BlogLifestyleKesehatan12 Manfaat Minum Air Ketumbar Sebelum Tidur
0
0

12 Manfaat Minum Air Ketumbar Sebelum Tidur

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Air ketumbar diperoleh dari merendam biji ketumbar semalaman lalu disaring. Adapula yang merebus biji ketumbar dalam air kemudian disajikan selagi hangat. Ternyata ada manfaat minum air ketumbar sebelum tidur baik untuk kualitas tidur maupun organ tubuh lainnya.

Sama halnya dengan Program KPR Bank yang ditawarkan oleh Pinhome. Pins bisa memperoleh halaman yang membantu mengajukan KPR. Pins bisa mencari perumahan baru di kabupaten Bekasi seperti Nismara Harapan Indah maupun rumah bekas di Mojokerto dengan harga terbaik.

Manfaat Minum Air Ketumbar Sebelum Tidur

Ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum Sativum  yang tanamannya tidak hanya digunakan dari bijinya saja melainkan daun, batang sebagai bumbu masak. Jika diambil sarinya saja dan dikonsumsi sebelum tidur bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Melancarkan Pencernaan

Source : Pxhere

Manfaat pertamanya adalah mampu membantu melancarkan pencernaan sekaligus menurunkan berat badan. Air ketumbar menjaga kesehatan usus khususnya paling baik diserap saat perut kosong. Selain dikonsumsi sebelum tidur dapat pula diminum sebelum sarapan pagi.

2. Meningkatkan Imunitas

Dalam melawan berbagai bibit penyakit perlu kekebalan tubuh yang kuat. Air ketumbar bisa meningkatkan imunitas tubuh dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Minum air ketumbar mampu melawan infeksi dan penyakit sehingga tubuh selalu bugar.

Baca juga: 15 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Tubuh

3. Meredakan Nyeri Artritis

Source : Pxhere

Berdasarkan Indian Journal of Medical Research mengatasi air ketumbar mengurangi pembengkakan sendi. Hal ini telah diuji secara klinis dan memperoleh hasil bahwa ketumbar punya senyawa baik. Zat yang ada dalam ketumbar antara lain cineole dan asam linoleat yang ampuh mengobati nyeri radang sendi dan pembengkakan.

4. Detoksifikasi Ginjal

Ketumbar bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urine sekaligus membuang racun. Minum air ketumbar sebelum tidur akan mempercepat detoksifikasi tubuh khususnya organ ginjal. Apabila dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan retensi air dalam tubuh. Air ketumbar membuang segala macam racun maupun mikroba yang ada di tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

manfaat minum air ketumbar sebelum tidur untuk kelenjar tiroid
Source : Pexels

Minum air ketumbar membantu menjaga kelenjar tiroid. Selain itu merangsang berat badan sehingga mengobati hipotiroidisme. Gejala penyakit tiroid sendiri antara lain kadar kolesterolnya cenderung tinggi. Air ketumbar ini aman diminum oleh semua pasien tiroid termasuk wanita hamil dan ibu menyusui.

6. Mengatasi Jerawat dan Pigmentasi

Siapa yang menyangka bahwa ketumbar bisa digunakan sebagai obat jerawat dan pigmentasi. Manfaat air ketumbar adalah meredakan jerawat karena bisa melawan bakteri secara optimal. Dalam ketumbar mengandung zat besi tinggi dan punya sifat anti jamur.

Dengan minum air ketumbar kulit akan lebih halus dan bebas jerawat. Minuman herbal ini meningkatkan regenerasi sel-sel kulit.

7. Sumber Antioksidan

Source : indeksnews

Ternyata untuk menambahkan antioksidan dalam tubuh bisa pula dengan minum air ketumbar. Dalam rempah ini mengandung senyawa antioksidan diantaranya adalah polifenol, vitamin A dan vitamin C. Dengan minum air ketumbar memberikan asupan antioksidan tambahan melawan radikal bebas sekaligus melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca juga: 5 Jenis Pohon Bidara yang Jarang Orang Ketahui

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketumbar mampu membantu merelaksasikan tubuh dan pikiran. Jika Pins merasa insomnia atau kesulitan tidur bisa minum air ketumbar dulu sebelum tidur. Minuman ini akan menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur. Pins dapat tidur lebih nyenyak dan merasa segar keesokan harinya.

Seseorang yang kurang tidur bisa mengurangi energi dan konsentrasi. Selain itu mood memburuk bahkan sensitif dan mudah marah.

9. Menyegarkan Nafas

Ketumbar mengandung senyawa yang membantu menyegarkan napas. Minum air ketumbar akan menghilangkan bau tidak sedap dari mulut. Pins bisa minum air ini setelah makan ataupun sebelum tidur. Seseorang yang mempunyai riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi juga disarankan meminum air ketumbar agar tekanan darah kembali stabil.

10. Mengurangi Peradangan

manfaat minum air ketumbar sebelum tidur untuk gula darah
Source : Pexels

Senyawa antiinflamasi dalam ketumbar berguna mengurangi peradangan. Dengan minum air ketumbar sebelum tidur dapat meredakan gejala peradangan. Misalnya ketika Pins mengalami radang pada saluran pernapasan atau nyeri sendi.

11. Menurunkan Gula Darah

Gula darah tinggi menyebabkan resiko diabetes tipe 2 semakin besar. Biji ketumbar sangat efektif menurunkan gula darah. Hal ini didukung oleh jurnal Food Chemistry menunjukkan biji ketumbar mengurangi gula darah dengan aktivitas enzimnya. 

Untuk mengkonsumsinya bisa rebus 1 sendok makan biji ketumbar dalam air selama 5 menit. Setelah mendidih dan airnya berkurang setengah, saring dulu baru minum selagi hangat.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat minum air ketumbar sebelum tidur bagi kesehatan jantung
Source : Pxhere

Ketumbar menjaga kesehatan jantung khususnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Dengan minum air ketumbar menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh. Pins dapat pula terhindar dari resiko penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan organ jantung.

Mengkonsumsi air ketumbar memang bagus untuk tubuh kita. Meskipun demikian sebaiknya maksimal hanya minum air ketumbar sekali sehari saja. Bagi beberapa orang yang tergolong sensitif atau memiliki penyakit tertentu sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter sebelum minum air ketumbar.

Bagi beberapa orang ternyata ketumbar bisa menyebabkan reaksi alergi. Efek samping lainnya dapat pula menimbulkan sakit perut, pendarahan maupun gejala flu. Manfaat minum air ketumbar sebelum tidur tak bisa dipungkiri mampu meningkatkan kualitas tidur. Minuman herbal ini memberikan relaksasi dan menenangkan saraf yang sedang tegang.

Baca juga: Ini Dia 14 Manfaat Timun Suri Buah Primadona Saat Ramadhan 

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download