Sri Mulyani: Orang Indonesia Bakal Makin Susah Beli Rumah, Masa sih?

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 21 September 2022 ∙ 4 menit membaca

Jakarta, 29 Juli 2022 – Pada awal Juli, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani sempat mengeluarkan pernyataan viral di media sosial dan cukup menghebohkan publik, di mana ia mengatakan “Orang Indonesia Bakal Makin Susah Beli Rumah”. Fenomena ini muncul dari asumsi bahwa problematika tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yakni ketidakseimbangan supply rumah terjangkau atas demand kepemilikan rumah.

Guna membahas pernyataan tersebut, Pinhome selaku e-commerce properti, jasa rumah tangga, dan gaya hidup berkolaborasi dengan KoinWorks membahas fenomena tersebut melalui IG Live di akun Instagram KoinWorks dengan judul “Anak Muda Susah Beli Rumah? Bener Nggak Sih?”.

Head of Agent Account Management Pinhome, Panca Satria selaku pembicara, dalam IG live ini menyampaikan bahwa pernyataan Sri Mulyani dapat dijadikan motivasi oleh anak muda untuk tidak lagi menunda membeli hunian. Dilansir melalui IG Reels akun Instagram KoinWorks, Panca mengatakan saat ini masih banyak ketersediaan rumah yang bisa dijangkau oleh generasi muda, terlebih unit perumahan FLPP subsidi pemerintah yang dibanderol seharga Rp160 jutaan.

Menurutnya, ada beberapa karakteristik rumah yang bisa dijangkau dengan mudah oleh generasi muda. Salah-satunya adalah rumah primer atau baru dikarenakan banyak developer perumahan menawarkan uang muka ringan sampai dengan 0 persen, berbeda dengan rumah seken dengan uang muka rata-rata di angka 20 persen.

Selain Panca, Sr. Head of Financial Consultant KoinWorks Willy Sanjaya turut membeberkan strateginya dalam memiliki properti pertama. Saat itu, ia memulai dengan berinvestasi pada hunian vertikal dengan harga yang lebih terjangkau di dekat pusat kota Jakarta, sebelum pada akhirnya memutuskan untuk pindah ke rumah tapak. Berbeda dengan Willy, Panca memulai investasi pertamanya saat sedang mengontrak rumah. Ia menyampaikan, dengan cara tersebut, pembeli dapat mencicil uang muka dengan lebih ringan.

Berbicara kepemilikan rumah, tidak terlepas dari perencanaan keuangan yang matang. Lebih lanjut, Willy menuturkan tentunya butuh niat dan tekad yang kuat untuk memutuskan membeli properti atau rumah. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan perencanaan keuangan yang matang. Salah satunya adalah dengan menerapkan teori perencanaan keuangan 1234 yang berarti 10 persen pendapatan dalam satu bulan dialokasikan untuk berinvestasi, 20 persen untuk hiburan, 30 persen untuk utang, dan 40 persen untuk konsumsi yang terukur.

Dari pembahasan tersebut, muncul kesimpulan bahwa saat ini masih banyak pilihan hunian yang terjangkau di Indonesia. Selain itu, ada banyak cara untuk mengetahui pilihan rumah

di pasaran, salah satunya melalui platform aplikasi Pinhome sebagai langkah awal pencarian properti.


TENTANG PINHOME

Pinhome adalah pionir platform e-commerce properti satu atap (end-to-end) yang memiliki jaringan luas agen properti individu dan kantor profesional. Didirikan oleh CEO-Founder Dayu Dara Permata dan CTO-CoFounder Ahmed Aljunied pada September 2019, Pinhome resmi beroperasi pada Januari 2020.

Pinhome menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders seperti bank, kontraktor, notaris, serta penyedia jasa bidang properti lainnya untuk mempermudah proses transaksi properti. Agen dan kantor properti dapat mengunduh aplikasi Rekan Agen Pinhome melalui Appstore di iOS atau Play Store di Android untuk mendapatkan pengalaman transaksi properti yang lebih menguntungkan.

Untuk konsumen, Pinhome menyediakan aplikasi transaksi properti satu atap mencakup panduan membeli properti, mulai dari cek budget ideal, cek properti, opsi pembayaran, kontak agen, kunjungan properti, estimasi harga, panduan KPR, memulai transaksi, dokumen penting, hingga proses serah terima. Semua tahapan tersebut dilakukan seamless lewat satu aplikasi. Aplikasi Pinhome dapat diunduh di Appstore atau Play Store.

Selain itu, Pinhome juga merambah sektor home service dan gaya hidup dengan menyediakan jasa kebersihan rumah, cuci AC, cuci mobil, disinfectant fogging, perbaikan AC, dan massage melalui Pinhome Home Service. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Pinhome dan telah melayani lebih dari 34 kota serta kabupaten di Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia