BlogLifestyleKesehatanUnik! Ini Dia 8 Manfaat dari Bunga Tahi Ayam
0
0

Unik! Ini Dia 8 Manfaat dari Bunga Tahi Ayam

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga marigold memiliki nama latin tagetes erecta namun orang Indonesia sendiri sering menyebutnya sebagai bunga tahi ayam. Manfaat bunga tahi ayam ini salah satunya untuk mengobati luka seperti bisul, penyakit mata, wasir, hingga pilek. Warnanya kuning orange dengan banyak kelopak yang cocok menghiasi pekarangan rumah. 

Pins bisa menghiasi rumah di Bekasi seperti Alora Springhill sebagai tanaman di halaman. Gunakan PinValue untuk mencari hunian yang memiliki lahan luas untuk berkebun guna menanam bunga ini.

Manfaat dari Bunga Tahi Ayam

Bunga tai ayam ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan ekonomi. Pins bisa menyimak keunggulan tanaman ini dalam ulasan di bawah ini!

1. Mengusir Nyamuk Aedes Aegypti

Manfaat Bunga Tahi Ayam Mengusir Nyamuk Aedes Aegypti
Source : Pixabay

Ternyata setelah diteliti bunga tai ayam ampuh untuk mengusir nyamuk aedes aegypti. Tanaman ini bisa untuk mengusir serangga karena memiliki senyawa metabolit sekunder. Senyawa inilah yang bertindak layaknya insektisida alami sehingga serangga tidak berani mendekat.

Kebanyakan lotion anti nyamuk juga menambahkan ekstra bunga ini sebanyak 10% dalam ingredients. Hal ini karena menurut penelitian bunga marigold mampu menambah daya proteksi terhadap nyamuk sampai 90%.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Bunga Sepatu dan Fakta Uniknya

2. Tinggi Lutein dan Antioksidan

Antioksidan juga ada dalam bunga marigold yang baik bagi tubuh. Antioksidan mampu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan imunitas tubuh. Kekebalan tubuh yang tinggi akan menangkal berbagai penyakit yang merenang.

Selain itu varian bunga marigold yang berasal dari Bali yakni Mega Orange ternyata mengandung lutein tinggi. Lutein adalah zat baik yang bertindak sebagai antioksidan. Senyawa ini menjaga kesehatan berbagai organ mulai dari mata, kulit bahkan otak.

Untuk mengkonsumsinya bisa dengan menyeduh bunga layaknya teh. Siapkan 300 ml air kemudian didihkan baru masukan bunga marigold kering dalam gelas. Tuang air mendidih kedalamnya kemudian diamkan selama 5 menit hingga warna air berubah kekuningan.

Saring agar kelopak tidak ikut terminum lalu tambahkan madu sesuai selera. Aduk dulu hingga merata baru siap untuk diminum. 

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Source : Pixabay

Manfaat lainnya dari bunga tahi ayam adalah mampu mempercepat menyembuhkan luka. Penelitian ini pernah dilakukan memakai hewan uji, bunga marigold mempercepat penyembuhan luka iris ataupun luka bakar. Hal ini karena kandungan flavonoid yang ada dalam bunga marigold tersebut.

Senyawa antioksidannya yang tinggi bisa pula menangkal racun sekaligus mencegah kanker. Asalkan Pins mau secara rutin mengkonsumsi air seduhannya setiap hari.

4. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Manfaat bunga tahi ayam juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Misalnya tumpukan racun yang menumpuk pada organ hati dan kantong empedu. Bunga ini membunuh bakteri jahat dan menjaga kesehatan tubuh jika diseduh sebagai teh.

Tanaman ini mencegah pula pertumbuhan bakteri Klebsiella Pneumoniae. Dalam kondisi normal, bakteri ini pada dasarnya terletak di saluran pencernaan dan tidak membahayakan tubuh. Namun saat berpindah ke orang lain seperti paru-paru, darah, otak dan mata akan memicu infeksi yang sulit diobati.

Baca juga: Catat! 12 Manfaat Teh Jati Cina untuk Kesehatan Badan

5. Mengatasi Demam dan Masalah Pencernaan

Manfaat Bunga Tahi Ayam mengatasi demam
Source : Pixabay

Marigold sudah dikenal sebagai tanaman obat tradisional sejak dulu kala. Umumnya berguna untuk mengatasi demam dengan minum air seduhannya. Saat sakit tenggorokan cukup berkumur memakai air seduhan bunga marigold mampu meredakan penyakit ini.

Jika Pins sering mengalami masalah lambung seperti gastritis atau kanker perut maupun tukak lambung dapat menggunakan bunga ini. Manfaat bunga tahi ayam adalah melindungi lapisan lambung dan usus. Tujuannya agar mencegah berbagai gangguan pencernaan lainnya. 

6. Melawan Radikal Bebas

Tak kalah pentingnya dari bunga tahi ayam yang diyakini tinggi antioksidan adalah melawan radikal bebas. Paparan sinar matahari atau polusi udara meningkatkan radikal bebas pada tubuh. Imbasnya kulit bisa saja menunjukan tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus dan kulit mengendur.

Radikal bebas yang tinggi bisa mengundang bibit penyakit lainnya. Misalnya sel kanker yang mematikan dan menimbulkan kematian. Konsumsi air seduhan bunga tahi ayam agar khasiatnya bisa didapatkan secara optimal.

7. Baik Untuk Kesehatan Hati dan Menstruasi

Source : Pixabay

Saat menstruasi atau menopause, Pins bisa mengalami nyeri tak tertahankan khususnya di bagian perut. Kandungan emmanogogic dalam bunga menenangkan rahim dan menghilangkan rasa nyeri. Gejala menopause juga bisa teratasi dengan teh bunga tahi ayam.

Ekstrak bunga marigold melindungi hati dengan menurunkan kadar enzim yang muncul. Khususnya ketika terjadi kerusakan kadar bilirubin berlebihan hingga turun kadarnya hampir normal.

8. Pewarna Alami

Terakhir, manfaat bunga tahi ayam adalah sebagai pewarna alami. Senyawa L-karoten didalamnya menjadikan bunga ini sebagai pewarna makanan sampai kosmetik. Efek samping yang ditimbulkan minim dan warnanya keluar dengan maksimal. Dalam mengolahnya sebagai pewarna perlu pengolahan khusus agar terjamin kebersihan dan keamanannya.

Bunga marigold  memiliki kelopak bertumpuk dengan warna orange. Bunga ini bisa tumbuh di halaman di berbagai iklim. Sebutan lainnya dari bunga ini adalah bunga tahi ayam.

Manfaat bunga tahi ayam ialah bisa jadi pewarna makanan dan kosmetik. Selain itu difungsikan pula sebagai pengusir serangga dan nyamuk penyebab demam berdarah. Fungsi lainnya dari bunga ini juga bisa menjaga kesehatan hati, melawan radikal bebas dan mengatasi demam serta mempercepat menyembuhkan luka.

Baca juga: Mengenal Arti, Fakta dan Semua Tentang Bunga Alamanda

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download