Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Kegunaan Wajan, Frying Pan serta Aneka Jenis Wadah Memasak Lainnya

Lifestyle

Ini Dia Kegunaan Wajan, Frying Pan serta Aneka Jenis Wadah Memasak Lainnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 9 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Wajan, penggorengan, frying pan sebenarnya memiliki arti yang sama sebagai wadah untuk tempat memasak. Wadah tersebut menghantarkan panas api dari kompor untuk membuat masakan matang dengan sempurna. Dikarenakan kegunaan wajan yang penting dalam proses memasak, kini fungsi wajan beragam sesuai dengan model yang dipilih.

Pinhome – Dahulu hanya ada beberapa jenis wajan yang dibedakan dari besar dan kecil, kini kegunaan wajan semakin beragam dengan fungsinya yang berbeda. Untuk membuat Pins semakin mengerti akan alat-alat dapur berupa wajan satu ini. Di bawah ini Pinhome sajikan lengkap mengenai aneka jenis wadah memasak beserta material, model dan kegunaannya. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana untuk Dapur Sempit

Kegunaan Wajan Double Pan

(Pinterest)

Sumber utama energi memasak dalam wajan adalah api. Panas api akan membuat masakan rata sempurna. Namun dalam beberapa kasus, penggunaan wajan dalam memasak tidak bisa menghasilkan hasil masakan yang mata secara merata. Double pan dibuat dengan ruang kedap udara yang dapat membuat masakan cepat matang. Jenis wajan satu ini juga mudah digunakan. Kamu hanya perlu membolak-balik masakan agar matang sempurna.

Frying Pan

(Argos)

Frying pan adalah jenis wajan yang mempunyai ciri khas datar pada bagian bawah dan melengkung pada sisi-sisinya. Wajan satu ini membuat masakan cepat matang apalagi dengan minyak dalam takaran yang banyak. Frying pan artinya wadah tempat memasak yang cocok untuk membalikkan makanan maupun merebus dan menggoreng makanan dengan menggunakan cairan. Wajan ini praktis dan banyak dimiliki oleh para pemula dalam memasak.

Saute Pan

(Ubuy)

Bila dilihat sekilas bentuk dari wajan satu ini menyerupai frying pan. Mimiliki sisi melengkung dengan bagian bawah datar. Frying pan artinya penggorengan yang biasa digunakan khususnya untuk menggoreng makanan dengan minyak berlebih sedangkan saute pan tidak dapat menampung minyak berlebih. Dilengapi dengan gagang untuk mempermudah, saute pan biasa digunakan untuk menumis makanan atau mengaduk makanan tanpa khawatir tumpah.

Kegunaan Wajan Jenis Wok

kegunaan wajan
(Shopee)

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan wajan memang beragam. Mulai dari stainless steel, keramik, dan teflon. Semua bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Wok yang merupakan salah satu  wajan terbaik dapat berfungsi memasak makanan dalam jumlah yang cukup besar. Wok wajan adalah wajan dengan ciri khas memiliki badan cekung dan juga dapat menampung cairan dalam jumlah yang tidak sedikit. Kamu dapat melihat contohnya pada beberapa resto makanan chinese yang sering menggunakan untuk menumis ragam makanan.

Grill Pan

kegunaan wajan
(Pampered Chef)

Grill pan wajan adalah jenis wajan dengan tampilan permukaan datar dengan sisi lengkung yang minim. Bisa dikatakan wajan satu ini datar dengan bagian bawah bertekstur garis dan bentuk segiempat. Fungsi wajan satu ini adalah untuk memanggang lauk dan menghasilkan tampilan menarik yang berasal dari garis pada bagian bawahnya. Kamu bisa memanggang daging steak, ayam maupun menumis makanan lainnya dengan minyak sedikit.

Braising Pan

(Emga)

Jika Pins ingin membuat masakan yang membutuhkan cara ungkep di dalamnya braising pan jawabannya. Fungsi wajan satu ini cukup menarik, yaitu membuat masakan matang dengan cara ditutup dengan penutup yang tersedia atau juga bisa dikatakan slow cook. Panci satu ini juga menarik untuk langsung dihidangkan di meja makan. Cocok untuk memasak semur maupun rendang.

Baca Juga: Nama Makanan Khas Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Stock Pot

kegunaan wajan
(Ubuy)

Selanjutnya ada jenis wadah stock pot. Fungsi wajan satu ini sebenarnya adalah untuk merebus makanan dengan bentuk mirip dengan panci. Stock pot berguna untuk memasak makanan dengan banyakk kuah di dalamnya. Pins bisa membuat sup, tom yam hingga mie rebus. Namun tidak hanya merebus, Pins bisa menggoreng ayam besar dalam panci ini hingga seutuhnya terendam.

Kegunaan Wajan Sauce Pan

(Kirin)

Persis seperti namanya, wajan bernama souce pan memiliki fungsi membuat saus untuk segala macam masakan. Dengan ciri khas menggunakan gagang dan tutup, wajan ini dapat membuat segala macam saus matang sempurna. Frying pan artinya tempat menggoreng sedangkan souce pan khusus untuk membuat saus. Souce pan biasanya tidak berukuran besar, kurang lebih berdiameter 14-18 cm saja.

Wajan Besi Cor

kegunaan wajan
(Shutter Stock)

Wajan besi cor selanjutnya, bentuknya sebenarnya mirip dengan frying pan. Namun yang membuat berbeda adalah materialnya. Wajan besi cor merupakan wajan yang terbuat dari besi dengan berat yang tidak main-main. Kamu akan merasa pegal saat menggunakannya. Untuk wajan satu ini sebaiknya tidak digunakan dalam sehari-hari. Walaupun begitu wajan satu ini menjadi wajan terbaik dalam menghantarkan panas, hal tersebut membuat masakan cepat matang. Selain itu, perhatikan pula perawatannya ya, agar makanan tidak mudah menempel dan merusak wajan.

Roasting Pan

kegunaan wajan
(Wayfair)

Terakhir adalah wajan dengan jenis roasting pan. Frying pan artinya adalah tempat menggoreng masakan sedangan roasting pan untuk memanggang. Wajan satu ini tidak bersentuan langsung dengan kompor melainkan dimasukan ke dalam oven. Ciri khas wajannya adalah berbentu kotak dengan bagian jaring di atasnya. Jaring tersebut berguna untuk memisahkan minyak yang menempel pada makanan.

Bagaimana Pins, cukup informatif bukan? Jangan anggap remeh semua jenis wajan di atas. Fungsinya berbeda satu dengan lainnya. Dengan memanfaatkan wajan sesuai fungsinya, Pins akan menghasilkan masakan lebih sempurna. Selamat mencoba memasak dengan aneka wajan di atas ya!

Baca Juga: Resep Masakan Rumahan Sederhana dan Mudah Dimasak


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel