Pinhome

Doa Masuk Rumah & Doa Keluar Rumah

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 5 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Doa Masuk Dan Keluar Rumah – Kehidupan seorang Muslim tidak lepas dari doa setiap harinya. Barangkali diantara kamu ada yang sudah mendengar bahwa doa merupakan senjata seorang Muslim.

Setiap pekerjaan dan kegiatan akan senantiasa diawali dan diakhiri dengan doa, termasuk ketika hendak masuk dan keluar dari rumah.

Mengapa doa?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, doa merupakan permintaan atau bentuk harapan yang ditujukan kepada Allah.

Misal saat kita hendak keluar rumah, kita berdoa meminta senantiasa untuk dijaga, baik lahir maupun batin. Begitu pula saat kita hendak masuk rumah, kita berdoa sebagai bentuk syukur atas karunia yang telah diberikan.

Meskipun terlihat sederhana, doa masuk dan keluar rumah merupakan sesuatu hal penting untuk diamalkan. Maka dari itu kami  akan membahas secara lengkap mengenai doa masuk dan keluar rumah, lengkap dengan bacaan Arab, latin serta artinya.

Selain itu, kita juga akan mempelajari terkait keutamaan doa masuk dan keluar rumah, keistimewaan dan adab-adabnya.


Baca Juga:


Lafadz Bacaan Doa Masuk Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal dan tempat istirahat kita, bahkan ada pepatah yang berkata kemanapun kita pergi pasti akan kembali ke rumah.

Maka dari itu hendaknya kita membaca atau melafalkan doa ketika hendak masuk rumah sebagai berikut;

Doa masuk rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Akan tetapi tidak ada doa masuk rumah yang benar-benar shahih berdasarkan hadits, meskipun begitu yang namanya doa adalah sebuah kebaikan.

Berdasarkan riwayat masuk rumah dapat hanya mengucapkan bismillah dan assalamualaikum. Hal ini sesuai dengan hadist berikut.

“Jika seseorang memasuki rumahnya kemudian dia menyebut nama Allah ketika masuk rumah, begitu pula ketika dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), ‘Kalian tidak ada kawasan untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.’ Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun menyampaikan (pada teman-temannya), ‘Saat ini kalian mendapat kawasan untuk bermalam.’ Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah ketika makan, maka setanpun berkata, ‘Kalian mendapat kawasan bermalam dan jatah makan malam.”

Artinya haditsdi atas mengingatkan kita untuk senantiasa mengingat Allah dan berdzikir dalam berbagai kesempatan, termasuk saat masuk rumah.

Kemudian seseorang yang masuk rumah disunnahkan pula mengucapkan salam, meskipun tidak ada penghuninya. Hal ini didasarkan atas pendapat Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar sebagaimana berikut;

Disunnahkan bila seseorang memasuki rumah sendiri untuk mengucapkan salam meskipun tidak ada penghuninya. Yaitu ucapkanlah: As-salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiin. Begitu pula ketika memasuki masjid, rumah orang lain yang kosong, disunnahkan pula mengucapkan salam “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shaalihiin. Assalamu ‘alaikum ahlal bait wa rahmatullah wa barakatuh”. [Kitab Al-Adzkar, hal. 468-469]

Wallahu a’lam.

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Keutamaan Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah memiliki keutamaan dimana kita akan senantiasa berdzikir dan mengingat Allah serta dilindungi dari gangguan syaitan.

Keutamaan membaca dan melafalkan doa masuk rumah dapat dilihat dari hadits berikut ini;

Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.”

Dari hadist di atas kita dapat melihat bahwa saat kita berdzikir dan senantiasa mengingat Allah, maka syaitan sama sekali tidak akan memiliki tempat di rumah tersebut.

Sedangkan tatkala penghuninya tidak mengingat dan berdzikir kepada Allah, itu artinya telah memberikan kesempatan kepada syaitan untuk tinggal di rumah.

Adab Masuk Rumah

Berikut ini merupakan adab-adab ketika memasuki rumah, yang barang tentu harus kita perhatikan selain membaca salam dan doa;

  • Mengetuk pintu dengan pelan atau tidak terlalu keras, hal ini berkaitan erat dengan penghuni rumah, ditakutkan penghuni atau seseorang yang sedang berada di dalam rumah merasa terganggu. Sehingga tatkala memasuki rumah yang memiliki penghuni sebaiknya mengetuk pintu tidak terlalu kencang.
  • Mengucapkan salam, hal ini sesuai dengan apa yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Dimana seperti yang telah sama-sama kita ketahui ucapan salam merupakan sebuah doa.
  • Membaca doa masuk rumah, setiap pekerjaan seorang muslim hendaknya dimulai dengan doa, minimal membaca basmalah.
  • Masuk menggunakan kaki kanan terlebih dahulu, seperti kegiatan lainnya, Islam senantiasa mengajarkan kita untuk menggunakan kaki kanan.

Nah, itu diantaranya adab-adab memasuki rumah yang harus senantiasa kita perhatikan. Sebab meskipun sederhana pada praktiknya tidaklah mudah, apalagi tatkala kita memiliki keperluan yang mendesak.

Baca Juga: Wisata Bersama Keluarga Di Dago Dream Park Bandung

Lafadz Bacaan Doa Keluar Rumah

Berbeda halnya dengan doa masuk rumah, doa keluar rumah lebih populer. Bahkan mungkin di antara kalian telah mengetahuinya, berikut penjelasannya;

Doa keluar rumah

باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billah(i).

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Aku bertawakkal kepada Allah, dan tiada daya serta kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah (Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Doa di atas sesungguhnya kita menyerahkan segala urusan kepada Allah. Sebab sebagai manusia kita tidaklah memiliki kekuatan sama sekali atau dapat dikatakan lemah.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Salah satu dari keutamaan doa keluar rumah ialah akan dipalingkannya diri kita dari sesuatu yang buruk. Barang tentu hal ini yang kita harapkan, sebab setiap orang rasanya ingin terhindar dari sesuatu yang buruk.

Namun terkadang kita lupa dan lalai tidak membaca doa ini. Padahal satu keutamaan yang telah disebutkan begitu besar dan mulia.

Semoga dengan kita mengetahui salah satu keutamaannya dapat memotivasi untuk senantiasa ingat bahwa terdapat doa yang begitu luar biasa.

Baca Juga:

Adab Keluar Rumah

Berikut ini adalah adab-adab yang hendak diperhatikan saat hendak keluar rumah;

  • Shalat dua rakaat terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kita lebih tenang serta terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana.
  • Membaca doa keluar rumah, seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa sebagai manusia kita tidak memiliki daya dan kekuatan. Jika kita tidak meminta perlindungan kepada Allah, lantas kepada siapa lagi.
  • Ke luar rumah menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.

Semoga tulisan ini menjadi sebuah pengingat untuk lebih mengamalkan hal yang terlihat sederhana akan tetapi sangat berpengaruh bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia