BlogLifestyleKesehatanBeragam Manfaat Jahe yang Sangat Ajaib untuk Kesehatan Tubuh
0
0

Beragam Manfaat Jahe yang Sangat Ajaib untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 22, 2022

5 menit membaca

Copied to clipboard
ginger, ingber, immerwurzeltop-right-banner

Banyak yang sudah membuktikan manfaat jahe. Salah satunya yaitu ampuh untuk menghangatkan tubuh, Mom. Di Indonesia sendiri, jahe seringkali diracik dengan cara diseduh untuk bisa dikonsumsi lalu tubuh bisa merasakan khasiatnya.

Pinhome – Jahe tergolong sebagai tanaman rimpang yang serbaguna. Selain digunakan sebagai herbal dan obat alternatif. Jahe pun sering diandalkan sebagai bumbu rempah untuk menambah citarasa masakan supaya lebih nikmat. Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale Rosc dapat dipanen kurang lebih pada usia 8 sampai 12 bulan. Sementara itu, tanaman herbal ini tumbuh subur di Asia Tenggara, Mom.

Baca Juga: Bentuk Pohon Serta Manfaat Dari Kapulaga Untuk Kesehatan

Tak hanya di Indonesia, permintaan pasar akan jahe juga tinggi, Mom. Bukan cuma dijual utuh, jahe juga sering dijumpai di pasaran dalam bentuk bubuk maupun pasta. Sebagai obat tradisional, tanaman rimpang yang satu ini juga dijual dengan harga yang masih dapat dijangkau oleh kantong. 

Jenis-jenis jahe

Source : Freepik

Baca Juga: 5 Cara Membuat Jamu Tradisional Untuk Lovebird Menggunakan Jahe

Banyak yang dibuat syok dengan khasiat jahe tapi mungkin Mom belum tahu apa saja dan berapa jenis jahe yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Berikut Pinhome rangkum beberapa jenis-jenis jahe yang wajib Mom ketahui:

  • Jahe putih besar

Melansir dari laman resmi Litbang Pertanian, jahe putih besar memiliki warna putih kekuningan, bentuknya agak pipih dengan serat yang lembut, Mom. Soal aroma tak perlu diragukan lagi, jahe putih besar memiliki aroma yang lumayan tajam dan rasanya yang cenderung pedas.

  • Jahe emprit atau jahe putih kecil

Nyaris mirip dengan jahe putih besar, jahe putih kecil atau yang sering disebut dengan jahe emprit ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Warnanya putih cenderung abu-abu. Potongannya juga pipih dan melintang. Aromanya tidak terlalu tajam jika dibandingkan dengan jahe putih besar.

  • Jahe merah

Dari namanya saja Mom sudah jelas kalau tanaman herbal yang satu ini identik dengan warna merah. Jahe merah memiliki ukuran kecil laiknya jahe emprit. Namun, jahe merah memiliki rasa yang cenderung lebih pedas dibandingkan dengan varian jahe lainnya. Jahe merah juga memberikan sensasi hangat.

Manfaat jahe untuk kesehatan

Dari ketiga jenis macam jahe di atas, tentu manfaat jahe lah yang diburu banyak orang. Banyak yang belum tahu kalau manfaat jahe untuk kesehatan benar-benar terbukti kemanjurannya. Berikut Pinhome rangkum manfaat jahe:

  • Ampuh meredakan mual

Manfaat jahe merah salah satunya ampuh meredakan mual. Hal tersebut dikarenakan ada kandungan gingerol dalam tanaman herbal tersebut, Mom. Gingerol bersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh mengurangi risiko tubuh terpapar radikal bebas penyebab penyakit.

  • Membantu menurunkan berat badan

Jahe memang dikenal dengan aroma dan rasanya yang cenderung hangat dan pedas. Nyatanya sensasi tersebut bisa membantu membakar kalori dalam tubuh yang akhirnya membuat rasio pinggul mengecil hingga mengatasi masalah obesitas. Fakta tersebut sudah dibuktikan oleh riset pada manusia dan juga hewan, Mom.

  • Menyembuhkan gangguan pencernaan

Memiliki gangguan pada pencernaan memang sangat tidak mengenakkan. Bagi Mom yang sering merasa tidak nyaman dengan itu, ada baiknya manfaat jahe. Salah satunya manfaat jahe merah yang dapat membantu meredakan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

  • Meredakan nyeri haid

Tak dipungkiri kram pada saat PMS (Premenstrual Syndrome) seringkali membuat Mom tak berdaya. Di sinilah waktu yang tepat untuk Mom mengandalkan manfaat jahe merah untuk kesehatan. Riset menunjukkan jika perempuan yang mengonsumsi racikan jahe di awal masa menstruasi lebih berpeluang untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

LDL atau kadar kolesterol jahat berpotensi memicu penyakit jantung. Dalam sebuat studi dijelaskan hasil riset mengenai pengaruh konsumsi jahe terhadap peserta penelitian yang diberikan dosis jahe tinggi. Dalam 45 hari, sebanyak 10 persen LDL peserta mengalami penurunan, Mom.

  • Mencegah risiko terkena penyakit kanker

Kanker jadi salah satu penyakit yang berisiko menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Dengan mengandalkan jahe, ternyata risiko kanker bisa diperkecil. Tanaman herbal yang juga bumbu rempah ini faktanya mengandung senyawa anti-kanker.

  • Membantu melawan infeksi

Tubuh dengan imun yang lemah sudah pasti akan jadi sarang terbaik bagi bakteri. Walaupun demikian, Mom tetap bisa mencegah risiko badan terserang penyakit. Lagi-lagi kandungan gingerol pada jahe bekerja optimal untuk melawan bakteri dan virus penyebab infeksi yang bersarang di tubuh.

Cara meracik jahe sebagai obat herbal

Segudang manfaat di atas dapat dirasakan oleh tubuh jika Mom mengonsumsi beberapa jenis olahan jahe di bawah ini. Mau tahu apa saja racikan jahe yang dapat digunakan? Berikut beberapa di antaranya, Mom:

  • Bubuk jahe

Cara pertama untuk bisa mengonsumsi tanaman rimpang ini yaitu dengan membuatnya menjadi bubuk. Pertama yang harus dilakukan yaitu mengeringkan jahe kemudian digiling halus. Bubuk jahe bisa digunakan untuk dibuat minuman atau sebagai bumbu masakan.

  • Sirup jahe

Untuk membuat sirup jahe, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencucinya kemudian potong  dan kupas jahe. Rebus dalam air mendidih selama 15 menit, tambah gula pasir dan air. Didihkan kurang lebih 45 menit, diamkan dua hari, lalu didihkan lagi selama 45 menit sampai akhirnya menjadi sirup jahe siap konsumsi.

  • Asinan jahe

Siapa sangka jika jahe dapat diolah laiknya asinan. Mom juga dapat mencicipinya di rumah, pertama pilih jahe muda kemudian kupas dan cuci bersih. Setelah itu, larutkan dalam air garam 14-18 persen, 1 persen asam sitrat, dan sulfur dioksida 5 persen, diamkan kurang lebih 15 menit. Apabila sudah, masukkan rendaman jahe dalam wadah kedap udara serta tertutup yang tidak terpapar cahaya.

Nah, itu tadi Mom segudang khasiat baik dari jahe yang dikenal sebagai tanaman herbal dan manjur untuk mengobati segala jenis penyakit. Apabila Mo ingin merasakan manfaat jahe untuk kesehatan, dapat langsung meraciknya di rumah dengan cara yang Mom anggap paling praktis. Selamat mencoba, Mom!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download