Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengulas Lebih Dalam Apa yang Dimaksud Improvisasi dan bagaimana cara melakukannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Lifestyle

Mengulas Lebih Dalam Apa yang Dimaksud Improvisasi dan bagaimana cara melakukannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Sebagai seorang makhluk hidup, tentu anda mempunyai tujuan maupun prinsip hidup yang terkadang tidak bisa diubah maupun diimprovisasi. Tapi pada kenyataannya, bila anda memiliki pengetahuan untuk melakukan tindak improvisasi yang tepat, sebuah kesempatan yang hadir dalam hidup tidak akan berlalu begitu saja. Masalahnya adalah untuk sebagian orang, berimprovisasi itu merupakan hal yang sulit dilakukan. Sebenarnya, apa Pins tahu? Apa yang dimaksud dengan improvisasi dalam kehidupan sehari-hari?

Pinhome – Di dalam sebuah buku karya Patricia Ryan Madson, 2005 yang berjudul Improv Wisdom, ada salah satu kutipan menarik yang beliau katakan mengenai apa yang dimaksud improvisasi dalam kehidupan. “Mari kita coba hadapi, seiring dengan berjalannya waktu hidup adalah sesuatu hal yang kita buat sendiri. Tidak peduli seberapa baik kita merumuskan naskah kehidupan, itu pasti akan berubah seiring dengan interaksi kita dengan orang-orang yang juga memiliki naskah kehidupannya sendiri”.

Hal tersebut mengajarkan anda, bahwa apapun rencana yang telah anda buat dalam kehidupan, nantinya pasti akan dapat berubah seiring dengan pertemuan anda dengan beberapa orang dalam kehidupan. Tapi bila anda merasa sulit dan belum meyakini hal tersebut, Pinhome akan mengajak anda untuk lebih memahami apa itu improvisasi dan bagaimana mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

Tips Melakukan Improvisasi dalam Kehidupan

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu improvisasi dikatakan sebagai pembuatan/penyediaan sesuatu berdasarkan bahan yang ada atau seadanya. Bila mengambil contoh dalam kehidupan sehari-sehari, manusia dapat berimprovisasi saat melakukan tindakan dalam kehidupan tanpa adanya persiapan. Jadi, sebenarnya bagaimana cara yang tepat untuk melakukan improvisasi dalam kehidupan? Mari simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Cobalah Untuk Tidak Melakukan Perencanaan Dalam Kehidupan

(freepik.com)

Bila sebelumnya Pins merupakan seseorang yang memiliki prinsip perencanaan kehidupan yang matang, kini saatnya Pins beralih. Apa yang dimaksud improvisasi lama kelamaan dapat Pins atasi bila Pins terlibat langsung dengan beberapa permasalahan hidup tanpa adanya sebuah perencanaan yang matang.

Hal ini juga dapat melatih Pins untuk terbiasa menghadapi tantangan dalam hidup dan berhasil menyelesaikan dengan baik tanpa adanya perasaan yang mengganjal. Seseorang yang hidupnya lebih santai tanpa adanya beban yang berarti antara hati dan tindakan adalah seseorang yang dapat hidup dengan lebih nyaman. Pins pun pasti pernah menemukannya bukan? Mereka bukan berarti tidak memiliki kesulitan hidup, mereka hanya terbiasa menghadapi dan berimprovisasi dengan masalah yang mereka temui.

Fokus Pada Kehidupan Anda Sendiri

(freepik.com)

Apabila anda terbiasa menentukan dan berperan aktif dalam keputusan dalam hidup anda, pasti anda akan lebih memahami apa tindakan yang seharusnya anda ambil untuk dapat melanjutkan hidup. Mencontoh kehidupan orang lain itu memang diperbolehkan, tetapi jangan nantinya malah membebani kehidupan anda sendiri. 

Ingat untuk selalu fokus memahami diri sendiri dan belajar dari ragam kesalahan yang anda buat dalam hidup. Dengan begitu, anda akan dapat lebih memahami pengertian improvisasi dalam menghadapi keadaan dalam hidup di luar perencanaan anda.

Tidak Perlu Terburu-Buru atau Tergesa-Gesa

(freepik.com)

Bila raga dan jasmani ini perlu waktu dalam berproses, jangan dipaksakan ya Pins! Mengubah pandangan hidup maupun prinsip yang sudah ada sejak anda lahir memang dapat dikatakan tidak mudah. Inilah mengapa berimprovisasi dalam kehidupan dianggap penting sebagai salah satu cara beradaptasi dalam kehidupan. 

Coba untuk mengambil banyak waktu untuk berproses dan mengerti apa itu improvisasi tanpa perlu terburu-buru ataupun tergesa-gesa. Pins pasti tahu bahwa hal yang dibuat secara tergesa-gesa tanpa adanya pemikiran yang matang dan pembelajaran, hasilnya tidak akan maksimal dan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Hal utama yang sering menjadi permasalahan dalam pengambilan tindakan terburu-buru adalah ingin menyamakan dengan orang lain. Padahal bila Pins pelajari, kehidupan anda adalah milik anda, kehidupan mereka adalah milik mereka, mengapa anda harus sibuk memikirkan kehidupan orang lain?

Teruslah Belajar dan Berlatih Mengimplementasikannya Pada Kehidupan Sehari-Hari

(freepik.com)

Bila sampai pada tahap terus belajar dan berlatih, berarti Pins sudah mengalahkan keegoisan dalam diri untuk tidak berjalan pada rencana yang telah Pins buat. Teruslah berlatih dengan menghadapi ragam kenyataan dalam hidup tanpa perlu persiapan khusus. Hal tersebut akan melatih diri anda untuk terbiasa berimprovisasi dan menerima dengan ikhlas bahwa kenyataan hidup terkadang tidak seindah dan sesuai dengan apa yang Pins inginkan.

Contoh simpelnya adalah saat Pins mengira bahwa membantu orang yang belum dikenal adalah sesuatu yang mustahil, kini Pins mulai belajar membantu orang di luar ruang lingkungan yang Pins kenal. Selain Pins akan berlatih menghadapi interaksi manusia lain dengan sifat yang tidak disangka, Pins pun akan berlatih mengimprovisasi diri untuk bisa menghadapi ragam sifat manusia di luar sana. Apa yang dimaksud improvisasi disini adalah terbiasa untuk mengenal ragam sifat manusia yang nantinya dapat Pins pakai sebagai landasan cara menghadapi individu dengan kepribadian yang berbeda.

Mencoba Hal Baru Dalam Kehidupan

apa yang dimaksud improvisasi
(freepik.com)

Ini juga bisa dijadikan sebuah tindakan nyata dalam kehidupan anda lho! Mencoba hal baru dalam kehidupan memang dapat dikatakan tidak pernah salah. Selain dapat membuat kehidupan anda lebih berwarna, mencoba hal baru dapat membuat anda belajar akan sesuatu di luar ekspektasi anda. Pengertian improvisasi dalam mencoba hal baru adalah menyesuaikan kehidupan anda untuk sesuatu yang baru dalam kehidupan yang tidak selamanya itu tidak baik untuk diri anda.

Salah satu contoh mudahnya adalah mencoba makanan baru yang sebelumnya tidak pernah Pins sukai dan coba. Padahal ternyata setelah Pins coba makanan tersebut sangat Pins sukai. Inilah yang dikatakan improvisasi dalam kehidupan, dapat membuat hidup Pins lebih bermakna.

Belajar Untuk Menghadapi Kondisi yang Tidak Anda Harapkan

apa yang dimaksud improvisasi
(freepik.com)

Setelah Pins belajar akan ragam hal terkait dengan tindakan nyata dalam proses improvisasi diri, kini saatnya anda juga belajar untuk bisa menerima sebuah kondisi yang sebelumnya tidak anda harapkan. Menghadapi suatu kegagalan dalam hidup adalah pelajaran yang sangat berharga. Pins dapat terus belajar dan memahami situasi dan mempunyai kepercayaan diri untuk bertindak agar permasalahan yang sama tidak terulang kembali. 

Apa itu improvisasi diri dapat terlihat dari bagaimana cara Pins menghadapi kondisi demi kondisi dalam kehidupan tanpa adanya sebuah penyesalan yang berarti. Kesal dan kecewa adalah hal lumrah yang pasti Pins hadapi saat menemukan kondisi kehidupan yang tidak diharapkan. Tapi berusaha bangkit dan tidak berlama-lama larutlah yang dapat membuat Pins tetap hidup dengan nyaman.

Selalu Ingat Tujuan Akhir yang Anda Inginkan

apa yang dimaksud improvisasi
(freepik.com)

Walaupun nantinya semua dapat berjalan tanpa adanya perencanaan, tetapi Pins harus tetap mempunyai tujuan hidup. Tujuan hidup menjadi faktor penting dalam terciptanya pengertian improvisasi diri. Hidup yang membawa Pins ke tempat yang lebih nyaman adalah adanya tujuan hidup yang selalu Pins yakini. Semakin Pins berupaya mengimprovisasi diri untuk mewujudkan tujuan hidup yang anda miliki, semakin besar pula kesempatan Pins untuk dapat mencapainya.

Selalu ingat ya Pins untuk tetap mempunyai tujuan hidup, agar hidup anda lebih berarti dan tidak gampang terhasut dengan ragam tindakan tercela yang dapat merugikan diri Pins sendiri. Jangan pernah untuk ingin mencoba sebuah tindakan yang sudah jelas tujuannya adalah menyakiti orang lain maupun diri sendiri.

Itulah pemahaman mendalam mengenai apa yang dimaksud improvisasi dalam kehidupan beserta tips menarik yang dapat Pins implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kelak dapat membantu Pins untuk mulai percaya diri menghadapi semua hal yang hadir dalam kehidupan Pins ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel