12 Nama Kecamatan di Sukoharjo Lengkap Dengan Kode Pos

Dipublikasikan oleh voni ∙ 16 May 2023 ∙ 4 menit membaca

Sukoharjo merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, jaraknya kurang lebih 10 km ke arah selatan dari Kota Solo.  Kabupaten Sukoharjo berbatasan langsung dengan kabupaten-kabupaten di sekitarnya, yaitu: sebelah utara berbatasan dengan Kota Surakarta, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunungkidul, dan di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Wilayahnya juga terbagi atas 12 Kecamatan di Sukoharjo yang cukup terkenal.

Slogan Kabupaten Sukoharjo adalah Sukoharjo Makmur. Makmur adalah kepanjangan dari Maju Aman Konstitusional Mantap Unggul Rapi. Selain memiliki banyak industri, Sukoharjo juga merupakan daerah pertanian, kerajinan, dan produksi jamu. Kabupaten Sukoharjo memiliki beberapa julukan, antara lain: Kota Makmur, Kota Tekstil, Kota Gamelan, The House of Souvenir, Kabupaten Jamu, Kabupaten Pramuka, serta Kabupaten Batik, dan yang paling keren adalah Kota Gadis, namun gadis yang dimaksud adalah singkatan dari: perdagangan, pendidikan, industri, dan bisnis.

Jika Pins sedang mencari lokasi wisata di daerah Solo dan sekitarnya, kamu bisa berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo. Di sana terdapat area wisata di daerah Kecamatan Baki yang cukup terknal yaitu Kolam Renang Kora-Kora Sukoharjo. Yuk, simak kecamatan apa saja yang ada di Kabupaten Sukoharjo selengkapnya!

Peta lokasi Kecamatan Sukoharjo

Peta Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo
(Pertanian.go.id)

Pins tentunya bisa melihat berbagai nama kecamatan secara jelas yang ada di Sukoharjo. Berdasarkan peta Kecamatan di Sukoharjo tersebut, kamu bisa menemukan berbagai wilayah dengan ciri khasnya masing-masing. Sedangkan untuk letak tempat wisata kolam renang yang cukup terkenal yaitu Kora-Kora berada pada wilayah Kecamatan Baki. Lokasinya juga cukup dekat jika ditempuh dari arah Kota Solo atau Surakarta.

Hal ini juga menjadi alasan, bahwa Kota Sukoharjo sering menjadi opsi wisata bagi wisatawan lokal untuk berkunjung sambilan berlibur ke daerah tetangganya seperti Kota Solo. Jaraknya yang dekat juga memudahkan akses wisatawan untuk sampai di Kabupaten tersebut.

Baca juga: 17 Rekomendasi Museum di Solo yang Wajib Dikunjungi

Nama Kecamatan di Sukoharjo

Pins ingin berkunjung ke daerah Sukoharjo sambil bermain di daerah Jawa Tengah? Berikut daftar 12 Nama Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah lengkap dengan kode pos masing-masing kecamatan:

  1. Kecamatan Baki (Kodepos : 57556)
  2. Kecamatan Bendosari (Kodepos : 57528)
  3. Kecamatan Bulu (Kodepos : 57563)
  4. Kecamatan Gatak (Kodepos : 57557)
  5. Kecamatan Grogol (Kodepos : 57552)
  6. Kecamatan Kartasura (Kodepos : 57169)
  7. Kecamatan Mojolaban (Kodepos : 57554)
  8. Kecamatan Nguter (Kodepos : 57571)
  9. Kecamatan Polokarto (Kodepos : 57555)
  10. Kecamatan Sukoharjo (Kodepos : 57551)
  11. Kecamatan Tawangsari (Kodepos : 57561)
  12. Kecamatan Weru (Kodepos : 57562)

Kolam Renang Kora-Kora Wisata Air Terkenal di Kecamatan Baki

(Atourin)

Pins ingin berwisata ke daerah Kabupaten Sukoharjo? Setelah mengetahui nama Kecamatan di Sukoharjo, tentu kamu membutuhkan referensi area wisata yang cukup terkenal di sana. Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal adalah Kolam Renang Kora-Kora. Tempat wisata air ini juga sering menjadi referensi liburan bagi siapapun yang berkunjung ke Kota Solo sambil mampir ke Sukoharjo. Kolam renang ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dengan wahana air yang seru untuk dicoba.

Lokasi tepatnya berada di Jl. Bunga Raya, Dusun 1, Purbayan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk rutenya, jika Pins memilih berkunjung dari arah Solo, kamu bisa mengambil arah utara ke Kartasura, dari situ dilanjutkan ke Jl. Slamet Riyadi. Setelah sampai di underpass, kamu bisa mengambil arah ke kiri menuju Gawok. Dari arah Gawok, kamu hanya perlu masuk ke perumahan Griya Tiara Ardi Purbayan, lokasi kolam renangnya berada di situ.

Itulah beberapa nama Kecamatan di Sukoharjo yang bisa Pins jadikan sebagai ilmu pengetahuan serta referensi untuk berwisata ke sana. Kamu juga bisa mengunjungi wisata air Kolam Renang Kora-Kora di Kecamatan Baki sebagai referensi wisata.

Baca juga: 6 Taman di Solo yang Asyik untuk Hang Out

Featured image source: Radar Solo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.