3 Cara Membersihkan Cache di Laptop Paling Akurat! - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Cara Membersihkan Cache di Laptop, 100% Ampuh!

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri ∙ 5 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Seiring pemakaian, kinerja laptop akan terus menurun. Beda cerita kalau kamu rutin merawat laptop tersebut. Misalnya dengan cara membersihkan cache. Arti cache sendiri merupakan sebuah kumpulan data dari program yang sudah kamu jalankan dan sifatnya hanya sementara. Sebenarnya punya fungsi yang penting, tapi di sisi lain file cache ini bisa nenumpuk, dan membuat laptop jadi lambat.

Cara Membersihkan Cache di Laptop

Di sini akan dijelaskan cara membersihkan data cache di laptop. Bisa kamu gunakan di semua OS, mulai dari Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10.

1. Cara Membersihkan Cache Windows via Run

cara membersihkan cache

Umumnya file cache sulit untuk dilihat, karena lokasinya tersembunyi. Jadi untuk mencarinya kamu dapat menggunakan Windows Run. Langkah-langkah untuk menghapusnya bisa kamu lihat seperti berikut:

  1. Pertama, aktifkan Windows Run dengan menekan Windows + R.
  2. Selanjutnya akan muncul jendela RUN pada layar tersebut.
  3. Kemudian kamu ketik %temp% di jendela Run tersebut lalu klik OK atau Enter.
  4. Setelah itu akan muncul banyak folder dan file yang tersembunyi. kamu bisa menghapus semuanya dengan menekan tombol CTRL + A pada keyboard, lalu klik Delete.

Baca juga: Cara Membuat Password di Laptop

cara membersihkan cache
  1. Kalau sudah, silahkan kamu Restart laptop tersebut.

2. Cara Menghapus Cache via Windows Disk Cleanup

Fitur Disk Cleanup ini bisa di katakan sangat berguna untuk melakukan maintenance di PC atau laptop. Karena semua cache, temporary dan junk files bisa terdeteksi dan dihapus sekaligus. Untuk menggunakan fitur ini, kamu dapat melihat langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, kamu bia membuka File Explorer pada laptop tersebut. Lalu pilih Local Disk (C:) dan klik kanan, pilih Properties.
Buka Menu Properties Pada Disk C
  1. Selanjutnya kamu klik Disk Cleanup.
Klik Menu Disk Cleanup
  1. Tunggu beberapa saat, akan muncul jendela bar Disk Cleanup Calculating. Di sini sistem akan melakukan scanning untuk mencari cache.
  2. Kemudian akan muncul jendela Disk Cleanup for (C:). Pada Files to Delete kamu centang pada Recycle Bin dan Thumbnails. Lalu, klik OK.
cara membersihkan cache

Tips: Kamu juga dapat menghapus temporary files dan junk files lainnya untuk sedikit melegakan space di laptop tersebut.

  1. Setelah itu, tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  2. Jika prosesnya sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan Restart pada laptop tersebut.

Baca juga: Cara Mematikan Laptop Dengan Berbagai Langkah Unik

3. Menghapus Cache Windows via CCleaner

Jika Pins ingin cara menghapus cache yang lebih praktis, maka kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menghapus cache di laptop yang digunakan. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan ialah CCleaner. Selain menghapus file cache, kamu juga dapat memperbaiki registry di aplikasi tersebut. Berikut cara pakainya:

  1. Pertama, kamu dapat download aplikasi CCleaner di situs resminya.
  2. Kemudian install CCleaner di laptop atau PC yang digunakan.
  3. Selanjutnya buka aplikasi CCleaner di perangkat tersebut.
  4. Jika sudah terbuka aplikasinya, kamu bisa klik Custom Clean. Setelah itu, kamu centang yang ingin dihapus.
  5. Kemudian, klik Run Cleaner di bagian kanan bawah.
cara membersihkan cache
  1. Maka akan muncul notifikasi, kalau kamu sudah yakin ingin menghapusnya silahkan klik Continue.
  2. Lalu tunggulah beberapa saat sampai CCleaner berhasil menghapus semua file cache tersebut.
  3. Jika prosesnya telah selesai, restart laptop tersebut.

Bagi kamu yang ingin membersihkan laptop secara optimal, disarankan memakai CCleaner. Karena selain junk files pada sytem di laptop, aplikasi ini juga mampu mendeteksi dan menghapus cookies pada browser yang terpasang.

Baca juga: Cara Melihat Tipe Laptop Dengan Mudah dan Akurat

Kesimpulan

Pada pembahasan ini diharapkan kamu jadi mengetahui pentingnya membersihkan cache secara rutin untuk menjaga kinerja PC atau laptop yang digunakan. Caranya juga sangat mudah, mulai dari memakai fitur bawaan Windows sampai menggunakan aplikasi tambahan seperti CCleaner.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel