Pinhome

Mengenal Desain Rumah yang Berkarakter

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah tinggal merupakan rumah yang akan dijadikan sebagai tempat hunian. Oleh karena itu sebuah rumah tinggal harus memiliki sejumlah fasilitas dan ruangan yang mewadahi kebutuhan para penghuninya. Secara standar, rumah tinggal memiliki beberapa jenis ruangan. Di antaranya berupa teras, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, taman, gudang, dan garasi. Sebuah rumah tinggal juga dilengkapi dengan atap, ventilasi, jendela, pintu.

Seiring perjalanan waktu, ada banyak konsep desain rumah yang saat ini ditawarkan. Mulai dari desain rumah klasik, minimalis, tropis, mediterania, joglo, dan sejumlah desain rumah lainnya. Jenis desain rumah akan menentukan banyaknya anggaran yang dibutuhkan, termasuk jenis material yang digunakan, konsep rancang bangunnya serta jenis interior dan eksterior rumah.

Desain rumah sering kali dijadikan seseorang untuk mencerminkan karakter penghuninya. Bila Anda menginginkan desain rumah yang benar-benar  berkarakter, tips berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

rumah berkarakter
Rumah berkarakter: pembertonheightsrealestate.com

Pertama, pikirkan dengan cermat desain rumah yang hendak Anda pilih.  Anda pun tidak perlu terbawa arus dengan mengikuti trend yang ada. Pastikan desain rumah tersebut sesuai dengan selera Anda dan mampu mengakomodasi kebutuhan para penghuninya.

Kedua, konsultasikan konsep rumah yang hendak Anda bangun dengan arsitek. Kemukakan dengan jelas konsep tersebut termasuk kebutuhan para penghuni rumah saat mereka beraktifitas di rumah.

Ketiga, pastikan setiap elemen dalam rumah mampu menyatukan seluruh penghuni rumah. Artinya, tata ruang yang dibuat mencerminkan satu kesatuan.

Keempat, mampu memenuhi standar kesehatan dan menciptakan kenyamanan. Oleh karena itu perhatikan pula keserasian warna cat yang digunakan serta tata pencahayaan dan sirkulasi udaranya. Anda bisa menggunakan jendela besar berkaca pada bagian dalam rumah. Lengkapi pula dengan bukaan pada dinding atas rumah. Agar sirkulasi rumah berjalan lancar, Anda bisa menempatkan space untuk exhaust fan pada kamar mandi dan dapur.

Kelima, keberadaan taman. Keberadaan taman di dalam rumah merupakan sebuah pelengkap. Tanpa adanya taman, sebuah rumah tinggal terasa masih belum lengkap. Ibaratnya seperti sayur tanpa garam. Selain bisa menciptakan suasana asri, taman juga berfungsi sebagai paru-paru di rumah.

Tags :

Bagikan Artikel