Pinhome

Lifestyle

Doa Bangun Tidur dan Artinya, Super Lengkap!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pins pasti sudah tidak asing dengan doa tidur. Bisa dibilang, doa ini sangat familiar di kehidupan kita karena sering diajarkan waktu sekolah atau TPQ (tempat pendidikan Quran). Namun, bagaimana dengan bangun dari tidur? Selain sebelum tidur, kamu juga dianjurkan untuk membaca doa setiap bangun tidur dan artinya di pagi hari.

Pinhome – Seiring dengan beranjaknya kita menuju dewasa, doa ini jadi jarang diamalkan atau bahkan terlupa. Sebenarnya wajar saja bisa lupa karena kesibukan ketika menjadi dewasa dan jarang yang mengingatkan untuk membaca doa bangun tidur. Padahal, begitu banyak manfaat dan berkah yang didapatkan dari doa bangun tidur lho. 

Walaupun begitu, Pins tidak perlu merasa insecure atau khawatir. Mungkin saat ini kita terlupa untuk mengamalkan doa ini karena kesibukan kita sehari-hari. Namun jika kita ingin memulai kembali dan membaca doa ini, insya Allah, Allah Maha Penyayang dan akan selalu memberikan kesempatan untuk kita menjadi lebih baik. 

Nah, Pins sudah tahu bacaan doa doa bangun tidur dan artinya, belum? Jika belum hafal, yuk mari kita simak bersama bacaan doanya. Sebelum itu, cari tahu dulu pentingnya membaca doa doa tidur dan manfaatnya. 

Pentingnya dan Manfaat Membaca Doa Sesudah Tidur

doa bangun tidur dan artinya
(Getty Images)

Tahukah kamu? Di dalam Islam ada banyak doa sehari-hari yang bisa diamalkan lho. Biasanya doa-doa tersebut dipanjatkan agar kita selalu dalam keberkahan dan lindungan Allah SWT. 

Salah satu doa harian dalam Islam yang bisa kita amalkan ialah doa bangun tidur. 

Membaca doa tidur bisanya menjadi pembuka untuk memulai hari. Namun, sebenarnya apa manfaat dan pentingnya dari membaca doa bangun tidur? 

Dengan berdoa di kala bangun tidur, insya Allah kita jadi lebih bersyukur dan siap menjalani hari. Allah juga akan melancarkan dan memudahkan segala urusan kita. Jika biasanya kegiatan terasa berat dan terasa dirundung kecemasan, insya Allah dengan bangun tidur, Allah membuat hati jadi lebih tenang untuk menghadapi hari.

Baca juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Manfaat dan berkah dari dua doa ini ternyata sudah Allah firmankan lho melalui salah satu ayat Q.s. Al-Qashas, yaitu: 

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur.” (Q.s. Al Qashas:73)

Seperti ayat yang dijabarkan di atas, Allah telah berfirman di dalam Al-Quran bahwa kita sudah sepatutnya bersyukur atas segala karunia-Nya. Salah satu karunia yang dimaksud adalah karunia untuk tidur yang Allah SWT berikan untuk kita. 

Mengapa? Karena dari tidur yang yang Dia berikan, kita bisa beristirahat dan bertenaga kembali untuk menjalani hari dan meraih karunia-Nya. 

Masya Allah, begitu besar berkah yang Allah berikan untuk hamba-Nya hanya melalui doa tidur. 

Pins masih hafal bacaan doa bangun tidur belum? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, doa ini biasanya mudah terhafal karena sering diajarkan waktu kecil di sekolah atau TPQ. 

Walaupun begitu, mungkin Pins sudah lupa atau benar-benar belum tahu tentang bacaan doa-doa tidur. Tidak apa-apa kok. Tidak perlu merasa rendah diri. Jika belum hafal, yuk belajar bersama-sama. Allah justru menyukai hamba-Nya yang mau melangkah lebih baik lho.  Karena itu, kamu bisa simak bacaan doa tidur di bawah ini.  

Bacaan Doa Bangun Tidur dan Artinya

Ini dia bacaan doa setelah tidur yang bisa kamu ketika bangun dan akan memulai hari. 

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ 

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuur

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

Hikmah dari Bangun Tidur di Pagi Hari

doa bangun tidur dan artinya
(Inlife Healthcare)

Manfaat bangun pagi akan terasa untuk kesehatan, dilansir Sleep Advisor. Sebab, hal tersebut akan berhubungan dengan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari. Ini adalah beberapa manfaat bangun pagi

Lebih Mudah Fokus dan Konsentrasi

Salah satu manfaat bangun pagi adalah akan meningkatkan daya konsentrasi. Selain dapat fokus pada tujuan dan daftar aktivitas, bangun pagi dapat berarti bahwa Pins memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan baik di hari itu.

Meningkatkan Produktivitas Sehari-hari

Manfaat bangun pagi juga dapat meningkatkan produktivitas. Kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk lebih fokus pada tugas-tugas penting saat orang lain tertidur dan memiliki sedikit gangguan.

Otak cenderung paling waspada di pagi hari. Jika bisa fokus tanpa gangguan di pagi hari, kamu akan menyelesaikan lebih banyak hal. Ada kecenderungan yang lebih baik saat membuat keputusan di pagi hari daripada di sore dan malam hari, sebab pikiran masih jernih dan segar. Manfaat bangun pagi lainnya adalah akan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari. 

Membuka Pintu Rezeki

Manfaat bangun pagi dapat membuka pintu rejeki. Ketika Rasulullah SAW pulang dari shalat Shubuh dari Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya Fatimah masih dalam kondisi tidur.

Nabi bersabda: “Wahai anakku, …bangunlah, Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (HR Ahmad dan Al-Baihaqi).

Rasulullah SAW bersabda: “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.” (HR Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Malaikat Mendoakan Kita 

Manfaat bangun pagi juga dapat didoakan malaikat. Nabi SAW bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR Bukhari no 137 dan Muslim no 632).

Jauh dari Rasa Malas

Tentunya ketika mulai beraktivitas di pagi hari, menandakan Moms dapat melalui rasa malas. Ini dapat menjadi manfaat bangun pagi lainnya dalam Islam.

Rasul bersabda: “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan.

Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR Bukhari no 1142 dan Muslim no 776).

Pins sudah tahu kan bacaan doa bangun tidur sesua sunnah? Cukup pendek bukan? Semoga bermanfaat untuk kita semua. Untuk Pins yang belum hafal, insya Allah bisa menghafal doa-doa ini karena mudah dihafalkan. Semoga bermanfaat. Selamat menghafal.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel