang satu ini, karena memang sudah tersebar ke mana-mana.

Banyak atlet profesional yang lahir dari klub ini. PB Djarum diresmikan pada tahun 1974. Adapun lapangan yang sering digunakan oleh klub ini adalah GOR Jati yang digunakan semenjak tahun 2006.

GOR Jati adalah salah satu GOR PB Djarum yang dikhususkan untuk melatih atlet-atlet profesional.

GOR Jati disediakan untuk latihan pemain PB Djarum putri dan putra yang tunggal. Sedangkan tempat latihan untuk pemain putri dan putra ganda itu di PB Djarum Jakarta.

Pemain-pemain yang berhasil menjadi atlet profesional di Indonesia dan bersaing di dunia salah satunya berasal dari PB Djarum. Inilah dia atlet yang lahir dari klub PB Djarum, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Hassan dan Tontowi Hasan.

PB Djarum selalu membuka beasiswa untuk pemain-pemain yang bagus dan baik. Nama dari yayasan tersebut adalah Djarum Foundation. Hampir setiap tahun PB Djarum membuka pendaftaran untuk pemain bulu tangkis.

#3. PB Tangkas

Sumber: Aktual

Salah satu pemain profesional dari Indonesia yang terkenal di kancah dunia adalah pemain yang lulus dari klub PB Tangkas.

Klub ini sudah berdiri sejak lama pada tanggal 21 Februari 1951, beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Anda dapat mengunjungi club badminton ini di lokasi Tanjung Duren, Komplek Greenville, Jakarta Barat.

Banyak pemain bulu tangkis sekarang yang sudah terkenal berasal dari klub PB Tangkas. Pemain bulu tangkis terkenal ini juga masuk dalam komunitas badminton Jakarta.

Inilah dia pemain-pemain profesional dari klub PB Tangkas yang sudah sering bermain di kancah dunia.

  1. Icuk Subagdja (1983, Birmingham)
  2. Joko Supriyanto (1993, Copenhagen)
  3. Ricky Subagdja (1993, Kopenhagen)
  4. Ade Chandra (1980, Jakarta)
  5. Verawati Fajrin (1980, Jakarta)
  6. Rexy Mainaky (1995, Lausame)
  7. Hendrawan (2001, Sevilla)

#4. PB Exist

Sumber: Smask Travel

Di kancah nasional, klub PB Exist sudah tidak asing lagi di telinga penggemar bulu tangkis karena klub bulu tangkis yang satu ini selalu menjadi juara dalam setiap kompetisi-kompetisi nasional.

Banyak pemain-pemain yang hebat yang lahir dari klub PB Exist ini, contoh pemain-pemin terkenal di Indonesia yang telah menjuarai kompetisi-kompetisi nasional adalah Priskila Siahaya, Felix Eka dan Fitriani.

Pemain-pemain PB Exist ini selalu menjadi sorotan di mata penggemar dan pemain bulu tangkis Indonesia.

Bahkan saking terkenalnya pemain-pemain yang berasal dari klub ini, sebagian dari mereka ada yang bekerja di kawasan Komplek Perumahan Nirwana Estate, Jalan Cikaret Raya, Cibinng, Bogor.

Mereka juga membuka les privat badminton terdekat, banyak masyarakat yang antusias dengan pelatihan mereka.

GOR yang digunakan di komplek tersebut memiliki luar bangunan yang mencapai 2600 meter persegi. Sedangkan tanahnya memiliki luas sebesar 1500 meter persegi.

GOR ini memiliki fasilitas yang lengkap dengan ruang belajar, asrama, 7 lapangan, ruang video, tempat fitness, serta gedung multifungsi.

#5. SGS PLN Bandung

Sumber: Indosport

Klub bulu tangkis selanjutnya yang terkenal di Indonesia dan sering mendapatkan juara dalam berbagai kompetisi adalah SGS PLN Bandung. SGS PLN Bandung memiliki pusat pelatihan di Taufik Hidayat Arena.

SGS PLN memiliki singkatan dari Sangkuriang Graha Sarana. GOR yang digunakan oleh klub ini berada di Jakarta. Akan tetapi untuk latihan dan pelatihan awal tetap berada di daerah Bandung.

Klub ini sebenarnya telah berdiri sejak lama. SGS PLN Bandung telah berdiri menjad klub bulu tangkis sejak tahun 1987.

Banyak pemain bintang yang lahir dari klub SGS PLN ini, peman-pemain terkenal tersebut diantaranya adalah Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfan, dan Richi Puspita Dili.

#6. Mutiara Cardinal Bandung

Sumber: Bulutangkis

Klub bulu tangkis selanjutnya yang berada di Indonesia adalah Mutiara Cardinal Bandung. Ia adalah klub yang sudah lama berdiri.

Sebelumnya nama klub ini adalah Blue White pada tahun 1950-an. Lalu, klub ini berubah namanya menjad Mutiara Cardinal Bandung pada tahun 1967.

Klub ini berasal dari Tanah Sunda, yaitu ibukota Jawa Barat, Bandung. Klub Mutiara sering menggelar audisi atau kejuaraan untuk menjaring minat pemain yang berasal dari Jawa Barat. Atlet yang terbaik ini akan dijadikan bagian dari Klub Mutiara Cardina Bandung. Mereka akan dikembangkan bakatnya oleh klub satu ini.

Salah satu keberhasilan dari Mutiara Cardina Bandung adalah memunculkan pemain berbakat yang menjadi pemain bulu tangkis tunggal nomor satu di Indonesia, yaitu Gregoria Mariska.

#7. Suryanaga Surabaya

pb suryanagara surabaya adalah salah satu klub bulu tangkis terbaik di indonesia
Sumber: Suryakabar

Klub selanjutnya yang berhasil mencetak pemain-pemain bulutangkis terbaik di Indonesia adalah Suryanaga Surabaya.

Suryanaga Surabaya adalah klub Indonesia yang berhasl mencetekan peman-pemain top Indonesia. Klub ini berasal dari Jawa Timur.

Pemain-pemain terkenal yang berasal dari klub Suryanaga Surabaya adalah Alvent Dwi Yulianto, Alan Budikusuma, Sony Dwi Kuncoro, dan Trikus Hariyanto.


Nah itulah dia klub-klub bulu tangkis terkenal di Indonesia yang telah berhasil mencetak pemain-pemain profesional.  

Artikel Terkait:

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia