Pinhome

Cara Mengatasi Kursor Laptop / PC Windows yang Hilang

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 26 June 2022 ∙ 9 menit membaca

Kursor atau pointer pada laptop atau PC merupakan salah satu fitur penting yang berfungsi sebagai penunjuk untuk memilih sebuah objek atau mengeksekusi suatu perintah. Cara menggunakan kursor ini adalah dengan menggerakkan atau klik pada mouse atau touchpad laptop.

Tapi terkadang ada masalah yang muncul terkait kursor atau pointer pada laptop atau PC ini, dimana kursor tersebut sering menghilang atau tidak muncul ketika kamu sudah menggerakkan mouse atau menggeser touchpad. Akibatnya laptop atau PC jadi tidak bisa diapa-apakan.

Masalah ini memang merepotkan dan mengganggu banget deh, karena kita jadi tidak bisa mengoperasikan laptop atau PC seperti biasanya. Nah, untuk itulah pada kesempatan ini kami akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut agar kursor atau pointer yang hilang kembali muncul dan bisa digunakan lagi.

Penyebab Kursor / Pointer yang Hilang

Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan kursor atau pointer pada laptop/PC yang hilang ini. Tetapi umumnya adalah karena sistem atau komponen tertentu.

Berikut lebih lengkapnya:

  • Pengaturan mouse yang salah.
  • Driver mouse bermasalah.
  • Terdapat shortcut yang membuat mouse/touchpad tidak aktif.
  • Sistem bermasalah (seperti hang atau crash).
  • Sistem tidak merespon mouse atau touchpad.
  • Touchpad terkunci atau tidak berfungsi.
  • Perangkat mouse dinonaktifkan.
  • Dan masih banyak sebab lainnya.

Cara Mengatasi Kursor Laptop / PC Hilang

Kalau dilihat dari penyebabnya yang berbeda-beda, maka cara mengatasinya pun bisa berbeda-beda tergantung apa yang menyebabkan kursor atau pointer di laptop/PC hilang. Nah, sebelum lanjut ke caranya, ada sedikit catatan di bawah ini, karena kita tidak bisa menggunakan kursor untuk memilih dan klik program.

Catatan: Sebagai ganti kursor atau pointer, kamu bisa memanfaatkan keyboard dalam mengoperasikan atau memilih sebuah program di laptop atau PC kamu. Nah, untuk melakukan perpindahan area silakan kamu gunakan tombol Tab.

Untuk perpindahan bagian/menu pada area tersebut, silakan gunakan arah atau panah pada keyboard. Dan untuk memilih menu atau istilahnya klik menu, kamu bisa menggunakan tombol Enter atau Spacebar.

Restart Laptop / PC

Salah satu hal yang membuat kursor hilang dari laptop atau PC adalah karena sistem hang sehingga membuatnya tidak bisa memunculkan atau merespon kursor. Untuk mengatasi hal ini, biasanya cukup dengan restart laptop atau PC yang digunakan.

Restart-nya sendiri bisa kamu lakukan dengan menekan tombol Alt + F4 atau dengan menggunakan tombol power. Atau bisa juga restart seperti biasa dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan kamu tekan tombol Windows di Keyboard.
  2. Setelah itu, halaman Start Menu akan terbuka. Nah, silakan kamu tekan tombol Tab untuk memunculkan kotak sebagai ganti kursor.
  3. Silakan kamu arahkan kotak tersebut menggunakan tombol panah sampai ke ikon Power.
  4. Jika sudah sampai ke ikon Power, silakan kamu tekan Enter untuk memilih.
  5. Selanjutnya menu pada ikon power akan muncul, silakan kamu pilih restart lalu tekan Enter.
  6. Selesai.

[adinserter block=”4″]

Unlock Touchpad Laptop

Pada beberapa versi laptop terdapat fitur khusus yang biasa digunakan untuk mengunci touchpad. Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan melalui keyboard, sehingga mungkin saja kamu tidak sengaja menguncinya dan membuat kursor hilang.

Untuk itu, silakan pastikan kalau touchpad laptop tidak terkunci ya. Caranya adalah seperti ini:

  1. Silakan kamu lihat pada baris keyboard F1 sampai F12, dan temukan tombol yang terdapat ikon atau logo touchpad.
  2. Setelah ketemu, silakan kamu tekan tombol FN + tombol touchpad tersebut.
  3. Jika sudah, silakan periksa kembali kursornya.
  4. Seharusnya jika penyebab touchpad laptop hilang adalah karena di-unlock, maka akan teratasi dengan cara ini.

Gunakan Mouse

Cara selanjutnya untuk mengatasi kursor atau pointer di laptop atau PC yang hilang adalah dengan menggunakan mouse USB. Tetapi jika kamu sudah menggunakan mouse, silakan coba gunakan mouse lain untuk memastikan kalau penyebab kursor hilang bukan karena mouse rusak.

Coba juga untuk colokkan USB ke port lain di PC atau laptop kamu, karena mungkin saja port yang sebelumnya kamu gunakan ada masalah. Jika hanya terdapat satu port USB, cobalah dengan mencabut kemudian colokkan kembali USB mouse ke port tersebut.

Biasanya dengan begini mouse akan membuat koneksi baru dengan laptop atau PC Windows, sehingga kursor akan muncul kembali.

[adinserter block=”5″]

Pastikan Perangkat Mouse Aktif

Nah, seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau salah satu penyebab kursor hilang adalah karena perangkat mouse dinonaktifkan atau belum diaktifkan. Jadi, buat pengguna mouse, kamu harus memastikan kalau perangkat mouse yang terhubung dengan PC atau laptop kamu, sudah diaktifkan, ya.

Cara memastikannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Settings Windows dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Jika tidak bisa, silakan tekan tombol Windows kemudian ketik Settings lalu tekan Enter.
  3. Setelah masuk ke pengaturan Windows, silakan kamu gunakan tab atau arah pada keyboard untuk mengakses menu Devices.
  4. Selanjutnya, pada menu Devices, silakan kamu masuk ke menu Mouse kemudian pilih opsi Additional mouse options.
  5. Pada halaman selanjutnya, silakan masuk ke tab Hardware kemudian pilih mouse yang digunakan.
  6. Pilih menu Properties kemudian akan terbuka tab baru. Nah, pada bagian ini silakan kamu masuk ke tab Driver kemudian pastikan kalau aktif mouse-nya
  7. Jika belum, silakan kamu pilih Enable Device kemudian tekan Enter untuk mengkonfirmasinya.
  8. Selesai.

Nonaktifkan Hide Pointer While Typing

Selain karena device mouse yang belum diaktifkan, penyebab kursor hilang bisa saja karena kursor memang disembunyikan. Oleh karena itulah, pastikan juga dengan cara berikut:

  1. Silakan lakukan langkah yang sama seperti nomor 1 sampai 4 di atas.
  2. Kemudian pada langkah ke 5 di atas, silakan kamu masuk ke tab Power Options.
  3. Setelah itu, tekan tombol tab pada keyboard sampai pada checkbox yang bertuliskan Hide pointer while typing.
  4. Jika opsi tersebut ter-ceklis berarti kursor disembunyikan.
  5. Nah, untuk menonaktifkannya, silakan tekan tombol spasi pada keyboard sampai ceklis tersebut hilang.
  6. Selain itu, kamu bisa mengaktifkan fitur Show location of pointer when i press CTRL key agar kamu tahu dimana posisi kursor ketika tombol CTRL ditekan.
  7. Arahkan kolom ke tombol Apply kemudian tekan Enter.
  8. Terakhir, arahkan ke opsi OK kemudian Enter lagi.

[adinserter block=”5″]

Update Driver Mouse / Touchpad

Terkadang, masalahnya kursor di laptop atau PC hilang adalah karena driver mouse atau touchpad tidak kompatibel dengan sistem Windows yang digunakan. Oleh karena itulah, silakan kamu lakukan update pada driver mouse atau touchpad untuk mengatasi masalah ini.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan update driver mouse atau touchpad:

  1. Tekan Windows + R untuk membuka Jendela Run.
  2. Setelah itu, silakan ketik devmgmt.msc kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah, kamu akan dibawa ke halaman Device Manager. Pada bagian ini, silakan kamu gunakan tombol panah bawah sampai pada menu Mice and other pointing devices.
  4. Sesudah itu, silakan tekan tombol panah kanan untuk membuka menu Dropdown dan setelah itu akan tampil daftar driver yang terpasang untuk mouse atau touchpad.
  5. Silakan pilih driver mouse yang bernama HID-compliant mouse kemudian tekan Enter.
  6. Setelah itu, silakan tekan tombol tab sampai muncul kolom pada menu bagian atas, kemudian arahkan menggunakan panah menuju ke tab Driver.
  7. Tekan tab lagi sampai kolom berada di menu Update Driver kemudian tekan Enter lagi.
  8. Setelah itu, akan muncul jendela baru, silakan kamu pilih opsi Search automatically for updated driver software.
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian dan pemasangan driver selesai. Oh iya, proses ini memerlukan koneksi internet, ya.

Driver di atas yang dipilih adalah driver mouse ya, jadi untuk driver touchpad biasanya pada nomor 5 namanya berbeda-beda tiap laptop. Tetapi biasnya driver touchpad terletak pada urutan pertama. Jadi silakan kamu update juga driver touchpad ini apabila diperlukan, ya.

Reinstall Driver di Device Manager

Ini masih berhubungan dengan update driver di atas. Nah, apabila driver mouse atau touchpad yang terpasang di perangkat kamu sudah yang terbaru, maka ketika kamu update pasti tidak akan menemukan pembaruan.

Nah, solusi untuk hal ini adalah dengan reinstall driver tersebut, karena bisa saja driver yang terpasang terdapat masalah atau bahkan corrupt. Jadi, dengan reinstall diharapkan driver bisa normal kembali, dan kursor yang hilang akan muncul.

Cara melakukannya masih sama dengan update driver di atas, hanya saja pada langkah 7, yang kamu pilih adalah uninstall driver/device. Setelah selesai uninstall, silakan kamu restart laptop atau PC kamu, kemudian setelah hidup maka driver akan terinstal secara otomatis, terutama untuk driver touchpad.

Untuk driver mouse, kebanyakan juga akan menginstal driver secara otomatis, karena pada mouse sudah terdapat driver bawaan. Sehingga ketika terhubung, maka driver tersebut akan terpasang otomatis.

[adinserter block=”5″]

Atur Ulang Registry Cursor

Registry yang terdapat pada Windows salah satunya adalah registry cursor. Jadi, registry inilah yang berfungsi sebagai data konfigurasi pada sistem untuk mengatur kursor atau pointer.

Nah, salah satu penyebab kursor hilang bisa saja dikarenakan pengaturan pada registry yang salah. Oleh karena itulah, silakan kamu atur ulang registry cursor dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan kamu ketik Regedit kemudian tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka halaman Registry Editor akan terbuka.
  4. Pada bagian ini, silakan kamu gunakan tab atau tombol panah atas atau bawah untuk menggeser dan gunakan panah kanan atau kiri untuk membuka direktori atau folder.
  5. Silakan buka driktori HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies.
  6. Jika sudah, silakan kamu arahkan kolom ke tulisan System kemudian tekan Enter.
  7. Gunakan tab dan tombol panah untuk beralih ke kolom registry yang ada di sebelah kanan. Silakan kamu pilih EnableCursorSuppression kemudian tekan Enter.
  8. Pada bagian selanjutnya, silakan kamu ubah value dari awalnya 1 menjadi 0.
  9. Jika sudah selesai, silakan mulai ulang laptop atau PC kamu. Biasanya dengan begini kursor akan muncul kembali.

Service Touchpad Laptop

Jika kamu sudah mencoba cara-cara di atas tetapi kursor di laptop kamu belum muncul, maka kemungkinan terakhir kalau terdapat kerusakan pada touchpad tersebut. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu coba bawah ke tempat service saja.

Kalau kamu mempunyai skill untuk bongkar laptop, maka cukup beli touchpad-nya saja. Tapi jika tidak, lebih baik dibawa saja ke tempat service laptop untuk dilakukan penggantian touchpad disana.

Akhir Kata

Demikian tadi tutorial mengenai cara mengatasi kursor atau pointer laptop/PC Windows yang hilang. Kami harap dengan cara-cara yang sudah dituliskan di atas bisa mengatasi masalah kursor hilang.

Saya sendiri sudah pernah mengalami masalah kursor hilang ini di laptop, tapi untungnya masih mudah diatasi karena memang hanya disebabkan touchpad saya dinonaktifkan dengan tidak sengaja. Jadi, saya bisa mengatasinya hanya dengan menekan tombol touchpad saja, dan akhirnya bisa normal kembali, hehe.

Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia