BlogLifestyleEdukasiNiat Doa Mandi Taubat dan Tata Cara Melakukannya
0
0

Niat Doa Mandi Taubat dan Tata Cara Melakukannya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Jul 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
doa mandi taubattop-right-banner

Mungkin sebagian dari Pins baru mengetahui yang dimaksud dengan mandi taubat. Sebenarnya, apa itu mandi taubat? Bagaimana tata cara melakukannya? Pada pembahasan kali ini Pinhome akan menyajikan pengertian, tata cara, dan doa mandi taubat.

Mandi taubat merupakan salah satu ibadah untuk mensucikan diri dan meminta ampunan dari Allah SWT. Biasanya, mandi taubat ini dilakukan oleh mualaf atau orang yang baru bertaubat dari kefasikan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, langsung saja simak uraian di bawah ini!

Pengertian Mandi Taubat

doa mandi taubat
Source : ShutterStock

Mandi taubat adalah mandi yang dilakukan saat seseorang baru saja masuk Islam atau dengan kata lain mualaf. Ini juga biasanya dilakukan oleh seseorang yang baru bertaubat dari kefasikan.

Meski tujuannya sama-sama mensucikan diri, mandi taubat memiliki tujuan yang berbeda dari mandi wajib. Mandi wajib ditujukan untuk mensucikan diri dari keadaan junub, seperti menstruasi, nifas, dan sebagainya. Sementara mandi taubat ditujukan untuk mensucikan diri dari dosa.

Baca juga: Doa Keluar Masuk Masjid

Hukum Mandi Taubat

Source : Pinterest

Dalam bahasa fiqih, mandi Mandi taubat adalah mandi yang dilakukan saat seseorang baru saja masuk islam atau dengan kata lain mualaf serta seseorang yang baru bertaubat dari kefasikan.

Menurut Imam Syafi’i dan Imam Hanafi mandi taubat memiliki hukum sunnah bukan wajib, jadi tidak semua orang yang masuk islam wajib melakukan mandi taubat.

Pendapat Imam Syafi’i dituliskan didalam sebuah kitabnya yang isinya: “Mandi taubat adalah sunnah. dan tidak wajib akibat taubat dari kekufuran ataupun kefasikan”.

Pendapat imam syafi’i ini dikarenakan pada saat itu tidak terhitungnya jumlah sahabat yang ingin masuk islam. Apabila ada keterangan tentang wajibnya mandi taubat itu niscaya terdapat dalil naqli secara masyhur dan tawatur.

Selain itu, Imam Syafi’i juga mengambil keputusan berdasarkan sabda Rasulullah SAW pada sahabat Mu’adz saat ia diutus ke negeri Yaman:

”Ajaklah mereka kepada kesaksian Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, bila mereka tunduk dan menaatinya beritahukan kepada mereka bahwa diwajibkannya atas mereka bershadaqah dengan cara mengambil dari harta-harta para aghniya (orang-orang kaya) dan diberikan untuk kaum fuqaraa’ mereka”.

Apabila mandi taubat itu hukumnya adalah wajib, maka Rasulullah SAW pasti akan menjelaskannya. Sedangkan Imam Ahmad, Ibn Mundzir dan Imam Maliki mereka lebih cenderung mewajibkan mandi taubat.

“Bila seorang masuk islam maka diwajibkan atasnya mandi baik ia kafir asli ataupun murtad. Setelah mandi sebelumnya islam ataupun belum. Mengalami hal yang diwajibkan mandi saat masa kufurna ataupun tidak karena Qais ibn ‘Aashim dan Tsamaamah Bin Atsal masuk islam, kemudian Nabi memerintahkan keduanya mandi taubat” -Tadzukkarah al-Fuwahaa II/145-146.

Baca juga: Ini Dia, Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya!

Bacaan Doa Mandi Taubat

doa mandi taubat
Source : Pinterest

Sebelum melakukan mandi taubat, maka sebaiknya Pins membaca niat dan doa mandi taubat sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ

Nawaitul ghusla lit taubati ‘an jami’idz dzunuubi lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya berniat untuk melaksanakan mandi taubat dari segala dosa karena Allah.”

Tata Cara Mandi Taubat

doa mandi taubat
Source : ShutterStock

Nah setelah mengetahui doa dan niat mandi taubat, hendaknya Pins juga mengetahui tata cara mandi taubat agar tidak ada yang keliru. Berikut adalah rangkumkan tata cara mandi taubat yang telah kami rangkum:

  • Berniat dengan baik secara lisan atau bisa juga didalam hati sebelum melakukan mandi taubat dengan tujuan membersihkan diri dari perbuatan dosa.
  • Kemudian menuangkan air pada kedua tangan seperti halnya saat kita mengambil air wudhu, lalu basuhlah kedua tangan sebanyak dua sampai tiga kali.
  • Mencuci daerah kemaluan dengan tangan sebelah kiri.
  • Setelah itu bersihkan seluruh badan dengan sabun seperti halnya saat mandi pada umumnya dengan menggosokan dengan tangan kiri.
  • Yang kelima adalah berwudhu seperti halnya berwudhu sebelum sholat, dan mencuci pergelangan tangan sampai membasuh bagian kaki.
  • Membasuh sela – sela rambut dengan menyematkan jari – jari dengan air ke setiap sela – sela rambut sampai kulit kepala. Akan tetapi ada beberapa pendapat bahwa hal seperti ini tidak sepenuhnya mutlak dilakukan karena ada seorang wanita yang bertanya kepada Rasulullah SAW, mengenai melepas jalinan rambutnya, kemudian Rasulullah SAW menjawab cukup dengan menuangkan air sebanyak tiga kali.
  • Membasahi kepala dengan menuangkan air sebanyak tiga kali mulai dari bagian kepala sebelah kanan lalu ke sebelah kiri.
  • Membasuh seluruh tubuh dimulai dari sebelah kanan sampai sebelah kiri.
  • Yang terakhir adalah membasuh sela – sela kaki.

Baca juga: Ciri Jawaban Shalat Istikharah Jodoh Terbaik Setelah Mohon Petunjuk

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan mandi taubat dan menyesali perbuatan maksiat yang telah kamu lakukan, Pins juga harus mengucapkan kalimat istighfar agar tujuan taubat bisa diterima oleh Allah SWT.

Pins bisa melahfadzkan bacaan istighfar sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullah Al Adzim.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung.

Atau bacaan istighfar panjang yang berbunyi:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahal ‘adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Atau bahkan membaca sayyidul istighfar seperti berikut ini:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji-Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari).

Mungkin itu saja informasi yang bisa Pinhome sampaikan tentang pengertian, tata cara, dan doa mandi taubat. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu ya Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download