BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiMenghitung Analisa Harga Bangunan Rumah
0
0

Menghitung Analisa Harga Bangunan Rumah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Menghitung dan Menganalisa Harga Bangunan Rumahtop-right-banner

Menghitung dan analisa harga bangunan rumah dapat menggunakan berbagai cara. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat mendukung aktivitas Pins dalam menghitung dan analisa harga bangunan rumah.

Tentunya, setelah tahu cara menghitung analisa harga bangunan rumah akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk  menghitung analisa harga bangunan.

Baca juga:

Analisa Harga Bangunan Rumah

Dalam menentukan biaya pembangunan rumah, diperlukan pemahaman atas 6 cara analisa harga bangunan rumah. Analisis tersebut melibatkan perhitungan material, tenaga kerja, perizinan, dan faktor-faktor lainnya.

1. Analisa BOW

analisa harga bangunan rumah
Source : Unsplash

Analisis Bag of Words (BOW) yang pernah mendominasi dunia pengolahan bahasa alami kini menghadapi pergeseran paradigma. Seiring dengan perkembangan teknologi, evaluasi terhadap BOW menunjukkan bahwa model ini mulai ditinggalkan.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan pergeseran ini adalah biaya tenaga kerja yang terlibat dalam penerapan Analisis BOW. Penghitungan secara berulang tenaga kerja untuk analisis ini dapat memberikan tekanan pada anggaran dan waktu, menyebabkan organisasi mencari alternatif yang lebih efisien.

Keberlanjutan Analisis BOW memerlukan pembaruan konstan, yang membutuhkan sumber daya manusia dan finansial yang signifikan. Oleh karena itu, perusahaan dan peneliti sedang mencari cara untuk meningkatkan efisiensi analisis tanpa mengorbankan kualitas.

2. Analisa SNI ( Standar Nasional Indonesia)

analisa harga bangunan rumah
Source : Unsplash

Dalam dunia konstruksi, Analisa Harga Satuan (AHS) merupakan panduan vital untuk menentukan estimasi biaya proyek. Di Indonesia, AHS mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Memberikan rincian terperinci mengenai biaya bahan dan tenaga yang diperlukan untuk setiap item pekerjaan bangunan.

AHS SNI tidak hanya sekadar daftar harga, melainkan peta rinci yang membimbing para profesional konstruksi dalam perencanaan anggaran secara akurat. Memahami setiap elemen, termasuk bahan dan tenaga kerja, memungkinkan para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang terinformasi.

Salah satu aspek kunci dalam AHS SNI adalah rincian bahan. Dokumen ini memberikan daftar komprehensif tentang jenis bahan apa saja yang dibutuhkan, memungkinkan perhitungan biaya yang tepat dan transparan.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

3. Harga Satuan Pekerjaan Standar Pemerintah

analisa harga bangunan rumah
Source : Unsplash

Mengestimasi biaya pembangunan bangunan melalui harga satuan pekerjaan memerlukan langkah-langkah tertentu agar transparan dan sesuai standar pemerintah. Pertama-tama, perinci setiap item pekerjaan terkait, seperti galian, urugan pasir, pasangan batu kali, dan urugan tanah kembali pada pekerjaan pondasi batu kali. 

Selanjutnya, hitung volume masing-masing item untuk selanjutnya dikalikan dengan harga satuan pekerjaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau tersedia dalam dokumen resmi. Proses ini tidak hanya memastikan keakuratan estimasi biaya, tetapi juga memastikan bahwa pendekatan yang digunakan sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Baca Juga :

4. Standar Analisa Harga Satuan Perusahaan

Source : Unsplash

Analisis Harga Satuan Perusahaan merupakan suatu dokumen yang disusun oleh setiap perusahaan, didasarkan pada penelitian harga bangunan, pengalaman kerja terdahulu. Juga eksperimen yang telah direkam sebagai bagian dari standar analisis harga bangunan perusahaan. 

Dokumen ini menjadi kunci rahasia bagi perusahaan, setara dengan peralatan atau aset lainnya, yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan pesaing. Selain itu, analisis ini bukan hanya mencakup data harga. Tetapi juga mencerminkan kebijakan internal dan strategi perusahaan dalam menjaga daya saingnya di pasar. 

Oleh karena itu, keberhasilan perusahaan dalam menerapkan analisis harga satuan yang efektif dapat memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan.

5. Pengalaman Kerja Menganalisa Harga Bangunan

Source : Unsplash

Pengalaman dalam menganalisis harga bangunan merupakan metode yang mempercepat proses estimasi biaya konstruksi, mengacu pada pengalaman sebelumnya dalam proyek-proyek serupa. Walaupun pendekatan ini dapat meningkatkan efisiensi waktu. Tingkat akurasi tetap menjadi tantangan karena setiap bangunan memiliki spesifikasi unik dan kondisi medan yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, hasil analisis ini sebaiknya tidak dapat diandalkan sepenuhnya sebagai laporan harga bangunan yang terperinci dan tertulis. Sebaiknya, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dan penyesuaian terhadap faktor-faktor yang memengaruhi biaya konstruksi. Untuk memastikan ketelitian yang optimal dalam perhitungan harga bangunan.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Besi dan Beton

6. Harga Per M2 Bangunan

Source : Unsplash

Metode ini merupakan pendekatan yang paling efisien untuk mengestimasi biaya konstruksi. Meskipun demikian, tingkat keakuratannya terbatas pada estimasi semata. Prosedur perhitungannya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Sebagai contoh, jika Pins hendak menilai biaya pembangunan rumah tipe 36 di Jakarta, dengan harga per meter persegi bangunan sebesar Rp.3.000.000,00. Maka biaya konstruksi dapat dihitung dengan rumus luas bangunan dikalikan harga per meter persegi. Yaitu 36 m2 x Rp.3.000.000,00 = Rp.108.000.000,00. Meskipun metode ini memberikan perkiraan cepat, tetapi sebaiknya digunakan dengan hati-hati karena keterbatasan tingkat keakuratannya.

Demikian gambaran tentang bagaimana menghitung dan analisa harga bangunan rumah. Pins bisa menggunakan cara terbaik dan ternyaman yang Pins inginkan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download