Pinhome

Apakah Tanaman Hias Beracun itu Hoax? Simak Penjelasannya Berikut!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 12 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Memelihara tanaman hias pada hunian kini kian digemari masyarakat perkotaan. Variasinya yang beragam dengan keindahan warna-warni dari tumbuhan tersebut, membuat hunian kian berwarna. Manfaat positif dari tumbuhan pun banyak, mulai dari sirkulasi udara yang baik sampai membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, apa Pins pernah mendengar perihal informasi tanaman hias beracun hoax atau tidak?

Pinhome – Memahami lebih jauh mengenai ragam tanaman hias memang memerlukan pengetahuan yang lebih mendalam. Apalagi untuk Pins yang masih pemula dalam memelihara tanaman. Jika Pins asal pilih jenis tanaman tanpa mengetahui manfaatnya, nantinya akan berakibat buruk pada kesehatan. Jadi, apakah tanaman hias beracun itu hoax? Tentunya saja tidak. Mari kita bahas lebih lanjut dan detail pada ulasan di bawah ini.

Daftar Tanaman Hias Beracun Serta Akibatnya

Sri Rezeki

tanaman hias beracun hoax
(blibli)

Beredar banyak kabar bahwa tanaman sri rezeki mematikan. Ini jelas berita mengenai tanaman hias beracun hoax. Dilansir dari detikhealth.com bahwa benar adanya jenis Dieffenbachia omoena ini beracun namun tidak mematikan. Dalam penjelasannya Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) menginformasikan bahwa famili aglonema yang beracun terletak pada getah, dan efeknya cukup ringan bila terkena manusia. Rasa gatal ringan akan terasa pada bagian yang tersentuh dan itupun hanya pada manusia yang memiliki alergi yang berlebih.

Foxglove

tanaman hias beracun hoax
(unsplash)

Merawat sebuah tanaman memang sebaiknya menggunakan peralatan yang tergolong khusus. Hal tersebut sebagai tindakan pencegahan akan beberapa hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah penggunaan sarung tangan saat merawat tanaman bernama foxglove. Foxglove yang berwarna ungu indah dengan model menyerupai lonceng ini, ternyata memiliki kandungan racun pada seluruh bagian tubunhnya.

Kandungan glikosida yang terletak pada seluruh bagian tanaman dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang mengakibatkan diare, muntah, mual, pusing hingga halusinasi. Gejala tersebut akan timbul jika Pins tak sengaja mengkonsumsinya. Maka dari itu selain menggunakan sarung tangan, ada baiknya untuk selalu mencuci tangan setelah merawat tanaman dengan sabun.

Kuping Gajah

tanaman hias beracun hoax
(unsplash)

Anthurium crystallinum yang juga biaa disebut dengan tanaman kuping gajah memang terkenal mempunyai daun lebar yang indah. Masuk dalam famili araceae, tanaman ini masuk dalam jenis keladi beracun. Efek dari tanaman ini adalah pembengkakkan di area mulut hingga kesulitan bernafas bila sudah parah. Ada baiknya selalu ambil langkah cepat bila sudah terlihat tanda-tanda bahaya. Tanaman dari keluarga jenis keladi beracun ini memang cocok ditempatkan di dalam rumah, namun tetap perhatikan penempatannnya bila Pins mempunyai buah hati di rumah.  

Philodendron

(unsplash)

Jenis tanaman merambat selanjutnya berasal dari famili araceae. Berbeda dari jenis aglonema yang beracun, philodendron menyebabkan pembengkakan pada area mulut bila tidak sengaja terkonsumsi. Persis seperti jenis keladi beracun yaitu tanaman kuping gajah, kamu akan merasa sesak pada akhirnya bila semakin parah. Hindari bagian daun philodendron, dan usahakan memakai alat pelindung tangan saat sedang merawatnya. Untuk tindakan pencegahan, Pins bisa menaruhnya dalam pot yang digantung pada bagian teras. Selain aman, tentunya teras depan rumahmu akan semakin menarik.

Tanaman Dollar

(unsplash)

Membahas kebenaran dari tanaman hias beracun hoax atau tidak memang diperukan pemaparan yang jelas. Hal tersebut untuk menghindari adanya kesalahpahaman dikarenakan kurangnya informasi yang dijabarkan. Tidak terkecuali untuk tanaman dollar yang cantik. Walaupun tanaman satu ini dapat hidup pada ruang yang cenderung redup dan minim cahaya matahari, Pins harus tetap waspada. Senyawa oksalat yang terkandung pada tubuh dari tanaman dollar dapat menyebabkan gatal-gatal saat bersentuhan dengan kulit.

Lidah Mertua

(unsplash)

Pedasnya omongan dari lidah mertua memang terkadang sering menyakitkan hati. Ini berlaku pula pada tanaman lidah mertua. Diam-diam tanaman ini juga bisa berbahaya bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui efek dari mengonsumsi tanaman ini. Tidak seperti aglonema yang beracun, tanaman lidah mertua dapat berakibat fatal bila dimakan. Jenis tanaman hias yang beracun ini usahakan dihindari dari si kecil maupun hewan peliharaan. Hal tersebut dikarenakan akan mengakibatkan diare dan muntah-muntah bila tidak sengaja bersentuhan dengan mulut.

Baca Juga: Beragam Tanaman Gantung Hias yang Mudah untuk Dirawat

Bunga Lily

tanaman hias beracun hoax
(unsplash)

Jika kamu senang mengoleksi bunga yang indah dan sederhana. Bunga lily lah jawabannya. Bunga berwarna putih bersih yang sederhana ini, mampu membuat ruang dalam hunian terlihat nyaman dan cantik. Ciri selanjutnya, daunnya berwarna hijau pekat dan cukup berbahaya khususnya bagi hewan peliharaan. Hindari mengkonsumsi jenis tanaman hias yang beracun ini, agar tidak fatal akibatnya dikemudian hari. Bunga lily memang sangat cocok menjadi penghias dekorasi pada hunian, jadi sebisa mungkin jangan sampai dibuat obat-obatan apalagi dikonsumsi.

English Ivy

tanaman hias beracun hoax
(shopee)

Tanaman dari famili araliaceae pun ada yang merupakan jenis tanaman hias yang beracun, yaitu English Ivy. Tanaman dengan daun yang cantik ini sering digunakan sebagai tanaman gantung menghias hunian. Tidak seperti aglonema yang beracun pada getahnya, daun dari tanaman ini beracun bila tertelan. Apalagi bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, akan mengakibatkan pembekakan pada bagian tenggorokan dan berakibat deman tinggi. Inilah mengapa betapa pentingnya mengetahui informasi mengenai tanaman hias beracun hoax atau tidak.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Perdu untuk Menghias Halaman

Cara Mengatasi Gatal Akibat Dari Tanaman Beracun

Setelah Pins melihat beberapa jenis tanaman hias yang beracun, kini saatnya Pins mengetahui cara menanggulanginya. Tentu beberapa orang akan cepat panik bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk beberapa jenis tanaman yang berbahaya pada bagian getah, kamu bisa mencuci secara langsung bagian kulit yang telah terkontaminasi dengan air mengalir. Setelahnya pakai sabun dan bilas hingga bersih. 

Namun bila terkena mata, Pins bisa membasuhnya dengan air sampai mata tidak terasa mengganjal kembali. Jika semakin parah, dan dirasa tidak membantu. Pins bisa langsung mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Itulah beberapa penjelasan dengan contoh mengenai tanaman hias beracun itu hoax atau tidak. Mulai dari jenis keladi beracun hingga famili lainnya yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Hal yang paling penting adalah selalu hindari tanaman hias dari gangguan hewan peliharaan maupun anak kecil. Tujuannya adalah untuk mengindari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pribadi dan Struktur Penulisannya

Ada dua macam surat yang jamak ditemukan, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat tidak resmi seri

Kamar Tidur
Kamar Tidur Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Jangan anggap sepele peran ventilasi kamar tidur minimalis karena bisa menentukan kualitas udara ya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Rekomendasi Keramik Dinding Teras Rumah Minimalis yang Kekinian

Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa j

Kamar Tidur
Kamar Tidur Inspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil

Luas kamar tidur akan mempengaruhi pilihan furniture yang digunakan. Termasuk didalamnya ukuran tem

Kamar Tidur
Kamar Tidur Desain Kamar Tidur Bayi Yang Lucu Namun Tetap Nyaman

Menunggu kelahiran buah hati ke dunia adalah masa-masa penuh mendebarkan. Selain menyiapkan perleng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia