BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Ketika Kejatuhan Cicak dalam Islam
0
0

Bacaan Doa Ketika Kejatuhan Cicak dalam Islam

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
doa ketika kejatuhan cicaktop-right-banner

Percaya tentang kesialan yang menimpa setelah kejatuhan cicak, bisa menjerumuskan kamu pada dosa besar syirik di dalam ajaran Islam. Pada hakikatnya segala sesuatu yang terjadi pada manusia adalah atas kehendak Allah SWT. Jadi, daripada gelisah, lebih baik amalkan doa ketika kejatuhan cicak. Hal tersebut menjadi hal positif dalam perilaku berprasangka baik kepada Allah.

Hal ini akan jauh lebih bermakna dilakukan, daripada kamu justru terjebak dalam dosa. Namun, pernahkah kamu kejatuhan cicak? Apakah kamu sudah membaca doa ketika kejatuhan cicak di kepala? Simak terlebih dahulu artikel Pinhome berikut yuk!

Baca juga:

Pandangan di Dalam Ajaran Islam

Sejatinya segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan manusia sudah menjadi ketentuan-Nya, bukan ditentukan karena kejadian tertentu seperti kejatuhan cicak. Untuk itu ada baiknya jika kamu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Hal tersebut sebagai solusi agar kegelisahanmu dihilangkan dan hati menjadi lebih tenang. Melalui doa, semoga Allah mendengar permintaan dan mengabulkan apa yang menjadi keinginanmu.

Ada istilah tathayyur atau thiyaarah dalam Islam yang digunakan oleh orang-orang Arab Jahiliyyah di zaman dahulu. Kaum tersebut menentukan peruntungan dan kesialan melalui media burung. Mereka percaya jika orang melepaskan burung dan burung tersebut terbang ke arah kanan akan membawa keberuntungan, sebaliknya jika terbang ke arah kiri akan membawa kesialan.

Kejatuhan cicak juga termasuk dalam bentuk tathayyur versi yang berbeda. Padahal percaya sesuatu selain Allah SWT merupakan dosa besar syirik. Seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut:

“Ramalan mujur-sial adalah syirik (Beliau mengulanginya tiga kali) dan tiap orang pasti terlintas dalam hatinya perasaan demikian, tetapi Allah menghilangkan perasaan itu dengan bertawakal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Daripada mempercayai hal buruk yang akan terjadi setelah kejatuhan cicak, lebih baik kamu mengatasi kegundahan kamu dengan memanjatkan doa ketika kejatuhan cicak.

Doa Menolak Firasat Buruk

Source : Merdeka

Kejatuhan cicak biasanya membuat beberapa orang memiliki firasat buruk kalau sesuatu yang tidak baik akan menimpanya. Berikut doa yang bisa diamalkan untuk menghalau perasaan tersebut:

Allahumma laa thaira illaa thaituka walaa khaira illa khairuka, walaa ilaaha ghairuka.  

Artinya: Ya Allah! Tidak ada kesialan kecuali kesialan yang Engkau tentukan. Dan tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu. Serta tiada Illah (yang berhak disembah) selain Engkau.

Baca juga: Ini Dia Tulisan Arab Masya Allah Tabarakallah dan Artinya

Doa Husnudzon Kepada Allah

Surat Ar-Ra’d ayat 11 juga bisa kamu panjatkan agar memiliki prasangka baik kepada Allah. Berikut bacaannya:

Lahu mu’aqqibatum mim baini yadaihi wa min khalfihi yahfazunahu min amrillah, innallaha la yugayyiru ma biqaumin hatta yugayyiru ma bi’anfusihim, wa iza aradallahu biqaumin su’an fa la maradda lah, wa ma lahum min dunihi miw wal.

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Doa Kebaikan Kepada Allah

doa ketika kejatuhan cicak
Source : Kompas

Doa ini bisa diamalkan kapan pun, dalam kondisi apa saja. Termasuk saat kamu sedang merasakan adanya firasat buruk seperti setelah kejatuhan cicak. Berikut bacaan doa ketika kejatuhan cicak di kepala:

Allahumma la ya’ti bil hasanati illa anta, wa la yazhabu bis sayyi-ati illa anta, wa la haula wa la quwwata illa billah.

Artinya: Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau. Tiada pula yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.

Bacaan Doa Tawakal Kepada Allah

Doa ketika kejatuhan cicak lain yang juga bisa diamalkan adalah doa tawakal kepada Allah yang terdapat pada surat Ath-Thalaq ayat 3:

Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal ‘alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli syai’ing qadra.

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Baca juga: Doa-Doa Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya

Mengapa Cicak Menjadi Binatang Pengecualian di Dalam Islam?

doa ketika kejatuhan cicak
Source : Kompas

Meskipun junjungan kita Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai penyayang binatang, sepertinya terdapat pengecualian untuk cicak. Hal tersebut diterangkan dalam hadits riwayat Bukhari karena dulu cicak ikut membantu meniup untuk mencegah padamnya api saat Nabi Ibrahim AS dibakar hidup-hidup.

Secara medis, cicak juga membawa ribuan bakteri yang bisa menularkan penyakit pada manusia melalui benda atau makanan yang terjamah olehnya atau ekor yang putus saat bermanuver. Alasan-alasan tersebut membuat cicak termasuk binatang fasik kecil yang oleh Nabi Muhammad diizinkan untuk dibunuh.

Jadi, jika lain kali kamu tiba-tiba kejatuhan cicak di salah satu anggota tubuhmu, daripada berprasangka macam-macam yang justru berpotensi menjerumuskan pada dosa syirik, lebih baik kamu memanjatkan doa ketika kejatuhan cicak di atas. Kamu juga diizinkan untuk membunuhnya setelah itu agar mendapat pahala dan terhindar dari penyakit.  


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: CNN Indonesia

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download