BlogKesehatanSimak! 15 Manfaat Susu Kedelai, Tak Kalah Hebat dari Susu Sapi
0
0

Simak! 15 Manfaat Susu Kedelai, Tak Kalah Hebat dari Susu Sapi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Susu Kedelaitop-right-banner

Susu kedelai telah menjadi pilihan populer sebagai alternatif non-susu bagi mereka dengan intoleransi laktosa atau mencari variasi dalam pola makan mereka. Selain bergizi, manfaat susu kedelai juga banyak dan luar biasa.

Dengan kandungan nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, serat, dan vitamin D, susu kedelai dapat menjadi sumber energi yang baik serta mendukung kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan zat besi, natrium, dan kalium di dalamnya juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan cairan dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Susu kedelai

Manfaat Susu Kedelai
Source : Shutterstock
Komponen GiziKandungan
Air90,4 gram
Protein2,6 gram
Lemak1,47 gram
Karbohidrat4,92 gram
Serat0,2  gram
Gula3,65 gram
Kalsium123 mg
Magnesium15 mg
Fosfor43 mg
Kalium122 mg
Sodium47 mg
Bitamin B60,031 mg

Baca juga:

Apa Saja Manfaat Susu Kedelai?

Manfaat Susu Kedelai
Source : Shutterstock

Layaknya susu kedelai yang punya banyak manfaat, aplikasi Pinhome juga memiliki segudang manfaat. Bagi kamu yang hendak menjual rumah, kamu bisa pasang iklan rumah gratis di aplikasi Pinhome.

Sedangkan kamu yang sedang mencari rumah bisa memanfaatkan aplikasi Pinhome untuk menemukan hunian impian. Selain itu ada juga fitur personalisasi yang mempermudah kamu mencari hunian.

Misalnya kamu ingin mencari perumahan di Jakarta Selatan. Maka fitur personalisasi hanya akan memunculkan daftar rumah yang di Jakarta Selatan saja seperti Vasa Jagakarsa dan perumahan lainnya. Kamu juga bisa minta bantuan rekan agen Pinhome untuk konsultasi seputar perumahan yang hendak dicari.

Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai yang ada di dalam susu kedelai.

Sumber Protein Nabati Baik

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang kaya. Setiap cangkir susu kedelai mengandung sekitar 8 gram protein. Protein adalah nutrisi penting untuk pembentukan otot, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengandung Asam Lemak Sehat

Susu kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti omega-3 dan omega-6. Asam lemak ini membantu menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

Menyediakan Kalsium

Meskipun susu kedelai tidak mengandung kalsium sebanyak susu sapi, namun masih merupakan sumber kalsium yang baik bagi mereka yang tidak dapat atau tidak mengkonsumsi susu hewani. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kaya akan Vitamin D

Beberapa merek susu kedelai difortifikasi dengan vitamin D, yang penting untuk penyerapan kalsium yang baik oleh tubuh. Vitamin D juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Mengandung Serat Makanan

Susu kedelai mengandung serat makanan yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Rendah Lemak Jenuh

Susu kedelai umumnya rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol. Mengganti sumber lemak jenuh dengan lemak sehat dari susu kedelai dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko keriput. Isoflavon juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Kandungan fitokimia dalam susu kedelai dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

Menyediakan Zat Besi

Manfaat Susu kedelai lainnya dapat membantu pemebentukan sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandaung zat besi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan fitosterol dalam susu kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menjaga kesehatan jantung.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan. Hal ini dapat berkontribusi pada program penurunan berat badan.

Mendukung Kesehatan Tulang

Susu kedelai mengandung isoflavon dan kalsium, tujuannya untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Alternatif Susu bagi Penderita Alergi Susu Sapi

Susu kedelai adalah pilihan yang baik bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi atau produk susu hewani lainnya. Kandungan nutrisinya yang lengkap menjadikan susu kedelai sebagai pengganti yang sehat.

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan asam lemak omega-3 dalam susu kedelai berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak yang sehat.

Mendukung Kesehatan Hormonal

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal pada wanita dan mengurangi gejala menopause.

Dengan sejumlah manfaat yang luar biasa, susu kedelai merupakan pilihan yang baik sebagai bagian dari pola makan sehat. Dengan mempertimbangkan kandungan nutrisinya yang kaya, susu kedelai dapat menjadi alternatif yang bergizi bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan dan memperkaya asupan nutrisi mereka.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download