BlogPemilik PropertiFinansial10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!
0
0

10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT marketplace Indonesia. Dalam hal memilih platform yang menjual berbagai produk NFT ini, tentunya user akan memilih NFT marketplace yang terpercaya dan digunakan banyak orang.

Sebagai referensi kamu dalam mencari marketplace NFT, berikut rekomendasi marketplace NFT Indonesia dan global yang populer.

Baca juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan di Shopee yang Wajib Kamu Tahu!

5 NFT Marketplace Indonesia

Source : Freepik

Sama halnya dengan aset investasi seperti saham dan pasar uang, nilai produk NFT juga bisa berubah-ubah. Hal ini tergantung dari mekanisme pasar, apakah saat itu penawarannya sedang tinggi atau justru sebaliknya. Terkait marketplace NFT Indonesia, marketplace  apa saja yang digunakan banyak investor di Indonesia?

Baca juga: Investasi uang: cara bijak dan benar

Baliola

Baliola merupakan NFT marketplace Indonesia yang berpusat di Bali. Membuktikan kepopulerannya, sejauh ini terdapat 12 ribu transaksi NFT melalui Baliola. Marketplace NFT lokal ini merupakan bagian dari project kepeng.io cryptocurrency yang diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (BKRAF) kota Denpasar.

Bagi yang menjual produk NFT-nya di Baliola harus melakukan validasi lebih dulu. Kemudian, nantinya user akan mendapatkan page tersendiri yang dapat digunakan untuk memperkenalkan karya seninya.

Paras

Marketplace NFT yang berdiri pada akhir Desember 2020 ini dibangun di atas NEAR Protocol. Oleh karena itu Paras menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai alat tukarnya. Penggunaan jenis cryptocurrency ini membuat transaksi dapat dilakukan lintas batas. Kini Paras tengah memperluas vertikal aset NFT-nya, seperti melalui komik dan game.

TokoMall

TokoMall merupakan pelopor marketplace NFT di Indonesia. Marketplace ini dibuat dengan menggunakan jaringan Binance Smart Chain (BSC). Melalui platform-nya, TokoMall mendukung artis maupun seniman lokal untuk memproduksi karya-karya terbaik mereka dan menjadikannya sebagai aset NFT. Di laman resminya, TokoMall memiliki 37 juta koleksi unik, dan juga kolektor/kreator yang menyentuh hingga angka 25 ribu.

Selain untuk dijadikan koleksi, NFT dari TokoMall juga bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra resmi marketplace NFT lokal ini. Bahkan bagi pemula sekalipun dapat menggunakannya dengan mudah, karena untuk registrasi kamu hanya perlu menghubungkan akunmu dengan salah satu dompet digital yang kamu miliki.

Kolektibel

Kolektibel merupakan marketplace NFT yang dibangun dengan menggunakan jaringan blockchain Vexanium. Untuk produk NFT yang ada di sini berupa video aksi pertandingan para atlet Indonesia Basketball League (IBL). Jenis video ini dikenal dengan sebutan IBL NFT. Selain proses registrasi yang mudah, metode pembayaran yang digunakan Kolektibel adalah dalam kurs Rupiah.

Enevti

Berbeda dari NFT marketplace yang disebutkan sebelum-sebelumnya, aset NFT yang tersedia di Enevti bukan berupa gambar atau rekaman video. Bentuk aset NFT-nya lebih kepada live  video call, dari kreator NFT yang merupakan influencer. Oleh karena itu, jenis NFT ini termasuk kepada media sosial berbasis NFT. Enevti mencoba memberikan solusi pada para penggemar untuk mendapatkan hubungan yang otentik dengan influencer/idolanya.

5 NFT Marketplace Global

Source : Freepik

Walau sudah menjadi perbincangan sejak tahun 2019-an, tetapi NFT menjadi booming di Indonesia semenjak Ghozali viral di social media. Pria yang dikenal dengan Ghozali Everyday ini menjadikan foto-foto selfie-nya sebagai produk NFT, dan mendapatkan profit yang tinggi dari penjualannya.

Ia memasukkan aset fotonya ini di NFT marketplace luar negeri. Nah, untuk kamu yang juga ingin mencoba NFT marketplace tingkat global, berikut alternatifnya.

OpenSea

Marketplace NFT ini merupakan platform yang digunakan oleh Ghozali dalam memasarkan aset NFT-nya. Marketplace yang berasal dari Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 2017 dan tak lama langsung menarik perhatian dunia.

Produk NFT yang tersedia di OpenSea mulai dari foto, seni, musik, hingga item gaming. Salah satu tujuan dari OpenSea adalah membuat orang-orang lebih memahami kepemilikan digital dan membantu membangun ekonomi digital di masa depan.

Baca juga: Aplikasi Investasi Mikro Terbaik untuk Saham

Mintable

Untuk token atau jaringan blockchain yang digunakan oleh marketplace NFT ini adalah Ethereum. Produk NFT yang ditawarkan bervariasi. Tidak hanya terbatas pada gambar digital, tapi juga musik, game, dan file PDF. Salah satu kelebihan dari Mintable ini adalah adanya royalti 5% yang diberikan pada kreator untuk penjualan sekunder.

Rarible

Untuk marketplace yang satu ini sering sekali dibanding-bandingkan dengan marketplace NFT pendahulunya, yaitu OpenSea. Produk NFT yang ditawarkan pun kurang lebih sama, seperti aset digital foto dan juga ilustrasi. Namun, perbedaannya terletak pada jaringan yang digunakan.  OpenSea memakai blockchain Ethereum, sementara Rarible mengggunakan RARI.

Axie Marketplace

Untuk marketplace NFT berikut ini dikhususkan untuk jual bel produk NFT game Axie Infinity.

Beberapa produk yang ditawarkan, seperti land dan item, yang dipakai dalam permainan. Walau produk NFT yang terdapat di marketplace ini sangat spesifik, tapi dengan kepopuleran game Axie Infinity membuat marketplace NFT ini menjadi salah satu marketplace NFT yang populer. Terkait jaringannya, Axie Marketplace menggunakan jaringan blockchain Ethereum.

Baca juga: Cara Mengatasi Verifikasi Tokocrypto Gagal

SuperRare

SuperRare sudah cukup lama malang melintang di dunia NFT. Perusahaan yang didirikan oleh John Crain, selaku CEO pada tahun 2017 ini menggunakan jaringan  Ethereum. Di sini, user dapat melihat kolektor teratas beserta berapa banyak Ethereum yang dihabiskan atau mereka kumpulkan.

Sekian rekomendasi NFT marketplace yang populer dan digunakan banyak investor. Setelah mengetahuinya, sudah bisa memilih NFT marketplace indonesia yang mau kamu gunakan? Bagaimana dengan tingkat global? Manakah yang menjadi pilihanmu?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, CitraLand Gama City Medan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download