Pinhome

Uncategorized

Cara Usir Cicak Mengganggu dari Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kehadiran hewan bisa jadi menganggu kenyamanan di dalam rumah. Selain karena kotorannya yang kerapkali mengotori lantai atau bagian lain rumah, kehadiran hewan-hewan tertentu juga dikhawatirkan akan membawa penyakit yang menular. Tentu saja ini membawa keresahan bagi penghuni rumah tersebut.

Hewan yang bisa jadi penganggu sangat banyak jenisnya. Mulai dari hewan pengerat seperti tikus misalnya, serangga macam nyamuk dan kecoa, hingga reptil seperti ular bahkan yang terkecil dan lazim ditemui seperti cicak misalnya. Segala jenis hewan tersebut bisa secara langsung maupun tidak langsung menjadikan suasana dalam rumah kurang nyaman. Demikian tentu diperlukan satu upaya pencegahan yang praktis dan mudah agar hewan-hewan tersebut tak menganggu. Banyak hal yang bisa dilakukan, beberapa terangkum dalam artikel kali ini, simak pembahasannya dengan mendalam.

Gunakan Tembakau, Hingga Atur Suhu Ruangan

Beragam cara berikut, beberapa menggunakan bahan yang sangat mudah untuk ditemui. Mulai dari kapur barus yang memang dipergunakan untuk menghalau hewan penganggu seperti tungau serta serangga macam semut, penggunaan tembakau juga dipercaya ampuh halau cicak. Bagaimana caranya? Tips berikut bisa dilakukan oleh siapa saja.

1. Kapur Barus, Si Wangi Yang Murah Dan Mudah Ditemukan

Kapur barus atau kamper biasa digantung di dalam almari pakaian sebagai bahan untuk menghalau bau serta menjauhkan pakaian bersih dari dihinggapi hewan-hewan serangga seperti tungau atau serangga lainnya. Cara pakainya mudah, cukup digantungkan ditempat dimana cicak biasa berkumpul atau singgah, bisa juga dengan mengerus kapur barus hingga halus lalu ditaburkan begitu saja. Aroma kapur barus yang menyengat dipercaya menghalau hewan-hewan semacam cicak dan lainnya.

2. Tembakau, Aroma Yang Tajam Halau Cicak, Tokek Dan Reptil Sejenis

Tembakau adalah daun yang biasa digunakan dengan cara dilinting sebagai rokok. Selain itu, belakangan diketahui tokek juga engan dengan aroma tembakau sehingga sangat mungkin untuk digunakan sebagai cara menghalau tokek. Berhubung cicak masih berkerabat dengan tokek, secara naluriah cara ini bisa juga diaplikasikan, mudah saja, cukup dengan membungkus tembakau dengan kasa atau kantong plastik yang sudah dilubangi di beberapa sisi, atau juga bisa menggunakan air rendaman tembakau untuk dioleskan di area dimana cicak biasa singgah dan berkumpul.

3. Kebersihan Rumah Wajib Dijaga, Gunakan Pendingin Ruangan Untuk Mengatur Suhu

Cicak senang berada di area yang kotor serta tempat-tempat dimana banyak sarang laba-laba. Ini karena cicak berusaha untuk mencari makanan yaitu nyamuk atau serangga kecil lainnya. Dengan membersihkan sudut-sudut rumah secara berkala tentu cicak akan enggan untuk singgah. Sementara itu, bila dalam ruangan ada pendingin ruangan atau AC, bisa juga diakali dengan menurunkan suhu pada ruangan tersebut. Ini karena secara logika cicak adalah hewan berdarah dingin, tentu saja membutuhkan suhu panas. Dengan menurunkan suhu cicak akan merasa tidak nyaman untuk singgah di tempat tersebut.

Cicak sebagai salah satu jenis hewan reptil mungkin bisa jadi hewan penganggu karena kotorannya dapat menjadikan lantai kotor dan berbau. Oleh karena itu menghalaui cicak dengan tips diatas tentu bisa dijadikan sebagai satu alternatif cara agar ruangan bisa nyaman dan bebas dari kotoran hewan. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel