Pelanggaran dalam Bola Voli

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 25 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli – Setiap olahraga yang kita ketahui pasti ada kesalahan-kesalahan dan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Padahal pelanggaran itu telah ditetapkan dan wajib dihindari, termasuk dalam permainan bola voli.

Oleh karena itu, agar pemain bola voli bisa bermain dengan baik dan benar, ia harus mengetahui apa saja pelanggaran-pelanggaran yang harus ia hindari.

Pemain yang mengetahui pelanggaran apa saja yang harus dihindari pasti akan berhati-hati dalam bermain.

Munculnya peraturan bola voli juga karena adanya berbagai macam variasi permainan bola voli seperti permainan bola voli mini. Maka, pemain yang ingin menjadi atlet profesional wajib mengetahui pelanggaran-pelangaran yang harus ia hindari.

Mengenal Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli
eSumber: World of Volley

#1. Kesalahan Saat Service

Saat melakukan service, banyak pemain yang melakukan pelanggaran. Padahal, tahapan penting dalam permainan olavoli adalah service.

Ada pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan pemain bola voli saat mereka melakukan service. Inilah dia pelanggaran yang sering dilakukan:

  • Saat akan melakukan service, pemain malah terlalu lama mengambilnya, atau saat mau melakukan service malah mengulur-ngulur waktu.
  • Saat pemain melakukan service, ia tidak memukul bola tersebut dengan tangan dan ia juga tidak melambungkan bola voli terlebih dahulu.
  • Bola yang telah di service oleh salah seorang pemain malah tidak masuk ke area lapangan atau malah keluar area lapangan. Selain itu, bola yang di service malah menyentuh net, melewati sisi pembatas, atau bahkan melewati bawah net.
  • Saat pemain melakukan service, posisi malah diangkat dan kaki pemain menginjak garis batas lapangan bola voli.

#2. Pelanggaran atau Kesalahan Net

Setelah membahas tentang kesalahan dan pelanggaran pemain saat melakukan service, ada juga pemain yang melakukan pelanggaran terhadap net.

Pelanggaran ini sering dilakukan para pemain bola voli. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menjadi pemain bola voli yang baik, maka harus benar-benar tahu pelanggaran apa saja yang sering terjadi.

Inilah dia pelaggaran-pelanggaran yang sering terjadi pada net :

  • Saat pertandingan bola voli masih atau sedang berlangsung, ada pemain yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh tiang net atau net.
  • Sebelum lawan memberikan serangan mereka, pemain mengulurkan tangannya melewati atau melebihi net pembatas dan menyentuh bola.
  • Saat pertandingan bola voli berlangsung atau saat bola masih hidup, ada pemain yang kakinya menginjak atau melewati garis tengah lapangan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering dilakukan oleh pemain adalah mengganggu lawan. Gangguan yang biasa dilakukan oleh pemain adalah dengan menarik baju pemain lawan. Pelanggaran ini juga membuat kaki pemain masuk melewati batas net.

#3. Pemain Keluar dari Posisi

Pelanggaran selanjutnya yang harus diperhatikan oleh pemain bola voli adalah posisi mereka ketika berlangsung pertandingan. Dalam posisi mereka, kadangkala ada pemain yang keluar dari posisinya yang semestinya ia tidak keluar dari posisi tersebut.

Inilah dia kesalaanh pemain yang sering mereka lakukan:

  • Pemain yang akan melakukan service atau server menginjak atau malah kelaur garis yang telah disediakan untuk service atau garis pembatas khusus untuk service sebelum ia memukul bola kepada lawan.
  • Ketika server akan melakukan pukulan service terhadap bola, ada pemain yang malah tidak berada di posisi yang seharusnya ia berada di posisi tersebut.
  • Setiap pemain yang berada di lapangan mendapatkan giliran melakukan service. Apabila ada pemain yang melakukan service diluar bagiannya, maka hal tersebut dianggap salah atau melanggar peraturan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering terjadi adalah saat pemain belakang melakukan serangan. Ia malah melewati garis serang sehingga ia mendapat pelanggaran.
  • Ada pemain belakang yang melakukan block secara tidak disengaja atau sengaja saat berada di dekat net.
  • Pelangaran selanjutnya adalah saat ada pergantian pemain yang sebelumnya diganti lalu bermain kembali. Ia malah bermain di lapangan bukan pada posisi sebelumnya atau posisi semula.

#4. Pelanggaran Ketika Bermain

Selain kesalahan-kesalahan yang sering muncul dalam pertandingan bola voli, ada juga pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi ketika permainan sedang berlangsung. Pelanggaran-pelanggaran itu diantaranya adalah:

  • Ketika permainan bola voli sedang berlangsung, ada pemain yang melakukan pukulan dua kali secara bersamaan oleh dirinya sendiri.
  • Ketika terjadi kontak bola tiba-tiba dihentikan.  Padahal ketika permainan bola voli sedang berlangsung atau ketika terjadinya kontak, maka bola tidak boleh dihentikan.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain yang malah sengaja membuang atau memukul bola voli keluar lapangan.
  • Secara berturut-turut bola dipukul dua kali, kecuali saat terjadinya kontak antar pemain dengan lawan seacara bersamaan dengan pukulan pemain lawan. Atau saat terjadi dua kali kontak saat melakukan block antara lawan dengan kawan secara berturut-turut.
  • Pemain melakukan sentuhan dua kali pada bola secara berturut-turut tanpa adanya kontak bersama lawan terlebih dahulu.
  • Ketika terjadinya pergantian pemain, pengganti tidak melaporkan terlebih dahulu kepada petugas pencatat atau kepada wasit saat pertandingan di mulai.
  • Pemain yang sebelumnya sudah diganti dua kali atau ia bermain dan diganti sebanyak dua kali, maka yang ketiga kalinya ia main secara sengaja atau tidak sengaja. Hal tersebut merupakan pelanggaran.
  • Dalam permainan bola Voli, setiap tim hanya diberikan waktu time out satu kali dalam pertandingan. Artinya kalau seandainya tim yang sedang bermain di lapangan meminta time out kedua, maka hal tersebut merupakan pelanggaran bagi tim tersebut.

#5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku

Pelanggaran terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah pelanggaran tingkah laku yang dilakukan oleh pemain. Kadangkala juga terjadi pelanggaran saat pertandingan berlangsung akibat tingkah laku yang dilakukan pemain.

Inilah dia pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi:

  • Pelanggaran pertama yang sering terjadi adalah mengeluarkan kata-kata kasar atau kata-kata tidak sopan, baik itu dilakukan oleh pemain, pelatih atau bahkan manajer. Selain dari kata-kata juga melakukan perbuatan-perbuatan yang mencela atau menghina pemain.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung, ada pemain pengganti, pelatih, manajer atau suporter dari tim yang mendukungnya tersebut tiba-tiba masuk lapangan.
  • Untuk mengalihkan perhatian dari para pemain lawan, maka pemain melakukan hentakkan kaki keras-keras atau berteriak dengan keras saat sedang berlangsung pertadingan.

Itulah dia pelangaran-pelanggaran yang sering terjadi pada permainan bola voli. Apabila kamu ingin menjadi pemain yang baik dan profesional, maka pelanggaran-pelanggaran di atas harus dihindari sehingga kamu tidak memiliki catatan merah.

Itulah informasi yang dapat kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian ya, Pins! Selaiinformasi mengenai pelanggan permainan voli, sebagai seorang pemain handal kamu perlu memahami tentang fomasi bola voli serta berlatih dengan rajin. Cntohnya adalah dengan melakukan latihan fisik bola voli dan melakukan latihan passing bola voli.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti perumahan Rumah Milenial PIK 2 di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Featured image source: YouTube

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia