BlogLifestyleHobiApa itu Bonsai? Ini Dia Penjelasan Lengkap dengan Jenis-Jenisnya
0
0

Apa itu Bonsai? Ini Dia Penjelasan Lengkap dengan Jenis-Jenisnya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari

Apr 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
apa itu bonsaitop-right-banner

Apa itu bonsai? Bonsai lekat dikenal sebagai tanaman kerdil yang diletakkan di dalam pot. Bonsai sendiri merupakan teknik untuk menduplikasi tanaman atau pohon yang memiliki ukuran besar, seperti yang paling sering dijumpai yaitu bonsai beringin.

Pinhome – Sampai sekarang, masih banyak orang yang menekuni hobi bonsai. Bukan tanpa alasan, bonsai memiliki fungsi estetika yang luar biasa. Ya, tanaman ini bisa diletakkan di teras bahkan di dalam rumah sehingga bisa membuat teduh dan segar setiap mata yang memandangnya.

Mungkin bagi Pins yang masih awam dan asing dengan bonsai, ada baiknya simak beberapa fakta menarik tentang apa itu bonsai, yuk!

Apa itu bonsai?

Fakta yang belum banyak diketahui kalau bonsai bukanlah tanaman hias asli Indonesia. Sedangkan, penyebutan bonsai di Indonesia mirip dengan di Jepang. Dalam Bahasa Jepang, bon memiliki arti pot, sedangkan sai memiliki arti tanaman, Pins.

Seni bonsai sejatinya berasal dari China. Bonsai di China memiliki nama lain yaitu Penjing atau Penzai yang memiliki arti miniatur tanaman. Orang Tiongkok memulai seni bonsai ini sejak 2000 tahun silam.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka menciptakan miniatur pohon mini. Bonsai sendiri dibuat untuk merepresentasikan keindahan alam dalam bentuk yang lebih kecil dan yang perlu diingat adalah tidak semua tanaman bisa dibonsai, Pins. Nah, setiap bonsai pun memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Jenis bonsai

Untuk kamu yang penasaran, berikut Pinhome rangkum beberapa jenis bonsai:

Bonsai beringin

apa itu bonsai
Source : rumahpedia

Bonsai beringin jadi salah satu jenis miniatur tanaman yang paling populer, Pins. Bonsai beringin ternyata memiliki filosofi mendalam yang banyak diartikan sebagai simbol keabadian.

Bonsai beringin juga memiliki turunan jenis lainnya, seperti beringin Dollar, beringin Putih, beringin Korea, beringin Iprik, beringin Lokal, beringin Afrika, beringin Kemeng, hingga beringi Loa.

Di pasaran, bonsai beringin dibanderol seharga Rp65.000 – Rp105.000.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Bonsai lantana

Source : cahunit

Tak kalah populer dengan bonsai Beringin. Bonsai Lantana wajib masuk ke daftar koleksi, Pins. Lantana sendiri merupakan tanaman yang menyerupai semak kecil yang memiliki tinggi sekitar 2 meter. Bonsai Lantana akan semakin indah ketika sudah memasuki musim untuk berbunga.

Bonsai lantana di pasaran dibanderol seharga Rp50.000 – jutaan rupiah.

Bonsai serut

apa itu bonsai
Source : bennisobekti

Karakteristik bonsai serut berbeda dengan bonsai Beringin dan Bonsai Lantana. Bonsai serut berasal dari pohon serut yang sering tumbuh di daerah kering. Bonsai serut memiliki daun berwarna hijau yang berbentuk bulat dengan batang yang nyaris berwarna perpaduan putih dan abu-abu.

Bonsai serut pun tak butuh banyak perawatan sehingga cocok untuk kamu yang masih pemula. Harga bonsai serut juga tergolong lebih ramah di kantong. Di pasaran, bonsai serut dipatok dengan harga Rp40.000 – Rp60.000.

Baca Juga: Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

Bonsai kelapa

apa itu bonsai
Source : artikel.rumah

Bonsai kelapa ini tentu jadi pilihan ciamik untuk mempercantik sudut kosong di rumah. Bonsai kelapa bermula dari pohon kelapa, Pins. Untuk bisa menumbuhkan dan membentuk versi mini dari pohon kelapa memang tak mudah.

Bonsai jenis ini jadi salah satu bonsai yang membutuhkan waktu lama dan kesabaran yang ekstra untuk menuai hasil yang memuaskan. Untuk itu, tak heran jika harga bonsai kelapa tergolong mahal.

Bonsai kelapa di pasaran dibanderol dengan harga Rp300.000 – Rp3 juta.

Mulai tertarik menekuni hobi bonsai di rumah untuk mengisi waktu luang? Mom juga harus mempersiapkan ilmu dasar teknik membuat bonsai di rumah seperti berikut ini.

Teknik bonsai

Tenang, Pins ada teknik membuat bonsai bagi pemula yang bisa dijajal di rumah. Ini dia beberapa bahan yang Pins perlukan beserta langkah-langkahnya.

–       Tanaman dikotil yang memiliki usia panjang

–       Media tanam (pot, tanah, dan pupuk)

–       Kawat, tali rafia, tang, gunting daun bonsai

Cara membuat bonsai

Apabila Pins sudah menentukan jenis tanaman, langsung tanam batang di pot, timbun dengan tanah dan pupuk secukupnya. Hindari menimbun akar lebih dari 35 cm. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiram bonsai, Pins!

Hindari meletakkan bonsai di bawah terik matahari langsung. Pins dapat menempatkan bonsai di tempat yang teduh dan sirkulasi udara yang cukup supaya terjaga kelembabannya. Selain itu, jauhkan dari jangkauan hewan.

Jika batang bonsai sudah cukup kuat, Pins akan membutuhkan rentang waktu yang cukup lama untuk menunggu batang bonsai stabil. Apabila sudah bonsai sudah kuat, Pins bisa menentukan bentuk dan mengarahkan dahan bonsai sesuai keinginan dengan bantuan kawat, tali rafia. Supaya lebih rapi, Pins pun bisa memotong daun atau dahan bonsai.

Manfaat memiliki bonsai

Bukan hanya fungsi estetika dan mempercantik tatanan ruang di rumah saja, secara tidak langsung hobi merawat bonsai juga membawa efek baik bagi Pins. Berikut beberapa dampak positif merawat tanaman bonsai di rumah:

Mengasah rasa sabar

Tak dipungkiri bahwa merawat tanaman bonsai tidak semudah merawat tanaman hias jenis lainnya. Pins butuh waktu yang cukup lama untuk melihat hasil bonsai yang indah. Dari situ, rasa sabar merawat bonsai bisa diterapkan dalam segala aspek kehidupan.

Pereda stres

Seperti hobi merawat tanaman hias pada umumnya. Memantau tumbuh kembang bonsai juga bisa meredakan stres. Hobi ini juga menjadi alternatif pelipur hati ketika Mom jenuh dengan pekerjaan kantor atau kegiatan utama lainnya.

Meningkatkan kesehatan fisik

Dengan merawat bonsai di rumah, otomatis Mom harus bergerak aktif menyiramnya, mengecek pupuk, dan merapikan daun atau berkreasi dengan alur batangnya. Dengan begitu, Pins akan berkeringat dan mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan Bahagia serta imun tubuh meningkat.

Mengurangi polusi

Dengan menanam bonsai tentu udara di sekitar rumah Pins menjadi lebih baik dengan begitu oksigen yang Pins hirup lebih murni dan menyehatkan.

Jadi, sekarang sudah semakin paham dengan asal-usul bonsai serta jenisnya ya, Pins? Beberapa fakta tentang apa itu bonsai bisa jadi bekal mendasar untuk memulai menekuni hobi bonsai di rumah.


Temukan beragam pilihan rumah dan apartemen terlengkap seperti Apartemen The Parc Southcity di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download