Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jangan Salah, Ini Waktu Sholat Taubat yang Tepat

Jangan Salah, Ini Waktu Sholat Taubat yang Tepat

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Allah SWT senantiasa membukakan pintu maaf untuk umat-Nya yang bertaubat. Terdapat berbagai amalan untuk membuktikan bahwa seseorang benar-benar bertaubat. Salah satu yang dianjurkan yakni dengan melakukan sholat taubat. Namun ada waktu sholat taubat nasuha harus dijalankan dengan tepat supaya berkahnya berlimpah dan diberi ampunan oleh Allah SWT. 

Pinhome – Nah, kapan waktu sholat taubat yang tepat? Untuk mengetahui jawabannya, Pins dapat membaca ulasan berikut sampai habis. Selain menjelaskan jam berapa sholat taubat, disebutkan juga tata cara serta bacaan doanya. Baca sampai habis, ya!

Perintah Melaksanakan Sholat Taubat 

waktu sholat taubat
(Unsplash)

Sholat taubat merupakan salah satu anjuran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT setelah melakukan perbuatan dosa. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: 

“Setiap orang yang berbuat dosa, lalu ia bergegas melakukan wudhu, kemudian mengerjakan sholat, lalu memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan ampunan kepadanya.”

Selain mengamalkan hal tersebut, Beliau juga menyarankan untuk membaca surah Ali Imran ayat 135-36. Berikut bacaannya:

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ – ١٣٥اُولٰۤىِٕكَ جَزَاۤؤُهُمْ مَّغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَجَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۗ وَنِعْمَ اَجْرُ الْعٰمِلِيْنَۗ 

Artinya: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.”

Baca Juga: Ini Dia Hikmah Berprasangka Baik Kepada Allah

Tata Cara Sholat Taubat

waktu sholat taubat
(Unsplash)

Layaknya sholat sunnah pada umumnya, sholat taubat pun terdiri dari dua rakaat dengan satu salam. Namun dapat pula dikerjakan menjadi empat, enam, ataupun delapan rakaat. 

Berikut dijelaskan tata cara sholat taubat nasuha yang dapat Pins lakukan. Caranya mirip seperti sholat pada umumnya. 

  1. Membaca niat 

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Arab latin: Usholli sunnatat taubati rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala

Artinya: “Saya berniat salat sunah taubat dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.”

  1. Takbiratul ihram
  2. Membaca doa iftitah (sunah)
  3. Membaca surah Al-Fatihah.
  4. Membaca surat pilihan dari Al-Quran.
  5. Rukuk (membaca tasbih saat rukuk sebanyak tiga kali).
  6. I’tidal (membaca doa I’tidal).
  7. Sujud (membaca tasbih saat sujud sebanyak tiga kali).
  8. Duduk di antara dua sujud (membaca doa ‘rabbighfirli warhamni…’)
  9. Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali).
  10. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10.
  11. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir).
  12. Salam.
  13. Berdoa untuk memohon ampunan.

Berikut bacaan doa setelah sholat taubah yang dapat dilafalkan: 

Arab latin: Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtani Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Selain doa tersebut, Pins juga dapat memperbanyak bacaan tasbih dan beristighfar. Rasulullah SAW meyakini bahwa hal tersebut dapat membuat sholat taubatmu diterima oleh-Nya. Sebagaimana hadis yang artinya seperti berikut: 

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk surga.” – HR. Al-Bukhari

Baca Juga: Hindari Syirik Dengan Membaca Doa Tolak Bala Dan Artinya Berikut Ini!

Kapan Waktu Sholat Taubat?

(Unsplash)

Setelah mengetahui tata caranya, Pins pun perlu memahami kapan waktu sholat taubat nasuha yang dianjurkan. 

Jika melihat dari beberapa sumber, sebetulnya sholat taubat dapat dikerjakan sewaktu-waktu. Bahkan kamu pun dapat melakukannya setelah sholat wajib atau sholat sunah lainnya. 

Namun demikian, terdapat beberapa yang dilarang untuk melakukan waktu sholat taubah nasuha. Berikut di antaranya:

  1. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari
  2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggal
  3. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong
  4. Mulai dari sholat Ashar hingga matahari tenggelam
  5. Menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

Sebagai gambaran, ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa waktu sholat taubat yang dianjurkan yakni pada sepertiga malam atau selama sholat tahajud. Pasalnya, waktu tersebut merupakan salah satu waktu di mana doa akan diijabah oleh Allah SWT. 

Tak perlu bingung mencari kapan waktu tepat untuk melakukan sholat taubat. Pasalnya, selain dapat dilakukan kapan saja, Allah SWT justru menyarankan umat-Nya agar cepat-cepat bertaubat.

Jika demikian, sebaiknya kamu segera melakukan sholat taubat setelah berbuat buruk. Jadi, tidak perlu menunggu jam tertentu. Semoga ulasan ini cukup membantu, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel