Pinhome

Cara Memilih Situs Pinjaman Online Terbaik

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 8 March 2021 ∙ 3 menit membaca

Di era saat ini segala hal mulai berubah karena kemajuan teknologi. Hal tersebut juga terjadi pada metode pinjaman saat ini.

Dimana dengan adanya situs pinjaman online menjadi angin segar untuk memudahkan masyarakat mencari pinjaman dana yang mudah dan cepat. 

Namun perlu kamu ketahui bahwa proses yang mudah dan pencairan dana yang cepat rasanya tidak cukup menjanjikan bahwa situs tersebut legal dan terpercaya. Kamu harus lebih teliti dan tidak dibutakan oleh penawaran yang menggiurkan.

Jadi kamu perlu berhati-hati jangan sampai salah memilih situs pinjaman online. Beberapa orang sering mengeluh dan merasa tidak nyaman mengenai sikap para penagih pinjaman online. 

Tidak hanya itu beberapa platform pinjaman online di awal-awal juga tidak secara transparan membeberkan bunga pinjaman, biaya denda dan yang lainnya.

Sehingga cukup membuat nasabah merasa dirugikan dengan besarnya angsuran yang ditanggung.

Baca Juga: Pertimbangan Sebelum Mengambil KPR Tenor Panjang

Untuk menghindari hal tersebut berikut adalah cara memilih pinjaman online terbaik dan terpercaya!

1. Pastikan Telah Terdaftar di OJK

Cara pertama dalam memilih pinjaman online yang benar adalah memastikan bahwa situs pinjaman online tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

OJK sendiri merupakan lembaga pemerintah yang didirikan untuk mengatur dan mengawasi perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan.

Salah satunya yaitu platform pinjaman online. OJK sendiri berhak menghapus dari daftar jika perusahaan-perusahaan tersebut melakukan pelanggaran kebijakan yang telah ditetapkan.

2. Memiliki Layanan Konsumen yang Profesional

Layanan konsumen merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap perusahaan yang memiliki produk layanan yang berhubungan dengan konsumen secara langsung.

Jadi pastikan situs pinjaman online tersebut memiliki layanan konsumen yang baik dan sigap melayani kamu. 

Pastikan juga kontak dari layanan konsumen tersebut memiliki kredibilitas. Jika kamu mendapati kontak layanan konsumen yang mencurigakan misalnya penggunaan alamat email gratis, itu harus kamu pertimbangkan.

Umumnya sebuah perusahaan tidak akan segan mengeluarkan anggaran untuk menyediakan kontak layanan konsumen berbasis bisnis. 

3. Besaran Bunga Pinjaman yang Ringan

Hindari menggunakan platform pinjaman online yang memberikan bunga pinjaman tinggi. Biasanya pinjaman online terbaik dan terdaftar di OJK akan secara terang-terangan memberikan informasi mengenai bunga pinjaman di platform mereka.

Sehingga kamu tahu besaran suku bunga dan jumlah cicilan per bulannya. 

4. Ketahui Mekanisme Pinjaman di Platform Tersebut

Jika kamu mendapati platform pinjaman online yang tidak secara transparan memberikan informasi mengenai mekanisme perusahaan mereka, kamu patut curiga.

OJK telah memberikan kebijakan mengenai pemberian informasi tentang mekanisme pinjaman secara detail kepada calon nasabah. 

Pemberlakuan kebijakan tersebut bertujuan agar nasabah tidak merasa dirugikan oleh pihak platform pinjaman online di kemudian hari.

Mekanisme pinjaman tersebut meliputi besaran suku bunga pinjaman, biaya pelunasan di awal, hingga denda telat bayar semuanya harus dijelaskan di awal.

5. Keamanan Situs yang Terjamin

OJK juga telah memberlakukan kebijakan mengenai situs pinjaman online yang harus lolos audit dan lolos ISO teknologi informasi.

Dengan begitu keamanan situs telah terjamin sehingga meminimalisir terjadinya pencurian data-data nasabah. 

Untuk memastikan bahwa situs pinjaman online tersebut telah dilindungi dengan secured. Kamu dapat melihat logo gembok di bagian kiri alamat situs. Jika kamu tidak menemukan logo gembok makan patut dicurigai.

Itulah tips dan cara memilih pinjaman online terbaik dan terpercaya. Jika membahas pinjaman online terpercaya, Tunaiku merupakan salah satu diantaranya karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Tidak hanya itu Tunaiku juga memberikan plafon pinjaman mulai dari 2 juta hingga 20 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan.

Bunga pinjaman di Tunaiku juga tergolong ringan hanya 3 hingga 4 persen per bulan. 

Tunaiku merupakan salah satu pinjaman online terbaik yang ada di Indonesia dan berdiri sejak tahun 2014. Jadi tidak perlu diragukan lagi mengenai kredibilitasnya.

Tags :

Bagikan Artikel