Pinhome

Lifestyle

Ini Dia Hikmah Berprasangka Baik Kepada Allah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sikap berbaik sangka dapat mendatangkan banyak manfaat. Selain ke sesama umat manusia, Pins pun dianjurkan untuk berbaik sangka kepada Allah SWT. Dalam Islam, sikap berbaik sangka ini kerap disebut dengan istilah husnuzan. 

Pinhome – Ada banyak peristiwa atau momen yang mengharuskan Pins untuk berbaik sangka kepada Allah SWT. Salah satunya pada masa pandemi seperti sekarang ini. Lantas, apa hikmah berprasangka baik kepada Allah SWT? Untuk mengetahui jawabannya Pins dapat menyimak ulasan berikut. Baca sampai habis, ya!

Baca Juga: Belajar Mengerti Apa Yang Dimaksud Dengan Ta’awun Dalam Islam

Husnuzan atau Berbaik Sangka kepada Allah SWT 

(Unsplash)

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perilaku Ikhlas Sulit Dilakukan

Seorang muslim diharapkan untuk selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Secara ringkas, husnuzan kepada Allah SWT ialah sikap berpikir positif atau berbaik baik atas apapun yang telah dialami dan dihadapi. 

Sikap berbaik sangka kepada Allah SWT dibagi dalam beberapa bentuk, di antaranya ialah husnuzan dalam ketaat kepada Allah SWT, husnuzan dalam nikmat Allah SWT, husnuzan dalam menghadapi ujian Allah SWT, dan husnuzan dalam melihat cipta-Nya.

Bentuk Berbaik Sangka kepada Allah SWT

(Unsplash)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa terdapat beberapa jenis bentuk husnuzan kepada Allah SWT. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian bentuk sikap husnuzan tersebut: 

Berbaik sangka kepada Allah SWT dalam hal ketaatan 

Berbaik sangka dalam ketaatan kepada Allah SWT mestinya menjadi hal utama yang wajib ditanamkan dalam perasan dan pikiran seorang umat muslim. Hal ini sesuai dengan cerminan dalam ungkapan sami’na waata’na, yang artinya ‘kami dengar perintah-Mu ya Allah, dan kami taat’.

Contoh dari ungkapan tersebut adalah menjalankan semua anjuran-Nya, dan menghindari larangan-Nya. 

Berbaik sangka dalam nikmat Allah SWT 

Allah SWT akan memberikan kelimpahan berkah dan nikmat kepada mereka yang dikehendakinya. Bila saat ini memang belum waktumu, maka bersabarlah. Barangkali Allah SWT sedang mempersiapkan kenikmatan di waktu yang paling tepat. Sembari menunggu, lakukan ikhtiar dengan sabar dan penuh tawakal supaya doamu didengar oleh-Nya. 

Berbaik sangka terhadap ujian Allah SWT 

Saat ditimpa musibah, hendak Pins menerapkan perilaku husnuzan kepada Allah SWT. Percayalah bahwa yang tengah dihadapi kini, pasti memiliki hikmah pada masa mendatang. 

Berbaik sangka kepada cipta Allah SWT

Semua mahluk yang diciptakan Allah SWT pasti memiliki maksud dan tujuan yang baik untuk kehidupan di dunia. Untuk itu, sebagai muslim yang taat hendaklah Pins mampu berprasangka baik atas cipta Allah SWT tersebut. 

Dengan memaknai sikap ini, Pins akan lebih memperhatikan dan peka terhadap lingkungan sekitar. 

Hadis atau Anjuran untuk Berbaik Sangka kepada Allah SWT

(Unsplash)

Selalu berprasangka baik kepada Allah SWT merupakan salah satu tindakan yang dianjurkan dalam Islam. Allah SWT dalam sebuah surah berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya:  “Wahai orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Dan janganlah menggunjing satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” – QS. Al-Hujurat : 12.

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pun bersabda yang artinya demikian:

“Allah berfirman sebagai berikut: ”Aku selalu menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Apabila ia berprasangka baik maka ia akan mendapatkan kebaikan. Adapun bila ia berprasangka buruk kepada-Ku maka dia akan mendapatkan keburukan.” – H.R.Tabrani dan Ibnu Hibban.

Jika melihat dari dua hadis di atas, maka berprasangka baik kepada Allah SWT ialah salah satu kewajiban umat muslim. Sebab, dengan demikian keberkahan dan kemuliaan akan selalu ada pada dirinya. 

Hikmat Berprasangka Baik kepada Allah SWT

(Unsplash)

Berhusnudzon atau berprasangka baik kepada Allah SWT dapat mendatangkan banyak manfaat. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Terhindar dari perasaan takut
  2. Lebih dekat dengan Allah SWT 
  3. Terhindar dari segala dosa dan hal-hal buruk saat di akhirat nanti 
  4. Dapat memperbaiki amal dan senantiasa berada dalam lindungan-Nya.

Selain keempat hal di atas, terdapat pula hikmat berprasangka baik kepada Allah SWT yang lainnya, yakni diberikan kecukupan bagi mereka yang memohon dan meminta. Hal ini sesuai dengan surah Al-Furqan ayat 71, berikut bacaannya: 

وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَاِنَّهٗ يَتُوْبُ اِلَى اللّٰهِ مَتَابًا

Arab latin: wa man tāba wa ‘amila ṣāliḥan fa innahụ yatụbu ilallāhi matābā

Artinya: “Dan barangsiapa bertobat dan mengerjakan kebajikan, maka sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.”

Hikmah berprasangka baik kepada Allah SWT ini tak sekadar ucapan belaka. Sebab, dalam hadis pun disebutkan demikian: 

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ بُرْقَانَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْأَصَمِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا دَعَانِي

Artinya: “Sesungguhnya Allah berkata : Aku sesuai prasangka hambaku padaku. Jika prasangka itu baik, maka kebaikan baginya. Dan apabila prasangka itu buruk, maka keburukan baginya.” (HR. Muslim no. 4849)

Sikap berprasangka baik kepada Allah SWT ini dapat dilakukan jika Pins turut bertawakal. Dengan demikian, sikap husnuzan akan berjalan beriringan. Yuk, mulai berprasangka baik kepada Allah SWT, supaya kita senantiasa berada dalam limpahan berkah-Nya. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel