BlogPemilik PropertiFinansial6 Cara Menambang Ethereum dengan Mudah
0
0

6 Cara Menambang Ethereum dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
6 Cara Menambang Ethereum dengan Mudahtop-right-banner

Seiring dengan kepopuleran Bitcoin yang semakin marak dalam beberapa waktu terakhir, tak sedikit inventor terus melakukan inovasi untuk membuat aset mata uang kripto jenis baru, salah satunya adalah Ethereum. Jika kamu termasuk dalam pengguna rantai bloknya, tentu kamu harus tahu cara menambang Ethereum dengan tepat sehingga bisa mendapat untung. 

Cara mendapatkan Ethereum sebenarnya bisa dari perangkat komputer atau ponsel Android. Kamu juga bisa mendapatkan mata uang kripto ini secara pool mining, personal mining, atau cloud mining. Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini sampai selesai, ya!

Baca juga: Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Cara Menambang Ethereum

Source : Pixabay

Sebelum membahas tentang cara menambang Ethereum, kamu perlu tahu apa sebenarnya Ethereum. Secara singkat, Ethereum adalah suatu software atau perangkat lunak yang ada pada blockchain yang sudah terdesentralisasi dengan mata uang tertentu, yaitu ETH.

Suatu jaringan dalam blockchain akan mengeksekusi sekaligus melakukan verifikasi secara mendalam pada semua kode dalam aplikasi secara peer to peer atau P2P. Alhasil, hal ini akan menunjang inventor untuk membuat aplikasi baru. 

Ethereum sendiri ternyata sudah ada sejak 2015 silam dan sudah menjadi salah satu aset kripto favorit. Para investor sudah sering bertransaksi dengan mata uang ini melalui bursa atau exchange. Secara garis besar, ada tiga cara mendapatkan Ethereum yang dapat kamu pilih, yaitu: 

Cloud mining

Cara pertama yaitu cloud mining atau menambang berbasis awan. Melalui cara ini, kamu sebagai penambang akan membeli atau menyewa sejumlah poin hash yang beras dari penyedia jasa instrumen mining, bisa individu atau perusahaan. Inilah sebabnya, kamu harus melakukan riset yang mendalam supaya lebih mengetahui mana cloud paling aman dan tepercaya. 

Pool mining

Tidak seperti menambang dengan basis awan, pool mining mengacu pada suatu sistem mining ETH pada platform kolam dengan bekerja sama. Mudahnya, para penambang dapat menyatukan setiap nilai hash sehingga bisa mendapat nilai yang lebih besar. 

Penambamg yang mendapat nilai paling tinggi bisa memiliki potensi lebih besar untuk menambang aset kripto Ethereum. Hanya saja, hasil akhir yang berhasil kamu dapatkan harus kamu bagikan kepada semua penambang dalam porsi yang sama alias merata. 

Personal mining

Cara menambang Ethereum ini kamu lakukan secara personal alias individual. Cara satu ini terbilang cukup populer bagi para penambang. Pasalnya, kamu tidak lagi perlu mengeluarkan dana ekstra untuk para penyedia jasa tambang, misalnya cloud atau pool.

Meski demikian, semua keuntungan hasil menambang yang kamu dapat akan sebanding dengan besarnya modal yang kamu keluarkan. Ini termasuk membeli peralatan menambang dan daya listrik. 

Baca juga: Apa itu Ethereum? Begini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Cara Mendapatkan Ethereum dari Komputer

Source : Pixabay

Selanjutnya, menambang aset kripto jenis Ethereum melalui perangkat komputer bisa kamu lakukan dengan cara berikut: 

  • Memilih GPU. Pastikan kamu memilih instrumen seperti GPU dengan benar. Ini akan membantu proses kalkulasi secara sistematis yang bersamaan dengan software pada ekosistem Ethereum.
  • Pasang perangkat lunak yang hendak kamu pakai untuk menambang. Biasanya, beberapa perangkat lunak sudah tersedia oleh GPU. Kamu bisa langsung mengunduh dari internet dan menyambungkannya pada rantai blok Ethereum.
  • Pelajari cara menambang Ethereum dengan baik. Sesuaikan dengan kemampuan dan kapabilitas kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Pilih kelompok menambang. Bergabung dengan grup akan membuat kamu lebih mudah mendapat solusi saat menghadapi masalah sekaligus meningkatkan kecepatan jaringan ketika sedang menambang. 
  • Pasang software Ethminer. Perangkat lunak ini akan membantu kamu mendapatkan keuntungan dari proses menambang. Mudahnya, Ethminer menjadi perangkat yang menjadi penghubung antara kamu dan semua grup penambang.

Sekarang ini, cara mendapatkan Ethereum dari komputer seharusnya sudah lebih mudah. Sebab, semua perangkat lunak yang kamu perlukan sudah dapat kamu akses melalui operasi Linux atau Windows. 

Baca juga: Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Cara Mendapatkan Ethereum dari Ponsel Android

Source : Pixabay

Sebagai investor dengan mobilitas yang tinggi, mungkin kamu pernah bertanya, apakah ada cara menambang Ethereum dari ponsel berbasis Android? Sayangnya, Google melalui fitur Google Play menyebutkan bahwa tidak ada cara yang bisa kamu pakai untuk menambang Ethereum dari ponsel. 

Meski begitu, sebenarnya kamu tetap bisa memakai aplikasi pada Google Play untuk memantau proses menambang aset kripto Ethereum secara kontinyu. Caranya dengan mengikuti langkah berikut ini. 

  • Gunakan perangkat mining dengan prosesor terbaik. Misalnya Application Specific Integrated Circuit (ASIC), Field-Programmable Gate Array (FPGA), atau Graphic Processing Unit (GPU) yang menjadi opsi paling baik dari sisi fleksibilitas dan performanya.
  • Pasang aplikasi untuk memantau proses menambang. Misalnya MinerGate Control yang menjadi pilihan aplikasi dari para penambang Ethereum.

Selain itu, kamu juga harus mengamati semua proses mining secara kontinyu. Caranya bisa melalui pengamatan terhadap status saldo konfirmasi dan besar jumlahnya secara langsung.

Demikian tadi cara menambang Ethereum yang bisa kamu coba lakukan, Pins. Memang benar, aset kripto menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan untuk investasi. Namun, kamu tetap perlu strategi dan ilmu yang cukup untuk bisa mendapat untung. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Cluster Kartika Cibitung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download