BlogPemilik PropertiFinansialAda Tanda-tanda Berikut Ini, Cari Cara Mengajukan Refinancing
0
0

Ada Tanda-tanda Berikut Ini, Cari Cara Mengajukan Refinancing

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Apr 5, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
calculator, calculation, insurancetop-right-banner

Apakah Pins sudah familiar dengan istilah refinancing? Metode pembiayaan ini dapat membantumu mengurangi beban pinjaman dengan membuat pinjaman baru. Walaupun terkesan gali lubang tutup lubang, tapi ternyata ada tanda-tanda tertentu yang mengisyaratkan bahwa mengajukan refinancing adalah solusi terbaik yang harus Pins ambil. Apa saja langkah-langkah dan cara mengajukan refinancing ya?

Pinhome — Refinancing? Mungkin beberapa dari Pins belum familiar dengan istilah tersebut. Refinancing sebenarnya adalah metode pembiayaan yang bertujuan untuk melunasi pinjaman Pins yang sedang berjalan dengan membuat pinjaman baru. Sebenarnya fasilitas ini punya banyak manfaat, mulai dari Pins terhindar dari beban pinjaman yang membengkak, hingga mengubah jenis pinjaman yang Pins miliki sehingga biaya yang Pins keluarkan berkurang.

Source : Pixabay

Ah, sepertinya saya belum butuh refinancing. Memang, metode ini tidak selalu dibutuhkan. Namun bagi beberapa orang, mengajukan refinancing adalah solusi paling pas. Terutama jika mereka telah mengalami beberapa “gejala” berikut ini:

Baca Juga: Harga Rumah Subsidi Dan Cara Pendaftarannya

Pins hanya bisa membayar cicilan minimum kartu kredit selama setahun terakhir

Kartu kredit ini sebenarnya bisa menjadi alat bantu keuangan yang paling efektif, Pins. Tapi jika karena satu dan lain hal Pins hanya bisa membayar cicilan minimum kartu kredit, maka sudah saatnya Pins mengevaluasi pengeluaran tersebut. Idealnya, Pins harus bisa membayar sesuai dengan jumlah tagihan kartu kredit. Membayar cicilan minimum saja malah akan membuat pinjaman Pins tak kunjung selesai dan malah semakin tekor dengan membayar bunga yang nilainya cenderung terus naik secara periodik.

Baca Juga: Macam Desain Kamar Tidur Mewah Untuk Anak Remaja

Bentuk peringatan tagihan sudah mulai mengganggu semua jalur komunikasi

Apakah sekarang Pins memiliki pinjaman yang sedang berjalan? Apakah Pins sudah mulai “diteror” oleh debt collector melalui telepon, SMS, email, dan bahkan datang langsung ke rumah atau kantor? Jika ini yang terjadi, maka cobalah mengajukan refinancing!

Cara mengajukan refinancing
Source : Unsplash

Dalam regulasinya, seseorang yang memberikan pinjaman belum tentu langsung mengirim debt collector untuk menagih hutang, Pins. Jika sampai peringatan tagihan pinjaman sudah dalam tahap mengganggu, berarti ada satu (atau lebih) pinjaman yang belum dilunasi. Daripada terus-terusan tertekan, mending Pins mengajukan refinancing untuk melunasi pinjaman-pinjaman tersebut.

Baca Juga: Manfaat Refinancing

Total pinjaman atau tagihan kartu kredit melebihi 5 bulan pendapatan

Bagian ini sudah masuk ke dalam “gawat darurat” dalam hal pinjam-meminjam uang. Pasalnya, jika sampai jumlah tagihan Pins sudah membengkak seperti ini, Pins hampir tidak mungkin untuk melunasi pinjaman tersebut dalam waktu dekat.

Selain itu, jumlah pinjaman sebanyak ini tentu tidak sehat secara cash flow. Dengan jumlah tagihan sebanyak itu, Pins tidak punya ruang gerak untuk meningkatkan kesejahteraan Pins sendiri. Refinancing dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Perlu diingat, Pins, refinancing bukanlah sebuah “jalur cepat” untuk keluar dari pinjaman. Justru pengajuan refinancing harus dihitung dengan lebih seksama agar kondisi keuangan Pins dapat menjadi lebih baik. Selain itu, refinancing juga bukan semata-mata untuk pelunasan hutang! Ada beberapa manfaat refinancing yang dapat dimanfaatkan untuk menambah uang renovasi, penggantian jenis pinjaman, dan sebagainya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download