Pinhome

Cara Memperbaiki Registry Windows 10 yang Error (Lengkap)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 4 June 2022 ∙ 7 menit membaca

Registry Windows merupakan kumpulan file atau basis data yang dibuat otomatis setelah Windows berjalan. File registry sendiri memang banyak sekali jumlahnya, dan semuanya merupakan konfigurasi sistem, seperti pengaturan software, hardware, sampai preferensi pengguna.

Jadi intinya, semua hal yang kamu lakukan di Windows akan tersimpan di registry, mulai dari pengaturan brightness, pengaturan aplikasi, volume laptop, dan sebagainya. Jadi secara sederhananya semua hal di Windows ini diatur dan dikonfigurasi oleh registry.

Meskipun begitu, basis data registry juga bisa saja mengalami error atau kerusakan (corrupt), sehingga memunculkan berbagai masalah pada sistem. Error pada registry sebenarnya beragam, dan kalau pengaruhnya sudah besar bisa membuat komputer atau laptop tidak bisa menyala.

Cara Memperbaiki Registry Windows 10

Selanjutnya untuk memperbaiki registry Windows 10 yang rusak atau error pada dasarnya mudah dilakukan. Perbaikan tersebut bisa kamu lakukan dengan aplikasi khusus dan bahkan kamu bisa memperbaikinya hanya dengan memanfaatkan fitur Windows 10 dan tanpa aplikasi tambahan apapun.

Perbaiki dengan CCleaner

Cara pertama adalah yang paling sederhana dan paling mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama CCleaner. CCleaner sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu dapat melakukan pengoptimalan sistem sampai melakukan perbaikan registry secara otomatis.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan tentunya bisa diandalkan untuk memperbaiki atau menghapus registry bermasalah. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi CCleaner.
  2. Setelah selesai mengunduh, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  3. Setelah selesai, bukalah CCleaner. Kemudian pada halaman utama aplikasi silakan kamu masuk ke menu Registry.
  4. Selanjutnya, silakan pilih opsi Scan for Issues untuk melakukan scanning registry yang rusak atau bermasalah.
  5. Silakan tunggu proses scan selesai, dan setelah itu silakan kamu pilih Fix selected Issues atau Fix All Issues. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.
  6. Jika muncul pesan Do you want to backup the registry before making change? silakan klik saja Yes.
  7. Langkah selanjutnya hanya tinggal menunggu proses perbaikan selesai.

[adinserter block=”4″]

Jalankan Perintah SFC

SFC merupakan salah satu perintah khusus pada CMD yang memiliki fungsi untuk mengecek file–file termasuk registry yang mengalami kerusakan pada Windows. SFC juga bisa memperbaiki atau menggantinya secara otomatis dengan file baru yang normal.

Silakan jalankan fitur SFC scannow ini, karena fungsi scan yang dijalankan disini bersifat universal, dan seluruh data sistem termasuh semua registry yang ada akan di-scanning secara keseluruhan. Nah, untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketik CMD kemudian klik OK untuk membuka Command Prompt.
  3. Jika sudah terbuka, silakan masukkan perintah sfc /scannow pada halaman CMD.
  4. Silakan tekan Enter setelah memasukkan perintah tersebut.
  5. Pastikan kamu menambahkan spasi setelah kata sfc, karena bila tidak maka perintah tidak akan bisa diakses.
  6. Jika sudah, silakan tunggu proses perbaikan selesai, setelah itu silakan restart laptop atau PC kamu.
  7. Done.

Gunakan DISM di CMD

DISM ini secara garis besar fungsinya kurang lebih mirip seperti SFC scannow sebelumnya. Deployment Image Servicing and Management (DISM) merupakan basis perintah perbaikan pada Command Prompt yang cara kerjanya melalui System Image yang diambil secara online.

Jadi pastikan kalau kamu memiliki koneksi internet untuk melakukan perbaikan dengan DISM ini ya. Langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Command Prompt sama seperti yang sebelumnya.
  2. Setelah CMD terbuka, silakan kamu input perintah DISM.exe /online /cleanup-image /scanhealth lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, silakan input perintah lagi yaitu : DISM.exe /online /cleanup-image /restorehealth dan tekan Enter lagi.
  4. Setelah memasukkan perintah-perintah di atas, maka proses perbaikan file registry yang rusak akan dimulai, silakan kamu tunggu saja sampai selesai.
  5. Biasanya proses tersebut memakan waktu cukup lama, namun tergantung pada spesifikasi perangkat dan kecepatan jaringan internet yang kamu gunakan.

[adinserter block=”5″]

Perbaiki Registry di Advanced Options

Bagaima jika perangkat tidak bisa masuk ke sistem Windows? Apabila hal ini terjadi, maka caranya adalah dengan melakukan perbaikan registry Windows melalui Advanced Options. Disana nantinya kamu akan bisa mengakses Command Prompt tanpa perlu masuk ke sistem Windows, dan kamu bisa langsung melakukan perbaikan.

Cara ini sangat tepat untuk memperbaiki Registry Windows ketika sedang mengalami error tidak bisa masuk ke sistem. Nah, untuk lebih detailnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini:

  1. Silakan kamu nyalakan laptop atau PC seperti biasa dan saat perangkat booting, silakan kamu tekan F8 secara berulang untuk mengakses menu Advanced.
  2. Pada halaman Advanced yang muncul, silakan kamu pilih Repair Your Computer pada menu yang tertera di layar.
  3. Jika sudah, silakan kamu pilih menu Troubleshoot, kemudian pilih Advanced Options lalu silakan klik Command Prompt.
  4. Setelah masuk ke CMD, silakan masukkan perintah copy c:windowssystem32configRegBack* c:windowssystem32config.
  5. Untuk perintah c: di atas merupakan tempat dimana file sistem disimpan. Jika kamu menggunakan nama partisi sistem yang berbeda, silakan sesuaikan saja.
  6. Jika sudah, tinggal tekan Enter saja.
  7. Coba mulai ulang perangkat kamu, dan biasanya dengan ini registry Windows bisa diperbaiki dan kamu akan bisa masuk ke sistem seperti biasanya.

Perbaiki Registry di Boot Menu

Boot menu juga bisa dibilang sebagai jendela instalas, dimana di menu ini kamu bisa melakukan perbaikan registry menggunakan fitur Troubleshoot. Cara ini sebenarnya ditujukan untuk error registry Windows yang cukup berat, sehingga memerlukan perbaikan ekstra.

Salah satu registry Windows error yang sangat berat adalah, perangkat tidak bisa boot ke sistem dan hanya stuck pada logo saja. Sebelum melakukan perbaikan dengan cara ini, silakan kamu siapkan hiren boot USB sebagai media bootable.

Jika sudah, silakan gunakan USB tersebut untuk memperbaiki registry Windows dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, silakan masukkan USB yang berisi software instalasi Windows yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Selanjutnya, silakan lakukan proses booting menggunakan USB tersebut.
  3. Setelah berhasil booting maka kamu kaan masuk ke menu instalas, silakan kamu pilih Repair Your Computer.
  4. Kemudian, masuklah ke dalam menu Troubleshoot.
  5. Langkah selanjutnya, kamu tinggal mengikuti panduan yang diberikan sampai semua registry yang bermasalah bisa dihilangkan.
  6. Jika sudah, silakan restart perangka, kemudian periksa apakah masih ada error pada bagian-bagian tertentu di Windows atau tidak. Jika tidak artinya proses perbaikan yang satu ini berhasil.

[adinserter block=”5″]

Reset Windows

Fitur reset pada Windows ini layaknya kayak instal ulang sistem, dimana dengan cara ini kita akan mengembalikan posisi sistem Windows 10 ke setelah awal (default). Jadi jika kamu menggunakan fitur reset ini maka secara otomatis registry yang error ataupun yang tidak akan terhapus dan nantinya akan dibangun ulang.

Cara ini menjadi cara final jika semua tips yang kami tuliskan di atas tidaklah mempan untuk memperbaiki registry Windows yang error. Karena mungkin tingkat atau level permasalahannya sudah di atas sekali, jadi langkah perbaikan otomatis melalui sistem tidak bisa berpengaruh lagi.

Jadi silakan kamu reset Windows untuk mengatasinya. Cara ini juga tidak akan menghapus data yang tersimpan pada disk, karena kamu bisa memilih untuk tidak menghapus data ketika melakukan reset. Namun, aplikasi dan pengaturan yang sebelumnya tersimpan akan hilang.

Berikut cara memperbaiki registry dengan cara reset Windows:

  1. Buka menu Settings dengan cara menekan tombol kombinasi WIndows + I.
  2. Setelah itu, silakan pilih menu Update & Security.
  3. Jika sudah, silakan masuk ke menu Recovery kemudian klik Get started pada bagian Reset this PC.
  4. Selanjutnya pada halaman Choose an option, silakan amankan data disk kamu, dengan memilih Keep my files.
  5. Kemudian, pilih Cloud Download guna untuk mengunduh dan menginstal ulang Windows.
  6. Proses download dan instalasi ini memerlukan koneksi internet. Jadi, pastikan kalau kamu terhubung ke jaringan internet, ya.
  7. Langkah selanjutnya klik Next dan lanjutkan prosesnya sampai selesai.
  8. Done.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai cara memperbaiki Registry Windows 10 yang error di laptop atau PC. Semua metode di atas pada dasarnya sangat efektif dan work, namun semua juga bergantung pada kondisi atau penyebab registry bermasalah.

Semua cara yang kami ketahui sudah kami tuliskan di atas, jadi silakan kamu ikuti saja panduannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia