BlogLifestylePakaian Adat Kalimantan Tengah
0
0

Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Mar 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian Adat Kalimantan Tengahtop-right-banner

Kalimantan terbagi menjadi 5 Provinsi diantaranya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Masing-masing provinsi ini memiliki kebudayaan serta pakaian adat yang berbeda-beda.

Seperti pakaian adat Kalimantan tengah atau yang biasa dikenalnya dengan pakaian adat Sangkarut dengan motif dan bentuk menyerupai rompi. Jenis rompi ini dulunya kerap digunakan sebagai salah baju untuk berperang.

Berikut merupakan nama-nama pakaian adat Kalimantan tengah yang terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya sebagai berikut :

  • Pakaian Adat Sangkarut
  • Pakaian Adat Upak Nyamu
  • Pakaian Adat Pawang
  • Pakaian Adat Tenunan
  • Pakaian Adat Anyaman Takar
  • Pakaian Adat Berantai

Baca juga:

Baju Adat Sangkarut

Jenis pakaian adat sangkarut adalah jenis pakaian adat yang berasal dari Kalimantan tengah, biasanya pakaian sangkarut ini biasa dipakai oleh suku Dayak ngaju. Pakaian adat sangkarut merupakan sebuah pakaian adat yang bentuk dan motifnya menyerupai rompi, dijaman dahulu jenis pakaian adat sangkarut tersebut biasa digunakan untuk berperang melawan musuh.

Namun, seiringnya perkembangan jaman kini pakaian adat sangkarut juga sudah dapat dijadikan sebagai pakaian adat pengantin atau perkawinan pada daerah Kalimantan tengah.

Menurut penggalan sangka yang bermakna batas, sedangkan untuk filosofi pakaian adat sangkarut berdasarkan sejarahnya. Bahwa pakaian adat sangkarut ternyata memiliki sebuah kekuatan magic yang katanya dapat membantu serta melindungi dari segala hal keburukan, salah satunya roh-roh jahat.

Baca juga:

Baju Sangkarut
Source : Budaya Indonesia

Bahan dan Ciri-ciri Pakaian Adat Sangkarut

Berikut adalah bahan dan ciri-ciri yang digunakan untuk pakaian adat sangkarut. Diantaranya sebagai berikut :

  • Bahan sangkarut berasal dari bahan kayu kulit nyamu atau yang dikenalnya dengan pohon pinang puyu.
  • Ciri pakaian adat sangkarut memiliki sifat yang sedikit keras terbuat dari kulit pohon, dan dapat berasal dari serar atau kulit nanas, terdapat lukisan dengan warna alami.

Contoh Bahan Warna Alami

  • Warna hitam berasal dari bahan jelaga
  • Warna kuning berasl dari kunyit
  • Warna putih berasal dari tanah putih
  • Warna merah berasal dari rotan

Hiasan & Aksesoris Pakaian Adat Sangkarut

  • Kulit trenggiling
  • Kancing
  • Kalung tulang
  • Uang logam
  • Manda
  • Tombak
  • Perisai

Baju Adat Upak Nyamu

Upak Nyamu
Source : Cerdika

Baju upak nyamu adalah jenis pakaian adat yang berasal dari Kalimantan tengah, pada dasarnya jenis pakaian adat ini memiliki bahan yang sama dengan pakaian rompi sangkarut. Untuk bahanya sendiri berasal dari kulit nyamu.

Serta memiliki aksesoris tambahan yakni yang berupa punutup kemaluan. Sedangkan untuk perbedaanya dengan pakaian adat sangakrut yakni jenis pakaian adat ini tidak memiliki gambaran atau lukisan tempelan lain atau dapat dikatakan jenis pakaian adat ini hanya berupa rompi polos tanpa adanya lengan.

Baju Adat Pawang

Baju Adat Pawang
Source : Tambah Pinter

Baju pawang adalah sebuah pakaian adat yang berasal dari Kalimantan tengah. Jenis pakaian adat pawang ini hanya dikhususkan oleh dukun saja. Sehingga yang dapat memakainy hanya para dukun Kalimantan tengah. Tujuanya sendiri yakni untuk sebagai simbol pemimpin dalam sebuah ritual doa-doa.

Dalam kehidupan masyarakat suku Dayak bahwa dukun ini mampu menolong dan mampu membawakan keberkahan seperti hujan serta mempu molak roh jahat. Selain itu konon dukun tersebut mampu menyembuhkan orang yang sedang sakit. Selain itu untuk bahan yang digunakanya dalam membuat baju pawang yakni berasal dari serat kayu dengan hiasan manik-manik.

Baca Juga:

Baju Adat Tenunan

Baju adat tenunan
Source : Tambah Pinter

Baju tenun adalah jenis pakaian adat yang dibuat dengan cara ditenun yang juga berasal dari Kalimantan tengah.

Sejarah tenun ini berawal dari adanya suku mandar atau yang dikenalnya dengan suku melayu, yang pada saat itu masyarakat Dayak Kalimantan tengah terpengaruh dari suku tersebut. Karena suku melayu tersebut pada kala itu yang pertama melakukan kegiatan menenun di daerah Kalimantan tengah.

Sehingga dengan demikianlah masyarakat Kalimantan tengah ikut melakukan penenunan dengan cara menggunakan bahan serat alami seperti serta nanas, serat nyamu dan serat lainnya. Untuk perlengkapanya menggunakan motif yang unik seperti motif flora, fauna, motif alam, motif segitiga, dan motif lainnya.

Jenis baju tenun ini memang pada dasarnya berbeda dengan baju tenun biasa, jenis baju ini memiliki keunikan serta filosofi yang menggambarkan ciri khas Kalimantan tengah.

Baju Adat Anyaman Tikar

Baju anyamanan tenunan
Source : Tambah Pinter

Baju tikar seperti yang Pins bayangkan, merupakan jenis baju yang di buat dari sebuah anyaman tikar. Jenis baju tikar ini biasanya lengkap dengan hiasan seperti ukiran kayu, ukiran tulang, dan ukiran kerang yang pada saat itu baju tikar juga merupakan baju yang digunakan untuk berperang.

Baju Adat Berantai

Baju Adat Berantai
Source : Tambah Pinter

Baju berantai adalah sebuah baju yang terbuat dari untaian besi, yang pada kala itu masyarakat suku Dayak ngaju mengguanakan sebagai baju untuk berperang. Adanya baju berantai ini sebabkan kerana adanya pengaruh dari budaya luar yang pada kala itu sempat pernah masuk ke daerah Kalimantan tengah yakni Suku Moro Filiphina.

Baca Juga:

Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Seperti yang sudah banyak ketahui bahwa Kalimantan tengah juga memiliki banyak ragam budaya peninggalan. Salah satunya yakni Kalimantan tengah yang identik dan corak yang dimilikinya menyerupai ciri khas dari suku Dayak Ngaju.

“Suku Dayak ngaju merupakan suku yang berasal dari Kalimantan tengah”.

Sedangkan keunikanya sendiri terdapat hiasan tambahan yang menyerupai seperti:

  • Pakaian memiliki bentuk rompi
  • Bahan berasal dari kulit pohon pinang
  • Sifata baju keras
  • Pakaian pernikahan disebut dengan pakaian Sangkarut
  • Warna berasal dari warna alami

“Namun, pada saat ini pakaian adat rompi dan pakaian adat sangkarut dapat digunakan atau dipakai untuk upacara pernikahan dan upacara formal lainnya”.

Banyak sekali pakaian-pakaian adat Kalimantan yang perlu Pins ketahui dan perlu untuk dipelajari terutama untuk kalian yang masih dalam pembelajaran. Sama dengan pilihan rumah eksklusif di Pinhome. Kini, untuk kamu yang mencari rumah idaman, seperti rumah di Jakarta Selatan, kini bisa mendapatkan hunian lebih mudah dengan harga yang terjangkau, seperti Puri Tenjo!

Tujuanya sendiri untuk lebih mengenal akan banyaknya budaya-budaya di Kalimantan, syukur-syukur Pins dapat membantu melestarikannya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Bintang Residence 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download