Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Catat Kode Bank BNI dan Pahami Alur Membuka Tabungan

Catat Kode Bank BNI dan Pahami Alur Membuka Tabungan

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Tidak semua orang menggunakan layanan bank yang sama. Pengguna bebas memilih berbagai bank yang saat ini sudah semakin beragam. Guna menjembatani transaksi dari satu bank ke bank lainnya, dibuatlah kode-kode tertentu. Apabila kamu bukan nasabah BNI dan ingin melakukan transfer ke rekening bank tersebut, ketahui kode transfer Bank BNI berikut ini.

Pinhome – Kode-kode untuk transfer antar bank tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dibuat secara sembarangan. Masing-masing bank telah memiliki rangkaian angka tertentu yang akan langsung merujuk ke rekening tujuan sehingga proses pengiriman uang akan lebih cepat dan tepat.

Kombinasi angka yang membentuk sebuah kode tersebut tidak hanya digunakan oleh bank-bank baru. Penyedia jasa perbankan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu juga menerapkan sistem ini, salah satunya yaitu Bank BNI.

Bank BNI sendiri merupakan bank yang populer di Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1946 dan termasuk sebagai Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Bank ini telah memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh negeri.

Pins bisa membuka rekening BNI jika tidak ingin mengingat-ingat angka tertentu ketika melakukan transfer dari bank lain. Berikut ini penjelasan tentang penggunaan kode bank dan juga langkah-langkah membuka rekening Bank BNI.

Fungsi Kode Bank

(Detik)

Setiap bank memiliki kode tertentu untuk mempermudah pengguna melakukan transfer. Kode-kode tersebut merupakan sebuah identitas yang akan dikenali oleh sistem saat melakukan transaksi lintas bank.

Sebagai contoh, seseorang punya rekening A namun perlu mengirim sejumlah uang ke temannya yang hanya memiliki nomor rekening Bank C. Saat melakukan transfer, orang tersebut diharuskan untuk memasukkan kode Bank C sebelum nomor rekening tujuan.

Jika pengguna tidak menuliskan kode bank tujuan, maka sistem tidak akan mengenali nomor rekening tersebut. Akibatnya, transaksi yang dilakukan akan gagal dan pengguna tidak bisa mengirimkan uang.

Baca Juga: Penggunaan Kode Bank BRI Dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Penggunaan Kode Transfer Bank BNI

kode transfer bank bni
(CNN Indonesia)

Kode Bank BNI digunakan ketika ada seorang nasabah bank lain yang hendak mengirimkan uang ke rekening BNI. Kode untuk bank ini ada dua yaitu untuk yang umum dan syariah karena keduanya memiliki sistem yang berbeda. Kode untuk kedua bank tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Bank BNI: 009
  • Bank BNI Syariah: 427

Meskipun sama-sama milik Bank BNI, nomor rekening dan pengelolaan keduanya berbeda. Saat Pins akan transfer ke bank tersebut, pastikan dulu nomor rekening tujuannya. Jangan sampai kamu menuliskan kode Bank BNI Syariah padahal rekening tujuan merupakan milik Bank BNI.

Baca Juga: Jangan Asal Deal! Ini Cara Tepat Memilih Bank KPR

Beragam Jenis Tabungan yang Bisa Dipilih

kode transfer bank bni
(Bank Sentral)

Bank BNI memberikan kebebasan kepada calon nasabah untuk membuka tabungan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semua jenis tabungan memiliki syarat, biaya, dan fasilitas yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis tabungan yang disediakan oleh Bank BNI.

BNI Taplus

BNI Taplus merupakan jenis tabungan dari Bank BNI yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Nasabah tabungan ini bisa memilih kartu debit Silver, Gold, atau Platinum. Supaya bisa mendapatkan rekening BNI Taplus, calon nasabah harus mendaftarkan diri. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

  • Bagi WNI, memiliki kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) dan NPWP
  • Bagi WNA, memiliki Paspor yang disertai dengan KITAS/KIMS/KITAP/Referensi dan NPWP
  • Membawa surat keterangan domisili jika mendaftar di luar domisili
  • Melakukan setoran awal sejumlah Rp500.000 (untuk Jabodetabek) dan Rp250.000 (untuk luar Jabodetabek)

Pengguna tabungan diharuskan untuk memiliki saldo minimal sebesar Rp150.000. Apabila kurang dari jumlah tersebut maka akan dikenai denda sebesar Rp5.000. Selain itu, biaya administrasi per bulan yang perlu dibayarkan yaitu Rp11.000.

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Pribadi Online Dari Rumah

BNI Taplus Muda

Jenis tabungan ini dikhususkan bagi nasabah yang berusia 15 – 25 tahun. Bagi pendaftar yang berusia 15 sampai di bawah 17 tahun, belum menikah, dan belum memiliki identitas diri, syarat yang diperlukan yaitu:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening dan ditandatangani oleh orang tua/wali
  • Melampirkan copy akta kelahiran, kartu pelajar, atau paspor
  • Melampirkan copy identitas diri salah satu orang tua/wali
  • Mengisi e-statement

Sedangkan bagi calon nasabah usia 17 – 25 tahun yang sudah memiliki identitas diri atau usia 15 – 17 yang sudah menikah, persyaratan yang diperlukan yaitu:

  • Mengisi formulir buka rekening
  • Membawa identitas diri asli dan copy
  • Mengisi formulir data pemberi dana jika masih pekerjaannya yaitu mahasiswa atau ibu rumah tangga
  • Mengisi e-statement
  • Mengisi formulir layanan notifikasi SMS (jika perlu)
  • Melakukan setoran awal sebesar Rp100.000

Setelah berhasil mendaftar, pengguna akan mendapatkan fasilitas berupa e-banking, BNI CDM, BNI Cashless, serta layanan notifikasi SMS. Layanan tersebut bisa dinikmati dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp5.000 per bulan.

Selain kedua jenis tabungan tersebut, Bank BNI masih memiliki layanan lainnya seperti BNI Taplus Bisnis, BNI Tappa, BNI Tapma, BNI Haji, BNI Tapenas, BNI Taplus Anak, TabunganKu, BNI Dollar, dan lain sebagainya.

Bank BNI Layani Pembukaan Rekening Secara Online

(Media BUMN)

Bank BNI memanfaatkan keberadaan teknologi guna memudahkan calon nasabah dengan adanya layanan buka rekening secara online. Sebelum bisa mendaftar, pastikan Pins sudah menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan.

Setelah itu, barulah bisa melakukan pendaftaran dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking lewat handphone
  • Klik ‘Buka Rekening BNI’ lalu ‘Daftar’
  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan
  • Mengisi data dengan benar dan jujur sesuai dengan yang diminta
  • Menyelesaikan proses video banking untuk verifikasi data
  • Mendapatkan nomor rekening dan nomor kartu debit (ATM) virtual
  • Aktifkan BNI Mobile Banking untuk mulai transaksi

Itu tadi penjelasan tentang jenis tabungan dan tata cara pembukaan rekening via aplikasi BNI Mobile Banking. Kalau Pins belum memiliki rekening BNI dan ingin transfer ke bank ini, jangan lupa masukkan kode yang sesuai, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel