BlogPemilik PropertiFinansial10 Ciri-ciri Emas Asli Jika Dibandingkan dengan yang Palsu
0
0

10 Ciri-ciri Emas Asli Jika Dibandingkan dengan yang Palsu

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
10 Ciri-ciri Emas Asli Jika Dibandingkan dengan yang Palsutop-right-banner

Emas menjadi salah satu instrumen investasi logam mulia yang masih tinggi peminatnya beberapa waktu terakhir ini. Sebab, harga emas selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, sehingga mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Namun, tahukah kamu bagaimana ciri-ciri emas asli? 

Sayangnya, harganya yang terbilang stabil membuat oknum tidak bertanggung jawab lantas membuat emas palsu alias imitasi dengan wujud dan bentuk yang begitu mirip dengan emas yang asli. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan sangat silit membedakan emas palsu dengan emas asli. 

Baca juga: Yuk Mulai Investasi Tabungan Emas! Berikut Beberapa Tips Pentingnya

Ciri-Ciri Emas Asli dan Bedanya dengan Emas Palsu

Waspada tindak kriminal penipuan emas. Jangan sampai salah beli, cermatlah mengamati detail emas sebelum kamu memutuskan untuk melakukan transaksi. Berikut ciri-ciri emas asli dan perbedaannya dengan emas palsu yang perlu kamu tahu:

Ciri-ciri emas asli: tidak bersifat magnetis

Source : Pixabay

Tidak seperti besi yang memiliki sifat mangtis, emas yang asli tidak memiliki sifat tersebut. Supaya bisa membedakannya, kamu bisa mendekatkan logam tersebut pada magnet. Jika merupakan besi, tentu akan menempel pada magnet. Sementara itu, emas yang asli tidak akan menunjukkan reaksi apapun. 

Sebenarnya, masih ada lagi jenis logam yang tidak bersifat magnetis, yaitu aluminium. Namun, ini menjadi cara paling mudah membedakan emas asli dan palsu. Jadi, kamu bisa membawa magnet ketika hendak membeli emas.

Emas menghantarkan listrik dan panas

Source : Pixabay

Ciri emas asli berikutnya adalah sifat konduktor pada emas untuk waktu yang cukup lama. Bahkan, emas berada pada urutan nomor tiga dari aspek konduktivitasnya, setelah perak pada nomor satu dan tembaga pada nomor dua. 

Tidak bersifat karat atau korosi

Source : Pixabay

Kamu perlu tahu kalau warna emas sebagai logam mulia murni tidak akan mengalami perubahan warna seiring waktu. Jika emas mengalami perubahan warna, artinya logam tersebut telah mendapat campuran lain pada bagian dalamnya. 

Warna emas murni dengan kandungan 24 karat sendiri memberikan warna oranye yang sedikit kekuningan. Semakin banyak logam campurannya, warna akhir dari logam satu ini akan lebih gelap. Selain itu, emas murni tidak menunjukkan tanda korosi atau karat.

Baca juga: Intip Grafik Harga Emas Hari Ini Agar Investasi Tetap Untung

Memiliki tanda

Source : Pixabay

Membedakan emas asli dan palsu juga bisa kamu lihat dari tanda yang ada pada bagian permukaannya. Biasanya, terdapat ukiran berupa angka atau huruf yang berarti suatu kode. Misalnya, angka dari 1 sampai 999 atau kadar karat dari 0 sampai 24 K, sesuai dengan standarnya. Ini bisa kamu pakai untuk mengetahui apakah emas asli atau tidak.

Memang benar, ada oknum yang berniat menipu hingga memberikan kode seperti halnya emas asli. Jika demikian, lampirkan bukti kuitansi ketika kamu membeli emas. Sebab, apabila tidak ada bukti tersebut, bukan tidak mungkin emas yang kamu punya akan ternilai sebagai barang ilegal.

Mengukur emas dengan karat

Source : Pixabay

Karat menjadi satuan untuk mengukur kadar emas asli. Caranya dengan menghitung proporsi emas dalam 24 bagian. Misalnya, logam emas dengan 18 karat, yang berarti emas dengan perbandingan 18 per 24. Kadar 24 menjadi kadar emas yang paling murni dengan 99,9 persen sterling. 

Angka ini menjadi pedoman untuk kamu membeli logam mulia. Apabila nilai karat yang tertulis semakin kecil, maka semakin banyak campuran lain dalam logam tersebut. Campuran ini misalnya seng, tembaga, dan nikel.

Memiliki sifat padat

Source : Pixabay

Ciri emas asli selanjutnya yang dapat kamu kenali adalah memiliki sifat padat. Supaya bisa menguji komponen ini, kamu bisa meletakkan emas dalam wadah yang sudah berisi air. Perhatikan apakah logam ini mengapung atau tidak. Menurut hukum fisika, emas menjadi jenis logam yang harusnya akan tenggelam apabila berada dalam air. 

Tidak gampang bereaksi

Source : Pixabay

Kalau logam emas menimbulkan reaksi terhadap cuka atau cairan asam nitrat, maka sudah pasti emas tersebut palsu. Sebab, emas asli tidak akan bereaksi meski kamu memberikan cairan asam. Namun, emas sendiri menjadi jenis logam mulia yang sangat mudah dibentuk. Bahkan, emas sebesar satu ons dapat menghasilkan banyak lembaran untuk perhiasan. 

Baca juga: Cara investasi emas terbaik dan menguntungkan

Meninggalkan bekas saat kamu menggigitnya

Source : Pixabay

Pernah melihat atlet yang kerap menggigit emas pada medali yang mereka dapatkan? Ternyata, hal tersebut menjadi cara untuk mengetahui apakah emas yang mereka dapat asli atau tidak, Pins. Semakin tinggi kadar karat emas, tentu akan memiliki permukaan yang lebih lunak.

Saat kamu menggigitnya, akan terdapat bekas meski hanya sedikit. Namun, cara ini hanya berlaku untuk emas dalam bentuk koin atau emas batangan. Artinya, kamu tidak bisa menggunakan cara ini untuk menguji keaslian emas dalam perhiasan.

Memiliki suara dering

Source : Freepik

Ciri-ciri emas asli selanjutnya adalah melalui suaranya. Emas yang asli punya permukaan yang padat, tetapi suaranya ternyata nyaring. Kamu bisa mencoba menjatuhkan emas pada permukaan yang keras untuk mengujinya. Emas yang asli akan mengeluarkan suara dering nyaring yang panjang. Apa lagi kalau kamu menjatuhkan emas pada permukaan logam, tentu suaranya akan lebih nyaring lagi.

Meminta bantuan profesional

Source : Freepik

Cara terakhir apabila kamu masih ragu apakah emas yang kamu beli ini asli atau palsu tentu meminta bantuan profesional. Kamu bisa datang ke toko emas yang tepercaya dan meminta bantuan pemilik toko melakukan pengecekan keaslian emas tersebut. Biasanya, hasil pengujian akan lebih akurat, termasuk berat emas tersebut dan harga jualnya.

Itu tadi cara mudah mengenali emas yang asli atau palsu. Jangan sampai salah beli, ya, Pins! Telitilah barangnya dengan cermat, dan belilah pada tempat yang memang tepercaya. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Taman Cikawao Persada dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download