Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Ada Tanda-tanda Berikut Ini, Cari Cara Mengajukan Refinancing

Finansial

Ada Tanda-tanda Berikut Ini, Cari Cara Mengajukan Refinancing

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 21 October 2020 ∙ 3 menit membaca

Apakah Pins sudah familiar dengan istilah refinancing? Metode pembiayaan ini dapat membantumu mengurangi beban pinjaman dengan membuat pinjaman baru. Walaupun terkesan gali lubang tutup lubang, tapi ternyata ada tanda-tanda tertentu yang mengisyaratkan bahwa mengajukan refinancing adalah solusi terbaik yang harus Pins ambil. Apa saja langkah-langkah dan cara mengajukan refinancing ya?

Pinhome — Refinancing? Mungkin beberapa dari Pins belum familiar dengan istilah tersebut. Refinancing sebenarnya adalah metode pembiayaan yang bertujuan untuk melunasi pinjaman Pins yang sedang berjalan dengan membuat pinjaman baru. Sebenarnya fasilitas ini punya banyak manfaat, mulai dari Pins terhindar dari beban pinjaman yang membengkak, hingga mengubah jenis pinjaman yang Pins miliki sehingga biaya yang Pins keluarkan berkurang.

Baca juga: Mengapa Memilih Mengajukan Refinancing dan Apa Manfaat Refinancing?

Ah, sepertinya saya belum butuh refinancing. Memang, metode ini tidak selalu dibutuhkan. Namun bagi beberapa orang, mengajukan refinancing adalah solusi paling pas. Terutama jika mereka telah mengalami beberapa “gejala” berikut ini:

Baca Juga: Harga Rumah Subsidi Dan Cara Pendaftarannya

Pins hanya bisa membayar cicilan minimum kartu kredit selama setahun terakhir

Kartu kredit ini sebenarnya bisa menjadi alat bantu keuangan yang paling efektif, Pins. Tapi jika karena satu dan lain hal Pins hanya bisa membayar cicilan minimum kartu kredit, maka sudah saatnya Pins mengevaluasi pengeluaran tersebut. Idealnya, Pins harus bisa membayar sesuai dengan jumlah tagihan kartu kredit. Membayar cicilan minimum saja malah akan membuat pinjaman Pins tak kunjung selesai dan malah semakin tekor dengan membayar bunga yang nilainya cenderung terus naik secara periodik.

Bentuk peringatan tagihan sudah mulai mengganggu semua jalur komunikasi

Apakah sekarang Pins memiliki pinjaman yang sedang berjalan? Apakah Pins sudah mulai “diteror” oleh debt collector melalui telepon, SMS, email, dan bahkan datang langsung ke rumah atau kantor? Jika ini yang terjadi, maka cobalah mengajukan refinancing!

Cara mengajukan refinancing

Dalam regulasinya, seseorang yang memberikan pinjaman belum tentu langsung mengirim debt collector untuk menagih hutang, Pins. Jika sampai peringatan tagihan pinjaman sudah dalam tahap mengganggu, berarti ada satu (atau lebih) pinjaman yang belum dilunasi. Daripada terus-terusan tertekan, mending Pins mengajukan refinancing untuk melunasi pinjaman-pinjaman tersebut.

Total pinjaman atau tagihan kartu kredit melebihi 5 bulan pendapatan

Bagian ini sudah masuk ke dalam “gawat darurat” dalam hal pinjam-meminjam uang. Pasalnya, jika sampai jumlah tagihan Pins sudah membengkak seperti ini, Pins hampir tidak mungkin untuk melunasi pinjaman tersebut dalam waktu dekat.

Cara mengajukan refinancing

Selain itu, jumlah pinjaman sebanyak ini tentu tidak sehat secara cash flow. Dengan jumlah tagihan sebanyak itu, Pins tidak punya ruang gerak untuk meningkatkan kesejahteraan Pins sendiri. Refinancing dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Perlu diingat, Pins, refinancing bukanlah sebuah “jalur cepat” untuk keluar dari pinjaman. Justru pengajuan refinancing harus dihitung dengan lebih seksama agar kondisi keuangan Pins dapat menjadi lebih baik. Selain itu, refinancing juga bukan semata-mata untuk pelunasan hutang! Ada beberapa manfaat refinancing yang dapat dimanfaatkan untuk menambah uang renovasi, penggantian jenis pinjaman, dan sebagainya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel