BlogLifestyleDaftar Harga Besi Tua per Kilogram Terbaru 
0
0

Daftar Harga Besi Tua per Kilogram Terbaru 

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 25, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Daftar Harga Besi Tua per Kilogram Terbaru top-right-banner

Apakah kamu sedang mencari harga besi tua per kilogram terbaru untuk menjadi rekomendasi dalam merenovasi rumah? Berikut ini kita bahas yuk daftar harga besi tua per kilogram terbaru. Besi tua masih bisa digunakan untuk bahan furnitur atau karya seni. 

Namun, sebelumnya, kamu bisa cek estimasi harga rumah. Selain itu kamu juga bisa cek cara pengajuan KPR. Semua informasi tersebut tersedia di website Pinhome ya Pins! 

Apabila kamu sedang cari rumah di Bogor, mencari rumah di Jakarta Timur, rumah di Paradise Serpong City dan Bali Resort Tangerang bisa juga cari di Pinhome.

Apa itu Besi Tua?

Harga Besi Tua
Source : DAYA ID

Besi tua atau besi rongsok juga disebut besi scrap, yang biasanya berasal dari besi tua dari potongan-potongan yang tadinya adalah besi utuh. Besi tua ini mempunyai beberapa golongan yang terbagi menjadi sebagai berikut,

Besi Kelas A

Harga Besi Tua
Source : Radar Banjarmasin

Besi kelas A umumnya besi-besi yang memiliki ukuran 6 mm dan berasal dari sisa-sisa fabrikasi, rantai kapal, roda kereta api dan sebagainya. Besi-besi ini masuk ke golongan kelas A karena besi tersebut termasuk tebal dan berat karena dibuat untuk kegunaan yang sangat krusial. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Model Pagar Besi Minimalis Beserta Proses Pembuatannya

Besi Kelas B

Harga Besi Tua
Source : Kompas Otomotif

Besi kelas B mempunyai ukuran yang lebih tipis yaitu 3-5 mm dan contohnya adalah sisa pemotongan velg mobil, plat tipis dan sebagainya. Besi kelas B ini tergolong yang juga sering digunakan untuk didaur ulang kemudian digunakan kembali sebagai bahan baku dalam pembuatan barang pakai atau karya seni. Bisa digunakan untuk membuat pagar besi, gagang pintu, teralis dan semacamnya. 

Besi Kelas C

Harga Besi Tua
Source : Bukalapak

Untuk besi kelas C mempunyai ketebalan 2-3 mm misalnya saja seng, paku, drum minyak dan sejenisnya Pins. Untuk besi kelas C biasanya akan digunakan kembali untuk produk yang lebih ringan seperti kunci, gembok dan lain sebagainya. 

Besi Kelas D

Harga Besi Tua
Source : Grid ID

Sementara untuk kelas D adalah yang paling tipis, yaitu besi tua yang mempunyai ketebalan antara 1-2 mm. 

Baca juga: 12 Model Handle Pintu Untuk Rumah Idaman

Daftar Harga Besi Tua

Kamu sedang mencari harga besi tua? Harga besi tua memang sangat bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari asal besi, usia besi, dan juga kondisi besi. Besi dengan karat atau yang sudah mengalami korosi terlalu banyak biasanya akan mempunyai harga yang lebih renda. Besi korosif paling parah ya tidak laku untuk dijual kembali atau diolah ulang Pins. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai daftar harga besi tua yang bisa kamu jadikan referensi. Cek selengkapnya di sini! 

Jenis Besi TuaHarga Per Kg
Besi Super 1Rp. 5.050 – 6.000
Besi Super 2Rp. 4.700 – 6.000
Ex Pabrik 1Rp. 5.400
Ex Pabrik 2Rp. 5.200
Kaleng PressRp. 3.000
KalengRp. 3.900 – 5.000
Besi KapalRp. 4.800 – 5.300
Kelas ARp. 5.300
Kelas BRp. 5.150 – 5.200
Kelas CRp. 4.700 – 5.100
Kelas DRp. 3.200 – 3.900
Kelas ERp. 1.150 – 1.900
PolonganRp. 5.400
Besi BehelRp. 4.900 – 5.200
Potongan BaruRp. 5.600 – 6.600
PremiumRp. 5.300 – 5.600
CampurRp. 4.700 – 5.500
Rosok/B2Rp. 4.000 – 5.500

Jika dilihat dari penjabaran harga besi tua di atas, tentunya golongan besi potongan baru mempunyai harga yang paling mahal. Harga besi tua pun juga paling mahal yaitu antara 5.600-6.600. Untuk besi premium harganya 5.300-5.600. 

Besi-besi dari pabrik juga mempunyai harga yang cukup tinggi yaitu antara 5.200 sampai 5.400. Pasalnya bahan baku di pabrik atau mesin-mesin bekas tersebut awalnya mempunyai kualitas yang tinggi. 

Peralatan besi di pabrik tentu dibuat agar awet tahan lama. Mesin tersebut tentu dibuat menggunakan besi berkualitas tinggi. Oleh karena itu biasanya besi-besi yang berasal dari sisa atau bekas mesin pabrik masih berkualitas baik ketika akan diolah kembali. 

Lalu ada juga besi-besi bekas yang mempunyai harga di tengah-tengah. Umumnya besi-besi dengan harga di angka 4.000. Sementara untuk besi-besi bekas makanan seperti kaleng atau bekas otomotif seperti plat mobil mempunyai harga yang lebih murah.

Umumnya besi-besi tua bekas tersebut bisa digunakan kembali. Prosesnya akan melalui pengumpulan besi hingga banyak. Kemudian dipanaskan lalu dileburkan hingga menyatu kemudian dibentuk sesuai dengan keinginan. 

Pembentukan besi menjadi sesuatu atau sebuah barang yang baru dilakukan ketika titik panas di besi mencapai sangat panas, pasalnya di sini besi tidak terlalu solid sehingga dapat dibuat dalam bentuk apapun. 

Penggunaan besi bekas tersebut biasanya dibentuk lagi untuk hal-hal lain misalnya membuat gagang pintu, tiang besi, dan lain-lain. Namun proses pengolahan atau daur ulang besi itu merupakan industri yang mahal. Diperlukan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi. 

Nah, itu saja informasi mengenai harga besi tua. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan tambahan informasi bagi kamu untuk lebih mengenal harga besi tua terbaru. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya! 

Baca juga:

Sumber Featured Image: Jaya Steel


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download