BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh dan 6 Kelebihan Memakai Pintu Sliding Kayu
0
0

10 Contoh dan 6 Kelebihan Memakai Pintu Sliding Kayu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pintu sliding kayu adalah jenis pintu geser yang sering digunakan agar rumah terlihat lebih luas. Dulu, penggunaan pintu sliding di Indonesia belum terlalu diminati. Namun dengan perkembangan waktu, modifikasi desain pintu sliding semakin bervariasi, sehingga semakin banyak digunakan untuk hotel, apartemen, hingga rumah.

Pilihan pintu sliding ini mungkin bisa membuat rumah bekas di kota Bogor dan rumah dijual di Bekasi ini jadi lebih menarik. Dengan begitu iklan jual rumah akan lebih efektif sebab interior ruangan yang menarik seperti pada Intan Residence.

10 Contoh Pintu Sliding Sebagai Referensi Hunian

Pintu sliding terbuat dari beberapa material, mulai dari aluminium, UPVC, serta kayu. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, bahan kayu cenderung lebih banyak dipilih karena dianggap mencirikan rumah khas Indonesia. 

1. Pintu Geser Kayu Sederhana

pintu sliding kayu sederhana
Source : Unsplash

Pintu sliding dengan pemilihan model kayu polos dapat memberikan kesan sederhana pada rumah. Pintu jenis ini biasa digunakan pada rumah dengan ukuran minimalis agar ruangan disekitarnya terlihat lebih leluasa. Pins yang tidak suka dengan model pintu glamour dengan tambahan ornamen atau kaca bisa menggunakan pilihan model ini.

2. Pintu Geser Kayu Kombinasi Kaca Transparan

pintu sliding kayu kaca
Source : Alacasa

Pintu sliding dengan kombinasi kaca transparan dulunya lebih banyak digunakan di hotel, apartemen, atau sejenisnya. Namun kini model pintu ini juga sudah banyak digunakan di rumah. Pintu sliding transparan biasa digunakan untuk sekat ruangan-ruangan yang tidak membutuhkan privasi seperti dapur, ruang keluarga, serta teras samping atau belakang rumah.

3. Pintu Geser Ala Jepang

jenis pintu sliding kayu ala Jepang
Source : Pexels

Rumah ala Jepang terkenal memiliki nilai sejarah dan budaya yang kental. Pintu sliding ala jepang umumnya terbuat dari kayu, dengan tambahan kertas di tengahnya. Kini pintu sliding ala Jepang sudah banyak dimodifikasi dengan mengganti kertas menggunakan kaca buram atau triplek.

4. Pintu Geser Model French Doors

Source : Webflow

French doors merupakan model pintu yang memiliki dua bagian dan memiliki poros pada engsel yang dipasang berlawanan dari bingkai pintu. French door banyak dimodifikasi tak hanya menjadi pintu dorong namun juga pintu geser.

Di Indonesia, French door lebih banyak digunakan di rumah-rumah dengan halaman luas di belakang. Jenis French door akan memudahkan pemilik melihat kondisi luar dari dalam rumah.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Gazebo Modern

5. Pintu Geser Bambu

Source : Pxhere

Penggunaan bambu sebagai sekat ruangan atau pintu sudah banyak digunakan di Indonesia. Hampir sama dengan kayu, bambu mampu memberikan suasana tenang, dan nyaman bagi siapapun. Bambu juga bisa dimodifikasi menjadi sliding door pada ruang tamu, atau ruang tertentu pada rumah.

6. Rustic Sliding Door

Source : Main Company

Rustic sliding door adalah tipe pintu yang didominasi dengan tekstur kasar. Konsep pintu ini memang terlihat kurang rapi dan usang. Namun beberapa orang menganggap rustic sliding door akan membuat ruangan menjadi lebih hangat dan terkesan menyatu dengan alam.

7. Pintu Geser Sebagai Partisi

Source : Pexels

Pintu geser sebagai partisi biasa digunakan sebagai pembatas antar ruang, seperti ruang tamu, dan ruang keluarga. Desainnya bisa disesuaikan, namun jika ingin menghemat ruang, bisa menggunakan bentuk tipis dengan kaca dibagian tengahnya.

8. Pintu Geser Kayu dengan Kaca Buram

Source : Himalaya Abadi

Selain kaca bening, kaca buram juga bisa dikombinasikan pada pintu geser. Penggunaan kaca buram akan membuat pencahayaan ruangan di dalamnya menjadi lebih fokus. Kaca buram bisa juga dikombinasikan dengan bingkai kayu agar terlihat lebih estetik.

9. Pintu Geser Sekaligus Fasad

Source : Homify

Pintu sliding yang satu ini lebih cocok dipasang di pintu masuk ruang tamu, atau gerbang pintu utama. Pintu sliding dengan perpaduan kayu, kaca, dan warna cat coklat dapat memberikan kesan hangat serta natural pada bangunan. 

10. Sliding Pocket Door

Source : Interior Design

Sliding pocket door memiliki sedikit perbedaan di bagian atas roller, dimana bagian ini ditutupi oleh kotak seperti pelmet box agar terlihat rapi. Sliding pocket door berbahan kayu dengan warna cat putih bisa menjadi pilihan bagi Pins yang menyukai ruangan dengan warna-warna putih terang.

Baca juga: 7 Jenis Ukuran Sofa yang Ideal dan Banyak Digunakan

6 Kelebihan Memakai Pintu Sliding Kayu

Source : Pexels

Selain beberapa contoh diatas, desain dan modifikasi pintu sliding sebenarnya masih banyak. Namun, sebelum membahas lebih banyak lagi, alangkah baiknya jika juga mengetahui beberapa kelebihan penggunaan pintu sliding.

1. Menghemat Tempat

Salah satu kelebihan utama pintu sliding yang paling terlihat jelas adalah posisinya cukup menghemat tempat. Pintu sliding hanya memerlukan sedikit ruang yang menyatu dengan tembok atau sekat ruang. Ukurannya pun tidak banyak, hanya beberapa sentimeter saja, sehingga ruang lain disekitarnya bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan atau ruang lain.

2. Menambah Nilai Estetika

Pintu geser memiliki model dan jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Tidak hanya digunakan untuk kamar, pintu sleding juga bisa digunakan di beberapa ruang lainnya, seperti kamar mandi, dapur, taman, dan lainnnya. Posisi dan jenis pintu sliding yang unik bukan tidak mungkin akan meningkatkan nilai estetika rumah.

3. Memaksimalkan Cahaya Masuk

Selain udara, pencahayaan yang baik juga akan membuat rumah lebih hidup dan nyaman. Pintu sliding kayu dengan kombinasi kaca di tengahnya bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan cahaya masuk ke rumah. 

4. Efisiensi Tenaga

Berbeda dengan pintu dorong, pintu sliding bisa dibuka tutup dengan bantuan roller pada bagian atas. Hal ini otomatis akan menghemat tenaga, karena dengan satu tarikan pintu akan bergeser dengan sendirinya.

5. Memiliki Keunikan Tersendiri

Penggunaan pintu geser di Indonesia memang belum begitu familiar jika dibandingkan jenis pintu dorong. Namun soal keamanan dan kenyamanan pintu sliding tak kalah. Bahkan pintu sliding memiliki keunggulan karena modelnya yang unik akan menambah nilai estetika rumah.

6. Memberikan Kesan Luas pada Ruangan

Penggunaan kaca di dalam ruangan secara tidak langsung akan memberikan kesan ruangan lebih luas. Begitupun dengan penggunaan pintu sliding kayu dengan perpaduan kaca di tengahnya. 

Pintu sliding kayu yang beraneka macam dengan desain yang cantik tentu akan membuat kita pusing memilihnya. Mulai dari pintu geser kayu sederhana, pintu geser kayu kombinasi kaca, pintu geser ala jepang, hingga pintu geser gaya kolonial semuanya memiliki keindahan masing-masing.

Jika Pins sudah menetapkan jenis pintu sliding kayu mana yang akan digunakan untuk rumah, pastikan juga untuk menetapkan hunian mana yang nyaman ditinggali bersama keluarga. Untuk rekomendasi berbagai properti dan hunian, bisa langsung cek melalui website Pinhome.

Baca juga: 10 Perpaduan Warna Gorden dan Tembok yang Serasi

Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download