Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Kode Bank Mandiri dan Langkah-langkah Transfer Uang Via ATM

Kode Bank Mandiri dan Langkah-langkah Transfer Uang Via ATM

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini nasabah bank bisa melakukan transaksi secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor cabang. Pengguna jasa perbankan bisa melakukan penarikan tunai, menabung, bahkan saling mengirim uang. Transaksi dari satu bank ke bank lain tersebut memerlukan kode tertentu. Jika kamu ingin transfer ke Bank Mandiri dari bank lainya, maka harus memasukkan kode Bank Mandiri dahulu.

Pinhome – Adanya kode tersebut mempermudah sistem untuk mengenali bank yang dituju sehingga bisa dengan lebih cepat menemukan rekening penerima. Supaya transaksi lancar, pengguna perlu memasukkan angka-angka tertentu sebelum mengetikkan nomor rekening tujuan. Hal ini perlu dilakukan khususnya ketika melakukan transaksi melalui mesin ATM.

Baca Juga: Daftar Terlengkap Kode Bank BUMN Dan Swasta Di Indonesia

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM dibuat guna memudahkan nasabah bank untuk melakukan berbagai transaksi secara mandiri atau self service. Melalui mesin tersebut, pengguna tak perlu datang ke bank setiap kali perlu untuk melakukan transaksi. Kalau kamu belum pernah menggunakan layanan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baca penjelasannya di bawah ini!

Apa Fungsi dari Kode Bank?

(Everypixel)

Kode bank diperlukan ketika seseorang harus melakukan transaksi ke bank yang berbeda dari miliknya. Misalnya, Pins memiliki nomor rekening Bank C dan harus mentransfer uang ke nomor rekening Bank Mandiri milik seorang teman. Pins perlu menyisipkan kode transfer Bank Mandiri sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Kode bank tersebut merupakan sebuah identitas yang telah ditentukan sebelumnya sehingga tidak bisa asal dimasukkan. Terdapat kombinasi tertentu yang akan membantu sistem untuk mengenali bank tujuan.

Pengguna yang tidak memasukkan kode bank ketika melakukan transfer tidak akan bisa melakukan transaksi atau gagal. Hal ini dikarenakan sistem dari mesin ATM tidak mengetahui bank yang akan dituju serta tidak mengenali nomor rekening yang dimasukkan.

Catat Kode Bank Mandiri Ini!

(IDN Times)

Baca Juga: Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Kalau Pins perlu mengirimkan sejumlah uang ke Bank Mandiri tapi tidak memiliki rekeningnya, maka harus memasukkan kode Bank Mandiri. Kode tersebut terdiri dari tiga angka dan harus diketikkan sebelum nomor rekening tujuan.

Kode Bank Mandiri yang perlu diingat yaitu 008. Jadi, kalau Pins perlu transfer ke Bank Mandiri harus memasukkan angka tersebut. Sebagai contoh yaitu nomor rekening zakat Baznas adalah 0700001855555. Supaya transaksi bisa dilakukan, maka harus mengetikkan 0080700001855555 di mesin ATM.

Transfer Uang Lebih Mudah Lewat ATM

(Seminyak Times)

Keberadaan ATM memudahkan berbagai transaksi perbankan. Teknologi ini memungkinkan nasabah untuk bertransaksi secara mandiri tanpa harus datang dan antre di bank. Selain itu, saat ini mesin ATM sudah bisa ditemukan di berbagai tempat sehingga mudah dijangkau oleh siapa pun.

Berbeda dengan pelayanan secara konvensional di kantor cabang, mesin ATM memungkinkan nasabah untuk bertransaksi setiap hari dalam waktu 24 jam. Selama mesin tidak dalam masa perbaikan atau pengisian uang oleh petugas, pengguna bisa memakai ATM tanpa batas waktu.

Keterjangkauan ATM ini tentunya merupakan merupakan sebuah keuntungan yang ditawarkan bank kepada nasabahnya. Kenyamanan tersebut akan lebih terasa ketika seseorang perlu melakukan transaksi mendesak.

Misalnya, seorang mahasiswa yang harus membayar tagihan air di hari terakhir pembayaran. Ia bisa lebih cepat melakukan transaksi tanpa perlu datang ke kantor bank.

Contoh tersebut menunjukkan manfaat dari penggunaan mesin ATM ketika ingin mentransfer uang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi antar bank seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Fungsi Lain Serta Jenis-jenis Mesin ATM

(Cermati)

Mesin ATM tidak hanya digunakan untuk mengirim uang atau transfer. Ada banyak layanan terkait keuangan yang bisa diakses lewat mesin ini. Mulai dari contoh mudah yang sering digunakan oleh nasabahnya seperti cek saldo, penarikan tunai, atau melakukan setoran. Melalui mesin ATM, kini nasabah bisa melakukan berbagai transaksi lainnya seperti pembayaran tagihan, top up akun virtual, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, mesin ATM pun kini sudah beragam dengan fitur yang berbeda-beda pula. Ada 3 jenis mesin yang bisa digunakan oleh nasabahnya yaitu:

  • ATM Tarik Tunai
  • ATM Setor Tarik Tunai
  • ATM Non Tunai

Jika kamu perlu melakukan penarikan sejumlah uang, maka bisa memilih untuk menggunakan ATM Tarik Tunai atau ATM Setor Tarik Tunai. Kemudian, apabila Pins ingin memasukkan uang ke nomor rekening tanpa perlu ke teller bank, bisa menggunakan layanan ATM Setor Tarik Tunai. Sedangkan ATM Non Tunai digunakan khusus bagi nasabah yang melakukan transaksi tanpa perlu uang fisik.

Tips Aman Saat Transaksi di ATM

(Simulasi Kredit)

Berbeda dengan keamanan di kantor bank yang memiliki sejumlah satpam, tidak semua mesin ATM ada penjaganya. Hal ini seringkali membuat nasabah khawatir saat melakukan transaksi. Supaya Pins tetap aman dan nyaman, ikuti tips-tips menggunakan ATM di bawah ini.

Langkah yang pertama yaitu dengan memperhatikan keadaan mesin dan lingkungan sekitar. Pastikan ATM yang kamu pakai sistem keamanan seperti CCTV-nya berfungsi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan cermin cembung yang ada di atas layar ATM untuk mengetahui kondisi di sekitar saat melakukan transaksi.

Tips selanjutnya yaitu melindungi PIN dan kartu debit yang dipakai. Saat mengetikkan nomor PIN, pastikan tidak ada yang melihat kombinasi angka milikmu. Kemudian, jangan lupa untuk langsung mengambil kartu milik Pins setelah selesai transaksi. Jangan sampai ada orang yang mengambil kartu debit tersebut dan mengetahui informasi pentingnya seperti expired date dan Kode CVV.

Apabila Pins menemukan hal mencurigakan ketika menggunakan mesin ATM, jangan ragu-ragu untuk langsung melaporkannya ke pihak bank yang bersangkutan. Laporan ini juga bisa dilakukan ketika mesin ATM mengalami error.

Nah, Pins sudah paham, kan, tentang pentingnya kode bank serta berbagai keuntungan transaksi di mesin ATM. Semoga tips di atas juga bermanfaat bagi kamu ketika menggunakan ATM.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel