Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan Bagi Kamu yang Menjalankannya

Lifestyle

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan Bagi Kamu yang Menjalankannya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 13 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Bulan Ramadan bisa dibilang sebagai bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Bulan ini banyak dinantikan oleh umat muslim karena dianggap mampu melipatkan pahala. Selain menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan juga dapat diisi dengan bersedekah. Nah, ternyata ada keutamaan sedekah di bulan ramadhan, lho.

Pinhome – Bersedekah di bulan Ramadhan dapat mendatangkan manfaat yang berlipat. Sebagai motivasi dan panduan, yuk ketahui keutamaan sedekah di bulan Ramadhan serta hadits pendukungnya dalam ulasan berikut. 

Hadits Tentang Bersedekah di Bulan Ramadhan

(Pexels)

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang sebetulnya dapat dilakukan kapan saja. Namun dalam sebuah hadis disebutkan bahwa sedekah di bulan Ramadhan akan dilipatkan gandakan pahalanya hingga 10 sampai 700 kali lipat. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, rasulullah SAW pernah ditanya mengenai waktu bersedekah yang paling utama. Kala itu beliau menjawab.”

Terlepas dari anjuran bersedekah di bulan Ramadhan, nyatanya perilaku mulia ini memang disukai oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis berikut: 

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

Artinya: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” – HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744.

Selain itu, terdapat pula hadits yang menunjukkan bahwa bersedekah adalah perilaku yang mulia daripada meminta-minta. Rasulullah SAW bersabda: 

‏اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

Artinya: “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” – HR. Bukhari Muslim.

Baca Juga: Hadist Tentang Sedekah Dalam Islam Dan Penjelasannya

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

sedekah di bulan ramadhan
(Pexels)

Bersedekah di bulan Ramadhan dapat mendapatkan banyak manfaat. Berikut ini ada beberapa keutaman sedekah di bulan Ramadhan yang akan Pins dapatkan jika menjalankannya. 

Dibebaskan dari siksa kubur

Umat muslim yang bersedekah akan dibebaskan dari siksa kubur dan dihapus segala dosanya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: 

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” – HR. Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614.

Dijauhkan dari api neraka 

Selain dibebaskan dari siksa kubur, seseorang yang rajin bersedekah juga akan dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya: 

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” – HR. Al Bukhari dan Muslim.

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Dilimpahkan kebahagian dan hati yang lapang

Kebiasaan bersedekah di bulan Ramadan dapat mendatangkan kelapangan dada dan hati yang bahagia. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang artinya: 

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” – HR. Bukhari.

Dilipatgandakan pahalanya

Allah SWT berjanji akan melipatkan gandakan pahala seorang muslim yang bersedekah di bulan Ramadhan. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi: 

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” – QS Al Hadid ayat 18.

Dalam hadis lainnya juga disebutkan betapa besarnya pahala seorang muslim yang bersedekah serta menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan bacaan hadis berikut: 

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال عز و جل : إلا الصيام فإنه لي و أنا الذي أجزي به

Artinya: “Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” -HR. Muslim Nomor 1151.

Bahkan, jika berbagi makanan berbuka, maka kamu akan mendapatkan lagi tambahan pahala dari orang lain. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

من فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

Artinya: “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” – HR. At Tirmidzi Nomor 807.

Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan 

sedekah di bulan ramadhan
(Pexels)

Jika melihat dari keutamaannya yang berlimpah, hendaklah kamu untuk senantiasa bersedekah di bulan Ramadhan. 

Sedekah di bulan Ramadhan tak melulu harus dengan uang. Ada banyak bentuk sedekah yang bisa kamu lakukan selama bulan suci ini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Membangunkan sahur orang-orang yang berpuasa. 
  2. Berbagi takjil kepada sesama umat muslim. 
  3. Menyediakan makanan berbuka untuk keluarga atau umat muslim lainnya yang berpuasa. 
  4. Menyiapkan hidangan sahur. 
  5. Mengajarkan Al-Quran kepada sesama umat muslim lainnya. 
  6. Sedekah senyum dan salam kepada sesama umat. 
  7. Saling berbagi informasi kepada yang membutuhkan. 

Setelah mengetahui hadis serta keutamaan sedekah di bulan Ramadhan, hendaknya kita senantiasa meningkatkan amalan ini. Toh, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkaya sedekah, bahkan tak melulu harus dengan baik. 

Yuk, mulai giatkan sedekah supaya pahala yang kita dapatkan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Amalan Dan Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel