Pinhome

Berikut Hadits Tentang Menyambut Bulan Ramadhan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Ramadhan atau Ramadan merupakan salah satu bulan yang dinanti oleh banyak umat muslim. Sebab, pada bulan ini, umat muslim dapat melakukan amalan untuk memperkaya pahala. Konon, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat bagi hamba-Nya yang berbuat baik selama bulan Ramadan. 

Pinhome – Sebagai motivasi, Pins agaknya perlu mengetahui hadits menyambut bulan Ramadhan akan senantiasa tergugah untuk berbuat baik. Berikut ini, hadits menyambut Ramadhan yang perlu Pins ketahui. 

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan Bagi Kamu Yang Menjalankannya

Hadits Menyambut Bulan Ramadhan

(Pexels)

Baca Juga: 13 Dekorasi Ramadhan Simple Yang Pastinya Membuat Hunian Syahdu

Keriangan hati saat menyambut Ramadan merupakan salah satu wujud cinta seorang muslim kepada Allah SWT. Maka tak heran, jika Allah SWT begitu mencintai dan menyayangi hamba-Nya yang selalu ceria setiap Ramadan tiba. 

Dalam surah Yunus ayat 58, Allah SWT berfirman:

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

Artinya: “Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” 

Bahkan, dalam surah Al-Baqarah ayat 185 pun disebutkan bahwa bulan Ramadan ini merupakan bulan yang istimewa. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian: 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Arab latin: Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, faman syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iodatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-‘usra wa litukmilul-‘iddata wa litukabbirullāha ‘alā mā hadākum wa la’allakum tasykurụn. 

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Ulama Ibnu Rajab Al-Hambali pun mengatakan bahwa dulu para sahabat dan ulama bahkan berdoa kepada Allah SWT agar segera dipertemukan lagi pada bulan Ramadhan. 

ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒُ : ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﻠِّﻐَﻬُﻢْ ﺷَﻬْﺮَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻧَﺎﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

Artinya: “Sebagian salaf berkata, dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah SWT selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah SWT menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.

Keistimewaan Bulan Ramadan 

(Pexels)

Jika melihat dari hadits menyambut Ramadhan di atas, banyak para ulama dan umat Islam terdahulu yang sangat menantikan bulan penuh rahmat ini. Lantas, sebetulnya apa yang membuat bulan Ramadan ini istimewa? 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Allah SWT akan melipatgandakan pahala atas amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Berikut bacaan haditsnya:

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

Artinya: “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah  SWT mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.”

Seorang ulama pun menerangkan bahwa amalan bulan Ramadan dapat membuat seseorang diharamkan dari siksa neraka. 

ﻣَﻦْ ﻓَﺮِﺡَ ﺑِﺪُﺧُﻮﻝِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺣَﺮَّﻡَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺟَﺴَﺪَﻩُ ﻋَﻠﻰَ ﺍﻟﻨِّﻴْﺮَﺍﻥِ

Artinya: “Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. – Riwayat dalam kitab Durrat An-Nasihin. 

Namun untuk dapat memaknai Ramadan dengan suka cita, umat muslim juga disarankan untuk selalu melakukan banyak kebaikan. Beberapa amalan yang dapat dilakukan yakni bertasbih, membaca Quran, menjalankan salat berjamaah, serta memperbanyak amal shalih lainnya. Tak lupa, isi pula setiap malam di bulan Ramadan dengan berzikir kepada Allah SWT dan menjalankan salat sunah. 

Nabi Muhammad SAW telah bersabda yang artinya demikian: 

“Barang siapa salat (malam) di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala, maka Allah mengampuni dosa- dosanya yang telah lalu.” HR. Bukhari.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, pun dikatakan demikian:  

“Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam”.”

Setelah mengetahui betapa istimewanya bulan ini, maka tak heran jika banyak umat muslim yang menantikannya. Bahkan hingga saat ini pun, suka cita bulan Ramadhan ini pun tak berkurang. Sebab, selain bisa memperbanyak amal shalih, di Indonesia sendiri Ramadan juga diiringi dengan tradisi-tradisi yang dapat menggugah keimanan, misalnya berbagai makanan berbuka dan makanan sahur. 

Demikian ulasan mengenai hadits menyambut Ramadhan serta keistimewaannya. Semoga bisa menjadi motivasi untuk Pins yang hendak memperbanyak amalan. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel