BlogPemilik PropertiApakah Ada Jenis Bangunan yang Tidak Perlu IMB? Ini Dia Jawabannya!
0
0

Apakah Ada Jenis Bangunan yang Tidak Perlu IMB? Ini Dia Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 1, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
jenis bangunan yang tidak perlu imbtop-right-banner

Pins, apakah kamu sedang mencari informasi mengenai IMB? Lalu apa ya IMB itu? Apakah ada jenis bangunan yang tidak perlu IMB? 

Pada dasarnya IMB itu adalah Izin Mendirikan Bangunan namun saat ini sudah diganti namanya menjadi PBG atau Persetujuan Bangunan Gedung yang diatur pada Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2021.

Sebelum membahas soal IMB, kamu bisa cek estimasi harga rumah dan cek cara titip jual sewa rumah di Pinhome. Kamu juga bisa mencari tahu informasi rumah baru di Bogor, rumah baru di Jakarta Timur, Paradise Serpong City, dan Avoria Estate

Setiap bangunan yang akan didirikan tentunya memerlukan izin. Izin ini nantinya akan berdampak secara jangka panjang. Apabila sebuah bangunan tidak mempunyai izin berdiri maka bangunan itu dianggap liar dan menyalahi aturan. 

Apa Itu IMB?

Jenis Bangunan yang Tidak Perlu IMB
Source : Pinhome

IMB atau Izin Mendirikan Bangunan adalah dokumen atau tanda approval bagi sebuah badan atau orang untuk mendirikan bangunan. Dokumen ini wajib dimiliki oleh setiap pemilik hunian agar ketika ada pemeriksaan aset, pemilik hunian bisa menunjukkan kewenangannya dalam membangun bangunan atau properti. 

Selain mendirikan bangunan, IMB ini juga digunakan sebagai izin dalam merenovasi, memperbaiki atau mengubah bangunan. Jadi ketika seorang individu atau sebuah badan ingin mengubah, membangun atau merenovasi bangunan IMB ini wajib dimiliki ya Pins.

Namun, ternyata IMB ini masih bisa diurus meskipun bangunan sudah jadi Pins. Lalu, apa saja ya jenis bangunan yang tidak perlu IMB? Mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini Pins! 

Baca juga: Surat Izin Usaha, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mengurus IMB

jenis bangunan yang tidak perlu imb
Source : Pinhome

Ketika akan membangun bangunan atau mengurus IMB, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi Pins. Berikut ini hal wajib yang harus kamu penuhi ketika mengurus dokumen IMB. Yuk kita cari tahu bersama,

  • Pertama ada Surat Permohonan lalu disertai dengan pernyataan kebenaran, keabsahan dokumen dan menggunakan materai senilai Rp10.000.
  • Kemudian memberikan identitas pemohon atau penanggung jawab yang akan mendirikan bangunan. Identitas tersebut bisa diwakili dengan KTP, NPWP, serta jika badan usaha perlu melampirkan NIB.
  • Selanjutnya perlu membuat surat kuasa permohonan IMB.
  • Lalu bukti kepemilikan tanah dari pihak pemilik properti tersebut. 
  • Kemudian bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahunan yang dibayar terakhir. 
  • Foto lokasi bangunan (jika sudah ada) diambil dari sudut kiri, kanan, maupun depan.

Selanjutnya ada beberapa dokumen tambahan yang diperlukan ketika akan mengurus IMB, di antaranya adalah,

  • Izin Rencana Kota (IRK), yakni Peta BPN (maksimal 200 m2), dengan hasil ukur SKB (minimal 200 m2).
  • Lembar pengesahan Gambar Perencanaan Arsitektur (GPA) yang disetujui oleh arsitek untuk rumah tinggal. Kemudian, untuk non rumah tinggal/rumah tinggal dengan basement atau lift disetujui oleh ahli dengan Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB). Persetujuannya untuk GPA 2D (format DWG) dan GPA 3D (format kmz/SketchUp).

Baca juga: 5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Lengkap!

Jenis Bangunan yang Tidak Perlu IMB

jenis bangunan yang tidak perlu imb
Source : Pinhome

Berikut ini ada beberapa jenis bangunan yang tidak memerlukan IMB. Mari kita simak selengkapnya! 

1. Rumah Sederhana

Jenis bangunan yang tidak perlu IMB pertama adalah rumah sederhana. Rumah sederhana dengan ukuran kurang dari 60 meter persegi yang hanya mempunyai satu lantai. Untuk jenis rumah ini tidak perlu IMB dalam pembangunannya. 

2. Rumah Komersial Kecil

Kamu berencana membangun kios atau warung kecil di lahan halaman kamu Pins? Maka kamu tidak perlu IMB Pins. Bangunan komersial atau kios warung kecil yang kurang dari 150 meter persegi dan berlantai satu tidak perlu menggunakan IMB. 

3. Bangunan Budaya dan Adat

Selanjutnya untuk bangunan budaya dan adat juga tidak memerlukan IMB. Misalnya saja rumah adat atau bangunan adat lain tidak perlu IMB. Namun untuk renovasi dan pemugarannya tetap harus sesuai dengan ketentuan adat dan budaya berlaku serta tetap perlu informasi ke pemerintah setempat ya Pins.

4. Fasilitas Umum

Fasilitas umum seperti toilet umum, stasiun MRT, dan sebagainya tidak perlu memiliki IMB. Lantaran ini adalah fasilitas umum yang dinikmati oleh semua orang, jadinya bangunan fasilitas umum ini tidak memerlukan IMB.

5. Bangunan Sementara

Bangunan sementara seperti rumah untuk kuli bangunan yang sedang membangun rumah, atau panggung pertunjukan dan sebagainya tidak memerlukan bangunan sementara. Namun, tetap harus memberikan informasi dan pemberitahuan ke pihak yang berwenang di area sekitar.

6. Renovasi Kecil

Renovasi kecil pada sebuah rumah individu juga tidak memerlukan IMB. Misalnya mengganti pagar rumah, mengganti genteng rumah, mengecat rumah dan sebagainya. 

7. Rumah Kebun

Rumah kebun atau area taman tentu adalah salah satu jenis bangunan yang tidak perlu IMB. Hal ini lantaran rumah kebun tersebut masih masuk ke ranah renovasi kecil dan tidak terlalu mengganggu kenyamanan publik sehingga tidak perlu IMB. 

8. Jalan Layang dan Terowongan

Jalan Layang dan Terowongan merupakan fasilitas umum yang dinikmati masyarakat. Oleh karena itu dua bangunan ini tidak memerlukan IMB dan termasuk ke dalam jenis bangunan yang tidak perlu IMB. 

Namun perlu diingat bahwa persyaratan untuk tidak perlu mendapatkan PBG dapat berbeda-beda di setiap daerah, sehingga sebaiknya selalu memastikan terlebih dahulu kepada instansi terkait apakah suatu bangunan memerlukan PBG atau tidak.

9. Bangunan Prefabrikasi Modular

Bangunan konstruksi ini memakai metode bongkar pasang dengan dinding berbasis panel. Contohnya adalah proyek pertambangan sebagai fasilitas akomodasi dan operasional.

Proses untuk membangunnya cepat dan modelnya fleksibel. Bangunan prefabrikasi modular menciptakan efisiensi budget dan waktu.

10. Semi Permanen Baja Ringan

Bangunan ini sering dipakai sebagai konstruksi atap bangunan karena bobotnya yang ringan. Selain itu bersifat tahan terhadap korosi dan tak mudah terhempas oleh angin. Apalagi pemasangannya yang cepat sehingga pendirian bangunan tak membutuhkan waktu lama.

11. Kontainer Modifikasi Portacamp

Terakhir, ada bangunan kontainer yang mempertahankan material bajanya sebagai dinding rumah. Bagian dalamnya dialihfungsikan sebagai hunian, kantor bahkan gudang.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi panduan kamu ya Pins dalam mengetahui soal IMB. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya! 

Itu saja informasi mengenai jenis bangunan yang tidak perlu IMB. Semoga bermanfaat ya Pins! 

Baca juga: 56 Bangunan Dengan Arsitektur Yang Unik Dan Mengagumkan di Dunia

    Sumber Featured Image: Pinhome


    Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

    Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

    Copied to clipboard
    bottom-sidebar-banner

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © www.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download