Cara cepat belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk pemula dan pelajar

Diperbarui oleh ∙ December 22, 2021 ∙ 13 menit membaca

Sejarah Negara Com – Tujuan belajar bahasa Inggris bagi pelajar, kini bukan lagi sekadar mengejar nilai bagus di sekolah. Bahkan saat ini sudah menjadi kebutuhan. Bagaimana tidak, penguasaan terhadap bahasa Inggris memudahkan kita dalam menguasai program komputer, dimana menunya menggunakan instruksi berbahasa Inggris.

Buku teks berkualitas yang umumnya berbahasa Inggris pun akan mudah dicerna sebagai referensi untuk menyusun skripsi di perguruan tinggi. Apalagi jika Andatertarik pada pekerjaan sebagai penerjemah, public relation, atau editor yang membutuhkan keahlian berbahasa Inggris baik aktif ataupun pasif, tentu mutlak menguasai bahasa Inggris.

Sebenarnya tidak sulit belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak. Apalagi di sekolah sudah ada mata pelajaran khusus bahasa Inggris. Anda tinggal sungguh-sungguh memperhatikan ketika guru mengajar, dan bertanya jika tidak memahami materi yang diajarkan. Intinya, jangan sia-siakan momen belajar bahasa Inggris di sekolah karena kurikulum dari sekolah sudah sesuai dengan tahapan kemampuan belajar Anda.

2 cara belajar Bahasa Inggris Otodidak

Biasanya, orang yang suka belajar otodidak tidak mau terikat pada sebuah pembelajaran. Meskipun dia mencari referensi sebagai acuan, namun mereka akan mencari cara yang simpel dan mudah untuk modifikasi dengan caranya sendiri. Nah, bagi anda yang pada sisi ini, berikut dua cara belajar bahasa Inggris otodidak untuk pemula:

1. Belajar dari Lirik Lagu

Nah, bagi yang tidak suka belajar terlalu serius, ada tips untuk mendongkrak kemampuan berbahasa Inggris secara otodidak. Ya, beberapa lirik lagu berbahasa Inggris masih menggunakan grammar (tata bahasa) yang baik dan benar, misalnya lagu-lagu milik band Muse, Greenday, dan lain-lain.

Anda bisa belajar bahasa Inggris melalui mereka dengan cara mendengarkan lagunya, mencoba menuliskan, kemudian mengecek tulisan Anda dengan teks lirik sebenarnya. Secara tidak langsung, Anda sudah memperdalam skill listening (mendengarkan) dan writing (menulis).

Melalui lirik lagu juga, Anda bisa mempelajari beberapa istilah percakapan yang sederhana untuk menyampaikan maksud Anda dalam bahasa Inggris. Perbendaharaan kosa kata kita pun akan bertambah dengan sendirinya.

Akhirnya, Anda menjadi terbiasa mendengar dan menulis teks berbahasa Inggris. Jika suatu saat mendengar atau membaca kalimat berbahasa Inggris yang kurang tepat, Anda bisa langsung mengetahuinya. Belajar bahasa Inggris seperti ini menyenangkan, bukan?

2. Belajar Melalui Film

Belajar bahasa Inggris pun bisa dilakukan sambil menonton DVD. Film-film kartun seperti Finding Nemo, Up, Coraline, Ice Age bisa membantu Anda memahami bahasa Inggris lebih dalam. Caranya, gunakan subtitle berbahasa Inggris untuk teksnya. Anda bisa mempelajari cara mengucapkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dengan benar tanpa perlu repot-repot mendatangkan native speaker (pembicara asli) dari negeri Eropa sana.

Kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris pun bisa diasah jika kita bergabung dengan komunitas yang sehari-harinya berbahasa Inggris. Ajak teman-teman Anda yang memiliki visi dan misi yang sama untuk belajar bahasa Inggris otodidak, agar menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Jika harus belepotan sedikit tidak mengapa, yang penting percaya diri. Anda juga bisa chat dengan orang bule melalui jejaring sosial dan pertemanan. Mereka tidak akan segan membantu meng-upgrade kemampuan bahasa Inggris Anda.

Nah, ternyata banyak media belajar bahasa Inggris yang bisa Anda optimalkan, bukan? Melalui cara mudah dan menyenangkan, Anda bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Baca juga: Cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Mudah

Di zaman yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang sangat ketat, yang dibutuhkan bukan hanya pendidikan tinggi saja, namun diperlukan juga kemampuan bahasa, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jika Anda belum menguasai bahasa Inggris dengan baik jangan putus asa karena artikel ini akan membahas bagaimana belajar bahasa Inggris dengan mudah bagi pemula.

Selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah, bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran bahasa yang diajarkan disekolah. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris akan memudahkan mendapatkan peluang kerja, memudahkan Anda jika akan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, dan juga melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Dari hal tersebut syaratnya adalah bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dengan kemampuan berbahasa Inggris bisa memperluas jaringan dan perkawanan dengan orang-orang di negara lain.

Bagaimana belajar bahasa Inggris dengan mudah? sudah tentu dengan cara terus belajar dan mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari. Dua hal tersebut menjadi modal untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Banyak orang yang belajar bahasa Inggris dengan mengikuti kursus, tapi tanpa mengaplikasikannya masih ada kemungkinan ia akan grogi, bingung, dan kurang mengerti apa yang disampaikan oleh lawan bicara.

Ada juga yang lebih banyak mengaplikasikannya, tapi tidak dibarengi dengan mempelajarinya, dia akan bingung pada waktu harus menggunakan bahasa Inggris yang resmi atau formal, atau kebingungan pada waktu harus menuliskan bahasa tulisan.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan cepat untuk pemula

Belajar Menggunakan Lagu

Jika Anda ngefans dengan penyanyi luar negeri, tentu menyukai lagu-lagunya juga. Lagu yang Anda sukai bisa menjadi pintu masuk mempelajari bahasa inggris dengan mudah dan cepat.

Mendengarkan dan menyanyikan lagu bahasa Inggris setiap mudah bisa membantu dalam hal berbicara dan mengasah kemampuan listening dan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris. Mendengarkan musik dan menyanyikannya secara tidak sadar Anda mendengar kosa kaTa bahasa Inggris, yang bisa menambah kosakata.

Caranya setel lagu yang menggunakan bahasa Inggris dari penyanyi yang kalian suka, lalu sambil nyanyikan tuliskan, jika ada kata-kata yang tidak mengerti bisa langsung mencarinya di kamus bahasa Inggris.

Menyanyi tanpa tahu artinya, sama saja membuat lagu yang dinyanyikan kurang dipahami terlebih tidak bisa memakai perasaan yang sesuai dengan pesan yang disampaikan dari lagu tersebut.

Mempraktekkan

Banyak orang yang enggan mempraktekkan bahasa Inggris karena kurang percaya diri atau ketakutan salah mengucapkannya, padahal kunci utama belajar bahasa Inggris adalah mempraktekkannya karena bahasa Inggris dipelajari memang untuk bisa dipraktekkan dan diaplikasikan.

Jadi, sebaiknya lupakan rasa malu dan pupuk rasa percaya diri, dengan satu kata, yakin caranya bisa dengan menggunakan bahasa Inggris yang biasa digunakan dikehidupan sehari-hari, misalnya menyapa seseorang, menanyakan kabar seseorang, menanyakan sesuatu, dan lain sebagainya.

1. Menggunakan Film dan Video

Cara belajar dengan menggunakan film adalah cara yang mengasikkan, apalagi di bintangi oleh aktor yang tampan, seperti Nicolas Cage atau artis cantik seperti Angelina Jolie akan membuat belajar bahasa Inggris lebih bersemangat.

Caranya bisa dengan mendengarkan dan memperhatikan para aktor berbicara, kalau bisa jangan menggunakan subtitle bahasa Indonesia, sebaiknya gunakan subtitle yang bahasa Inggris, agar pada waktu aktor berbicara kalian bisa mengikutinya.

2. Mencari Arti Kata (Vocabulary)

Jika kalian mendengarkan kata-kata bahasa Inggris dan tidak mengerti apa artinya, segera tulis artinya dan cari di dalam kamus bahasa Inggris. Dengan begitu secara otomatis kalian mengetahui lebih banyak kata-kata atau kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris dan bisa dijadikan referensi dan dipelajari.

3. Rekaman

Pada saat kalian belajar bahasa Inggris, misalnya membacakan cerita dongeng atau membacakan sebuah pidato bahasa Inggris, sambil direkam. Setelah selesai putar kembali rekaman dan dengarkan apa yang sudah kalian ucapkan. Jika kata-kata yang diucapkan kurang jelas, ulangi sekali lagi.

4. Cari Lawan Bicara yang Lebih Ahli

Untuk mempraktekan pembicaraan dengan menggunakan bahas Inggris cari lawan bicara yang lebih pandai karena jika kalian melakukan kesalahan dia bisa memberitahukan dan mengoreksinya. Dengan lawan bicara yang aktif bisa tercipta dialog.

5. Kamus Bahasa Inggris

Dengan menggunakan kamus bahasa Inggris, sebagai bantuan jika ada vocabulary yang baru tahu dan tidak tahu artinya. Dengan menggunakan kamus bahasa Inggris bisa memudahkan mencari arti dari kata. Untuk kamus bahasa Inggris kalian bisa menggunakan situs kamus bahasa Inggris yang bisa dicari di internet.

Baca juga: Rumus Bahasa Inggris dengan belajar 16 tenses lengkap PDF

6. Belajar Bahasa Inggris Online

Dulu belajar bahasa inggris harus masuk kursus bahasa dan belajar di kelas-kelas, dengan adanya internet siapapun dan dimanapun bisa terus belajar bahasa Inggris, bahkan ada situs yang melayani dan memfasilitasi belajar bahasa Inggris secara gratis.

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan mudah memakai media internet? Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar belajar bahasa Inggris lebih efektif adalah sebagai berikut.

  • Usahakan Anda memiliki fasilitas untuk menjalankan internet, yaitu komputer rumah, laptop, I-Pad, dan modem.
  • Cari situs yang menyediakan layanan gratis bahasa Inggris, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Jangan lupa membawa catatan yang sekiranya perlu Anda catat dan dibaca lagi sesudahnya.

Banyak situs di internet yang menawarkan fasilitas bagaimana belajar bahasa Inggris dengan mudah, berikut adalah situs-situs yang bisa kalian pilih dan gunakan untuk belajar bahasa Inggris di rumah.

  • Ello adalah situs yang lebih focus kepada kemampuan listening, dengan menggunakan situs ini kalian bisa mendengarkan percakapan-percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris dengan banyak pilihan topik. Kalian bisa memilih topik yang disukai, agar proses belajar lebih menyenangkan.
  • Fun Easy English adalah situs yang memfokuskan pada grammer, idioms, writing, test, dan masih banyak lagi pengetahuan bahasa Inggris yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan situs ini.
  • BBC Learning English adalah situs yang memfasilitasi penggunanya untuk belajar grammar, vocabulary, dan lain sebagainya dengan menggunakan video dan teks. Kalian juga bisa mengikuti test yang disediakan dan mendownlod materi atau bahan-bahan yang ada, seperti teks, suara, atau audio dan video.
  • Vocab Sushi adalah situs yang memberikan berbagai macam materi-materi dengan mengarahkan kepada vocabulaly yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fasilitas fitur yang disediakan situs ini adalah berita-berita yang kontekstual, misalnya memutarkan video percakapan murid dengan siswanya di dalam kelas.
  • ESI On-Line Learning Games adalah situs yang cocok digunakan untuk anak-anak yang belajar bahasa Inggris karena fasilitasnya dengan menggunakan visualisasi berupa game atau permainan-permainan, yang bisa membuat anak senang dan tidak jenuh.

Dari pembahasan di atas, kita bisa menyimpulan bahwa cara cepat belajar bahasa Inggris tidak dengan copy paste atau teks book, namun dibarengi dengan belajar bagaimana mempraktekkan dan memahaminya.

Dengan begitu pertanyaan mengenai bagaimana belajar bahasa Inggris dengan mudah bisa dijawab dan bisa diselesaikan dengan kalian langsung mengaplikasikannya.

Mengetahui Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa adalah sesuatu yang mustahil cara belajar bahasa Inggris dengan cepat. Pernyataan ini ada benarnya. Melihat orang-orang yang telah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun saja, kemampuannya tidak terlalu bagus.

Bahkan seorang dosen bahasa Inggris di sebuah pasca sarjana di sebuah perguruan tinggi negeri, dengan gelar Doktor pun ternyata bahasa Inggrisnya masih tidak bagus.

Orang-orang yang optimis apalagi karena ingin menjual ‘dagangannya’ akan mengatakan bahwa bisa saja belajar bahasa Inggris secara kilat. Misalnya, mereka malah berani menjamin dengan janji uang kembali kalau dalam satu bulan tidak bisa berbahasa Inggris.

Patut diapresiasi orang-orang seperti ini. Mereka mempunyai semangat dan berusaha menemukan jawaban dari tantangan yang cukup berat itu. Jika yang mengatakan seseorang yang paham cara belajar bahasa Inggris, tentunya akan memberikan tambahan informasi bahwa kalau belajarnya kilat, dapatnya tidak banyak. Paling hanya yang dasar seperti memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan.

Orang yang sangat pandai pun belum tentu bisa belajar bahasa Inggris dalam waktu yang sangat singkat. Bahasa Inggris itu adalah bahasa komunikasi yang tidak bisa hanya dipelajari dalam waktu sangat cepat. Walaupun ia tinggal di negara dengan bahasa Inggri sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, ada beberapa waktu yang dibutuhkan untuk adaptasi.

Peningkatan kemampuan itu membutuhkan waktu dan seberapa intensif ia bergaul dengan bahasa itu. Tidak jarang banyak juga orang yang berada di sebuah wilayah dengan bahasa asing sebagai lingua franca, tetap tidak bisa memahami bahasa asing itu karena ternyata ia tidak bergaul dengan orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut.

Contoh kecil saja. Ada seseorang yang belasan tahun tinggal di Pulau Jawa, tetapi tidak bisa berbahasa Jawa. Artinya, adalah bahwa kalau tidak ada kemauan, tidak akan bisa. Sebaliknya, kalau ada kemauan, pasti akan bisa. Intinya, belajar bahasa Inggris dalam waktu yang singkat itu tetap bisa walaupun yang didapatkan tidak banyak.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Tepat

Untuk bisa lebih cepat menguasai bahasa Inggris, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan saksama. Pertama, komitmen yang kuat untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Kedua, mendapatkan guru yang tepat dengan metode belajar yang tepat. Ketiga, fokus pembelajaran yang tidak muluk-muluk.

Komitmen yang kuat ini akan membuat orang tidak cepat lelah dan tidak cepat merasa bosan ketika sedang belajar. Orang-orang yang merasa cepat lelah dan cepat bosan, tidak akan bisa belajar dengan cepat.

Ia harus berpikir bahwa tujuannya belajar itu apa. Belum lagi dana yang harus disiapkan. Kalau akan kursus secara privat, dana yang dianggarkan sangat mahal. Misalnya, satu jam belajar harus membayar 150-200 ribu.

Kedua, pilih guru yang benar-benar telah berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang luas tentang teknik dalam mengajar dan belajar. Bila perlu, sebelum memilih guru dengan bayaran yang tidak murah itu, mintalah sang calon guru untuk mempresentasikan silabus yang akan dipakai.

Silabus ini penting karena akan berisi tentang tujuan belajar dan target apa yang akan dicaapi dalam waktu yang singkat itu. Kalau tidak ada silabus dan tidak ada tujuan belajar, nanti tidak fokus akan belajar apa, sehingga tidak ada target yang akan dicapai.

Bila tidak ada target, belajarnya bisa banyak hal, tetapi tidak ada yang dikuasai karena terlalu banyak yang dipelajari. Pilih guru dengan konsep silabus yang paling baik yang paling mengena dengan tujuan dari belajar bahasa Inggris tersebut.

Karena masih pemula, tidak perlu muluk-muluk bisa banyak menguasai apa. Biasa saja. Ukur kemampuan diri. Lihat juga kegiatan lain yang mungkin akan menyita pikiran, waktu, dan tenaga. Orang yang tahu siapa dirinya akan tahu apa yang ingin ia raih.

Contoh Silabus Bahasa Inggris

Sebuah silabus itu berisi tentang topik yang akan dipelajari selama masa tentu. Ada tujuan pembelajaran dan ada kosakata yang harus dipelajari. Evaluasi pun harus dilakukan demi mengukur kemampuan peserta didik.

Silabus ini mengikat baik guru maupun muridnya agar tidak terlalu melenceng dari apa yang telah ditetapkan semula. Kalau ditengah belajar ada perubahan, artinya perubahan itu harus di sepakati bersama dan tidak bisa ditentukan oleh salah satu pihak.

Masa belajar yang cukup panjang terkadang menjadi satu kendala tersendiri. Rasa bosan dan lelah sering menyergap. Guru boleh menggunakan game untuk mengusir rasa bosan.

Tetapi, game itu sendiri tidak boleh melenceng dari pelajaran yang sedang dibahas. Game dibuat dengan tujuan yang jelas dan bukan hanya sebagai hiburan. Hal ini untuk membuat peserta didik semakin memahami apa yang sedang ia pelajari.

Banyak jenis game yang bisa diambil. Game ini sendiri akan memberikan konsep yang cukup jitu kepada pembelajar bahasa Inggris bahwa belajar itu harus menyenangkan.

Dalam silabus itu juga dituliskan ekspresi-ekspresi yang biasa dipakai dalam pembicaraan topik-topik tertentu. Jelaskan kepada murid sebelum sesi belajar dimulai. Berapa lama waktu istirahat pun harus disepakati agar tidak ada yang dirugikan.

Berikut ini adalah topik dalam sebuah silabus sederhana untuk belajar bahasa Inggris dalam waktu dua minggu. Belajar setiap hari selama 2-4 jam nonstop.

  • Perkenalan dengan menggunakan kata-kata sederhana.
  • Perkenalan dengan macam-macam orang dari berbagai perusahaan dengan berbagai posisi.
  • Memperkenalkan orang lain sekaligus memberikan informasi singkat tentang orang yang dikenalkan.
  • Memperkenalkan diri dalam sebuah seminar, presentasi, dan dalam forum yang lebih luas.
  • Berbicara tentang hobi.
  • Berbicara tentang posisi dan tanggung jawab pekerjaan.
  • Berbelanja, mengenal uang dan teknik bertanya tentang barang.
  • Berbincang santai di restoran.
  • Mencoba mempresentasikan sebuah ide.
  • Mendeskripsikan sebuah gambar.
  • Menerangkan satu konsep.
  • Berbicara di telepon.
  • Membuat perjanjian dan membatalkan janji.
  • Teknik berdiskusi, menyampaikan sanggahan dan memberikan pendapat.

Topik dalam silabus tersebut masih sangat sederhana dan tentu saja bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Ketika selesai satu silabus, biasanya siswa akan meminta pelajaran yang lebih tinggi yang lebih menantang. Inilah waktunya memberikan pelajaran tentang Grammar atau Tata Bahasa secara eksplisit.

Kalau ditahap awal memberikan motivasi untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris, maka tahap kedua adalah memberikan pemahaman bahwa kalau kosa kata dan tata bahasa bagus, maka orang akan lebih menaruh hormat dan lebih menghargai.

Pelajaran tentang cara mengucapkan kata-kata tertentu dengan baik juga harus dipelajari. Begitu juga dengan intonasi dan nada naik turun yang akan bisa membedakan arti dan makna sebuah kata.

Budaya dan teknik berkomunikasi dengan orang lain juga harus dipelajari. Itulah mengapa sangat penting mencari guru yang berpengalaman dengan pengetahuan yang luas. Belajar bahasa itu tidak hanya menguasai kosakata, budaya dari bahasa yang dipelajari juga harus diketahui.

Memang cara belajar bahasa Inggris dengan cepat sangat didambakan oleh banyak orang, tapi hal tersebut dikembalikan kembali kepada orangnya. Apakah belajar dengan sungguh-sungguh atau malas-malasan. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Ingin cepat bisa berbahasa bule? Silahkan Kursus Bahasa Inggris di Kota Pare, Kediri

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia