BlogPemilik PropertiFinansialBegini 3 Cara Mining Ethereum di Android
0
0

Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
mining ethereum di androidtop-right-banner

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ketika saya ingin mining 1 Ethereum?”. Untuk dapat menjawabnya, artikel ini akan mengulas mengenai mining ethereum di android. Ethereum Mining merupakan proses memverifikasi blok transaksi atau menciptakan blok cryptocurrency baru.

Istilah satu ini memang mungkin asing bagi orang awam, namun dalam dunia mata uang digital, penambangan atau mining adalah sumber kehidupan semua digital cryptocurrency yang memiliki basis Proof of Work (PoW).

Mengenal Istilah Mining dalam Dunia Crypto

Source : Freepik

Saat para penambang “menambang” untuk membuat bentuk blok baru, yang bisa ditambahkan dalam blockchain, penambang memakai kekuatan komputasi yang rumit dalam memecahkan teka-teki cryptography yang sulit. Ini adalah salah satu mekanisme inovatif dalam teknologi blockchain.

Penambang tentu menghabiskan waktu dan daya komputasi untuk memecahkan teka-teki matematika yang akhirnya memverifikasi transaksi Ethereum. Network pada Ethereum beroperasi di mekanisme Proof of Work dimana penambang diberi hadiah untuk setiap token baru yang berhasil ditambang. Untuk kamu yang berhasil menambang pada jaringan Ethereum nantinya dihargai 3 Ethereum.

Untuk melakukan pemambangan Ethereum, kamu wajib mempertimbangkan kesulitannya, konsumsi daya, dan biaya rig penambangan. Namun, bila nantinya mining berhasil, maka kamu bisa menerima hadiah untuk tiap blok. Walau begitu, kamu juga harus mempertimbangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk dapat mining Ethereum. Untuk dapat 1 Ethereum diperkirakan memerlukan waktu 6 bulan untuk menambangnya.

Dengan sulitnya hashing yang meningkat seiring berjalannya waktu, rig penambangan kamu wajib beroperasi dalam waktu lama ketika ingin menyelesaikan teka-teki matematika, dan menambah waktu untuk menambang. Ketika rig kamu beroperasi untuk waktu lebih lama, tambah banyak daya yang dikonsumsi. Bila tingkat kesulitan meningkat pada tingkat yang berbeda, rig penambangan kamu bisa jadi sudah usang.

Baca juga: Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Perhitungan Ethereum

Untuk tiap blok Ethereum yang kamu tambang, kamu menerima 2 Ethereum sebagai hadiah. Kamu bisa mendapat sekitar 200 USD per bulan untuk menambang, namun tentu membutuhkan waktu lama agar mendapatkan untung. Kamu juga bisa melihat kalkulator profitabilitas pertambangan. Dengan memakai kalkulator, kamu bisa memasukkan spesifikasi hardware dan biaya listrik.

Hal ini bisa membantu menentukan apakah proses mining akan menguntungkan atau tidak. Setiap daya listrik yang memiliki harga di bawah 0,12 USD kW per jam menguntungkan, dan lebih baik lagi jika harga daya listrik di bawah 0,06 USD. Namun, harga ini tidak sama di semua negara. Banyak negara maju memiliki harga listrik lebih dari  0,20 USD. Pada negara seperti itu, penambangan Ethereum di rumah bisa membutuhkan waktu hingga 150 tahun untuk dapat keuntungan.

Hal yang harus Kamu perhatikan pula  bagi penambang Ethereum yaitu peluncuran Ethereum 2.0. Peluncuran ini bisa beralih ke konsensus proof of stake, dimana kamu sebagai penambang bisa mendapat pengembalian untuk saham mereka dalam bentuk koin. Namun penambangan PoW bisa efektif sampai tahun 2023.

Mining Ethereum di Android

Source : Freepik

Cara kerja menambang Ethereum adalah penambang wajib menyelesaikan fungsi hash dan mulai daftar hash yang diinginkan dari tingkat kesulitannya. Motif utama dari penambang adalah menghasilkan uang, di waktu yang akan datang mereka bisa mendapatkan hadiah untuk setiap blok dan biaya transaksi yang dibayarkan dari pengguna.

Beberapa media juga mengatakan bahwa ada larangan dalam menambang crypto yang berlaku sejak 27 Juli 2018 lalu. Beberapa alasannya yaitu karena adanya ancaman malware dari aktivitas penambangan yang dilakukan melalui Android. Walaupun begitu, Google tidak mempersoalkan aplikasi di mana penambangan dikerjakan di tempat lain, misalnya dengan platform komputasi cloud.

Baca juga: 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Cara Mining Ethereum di Android

mining ethereum di android
Source : Freepik

Langkah yang harus diperhatikan ketika Pins ingin melakukan mining ETH di Android adalah sebagai berikut.

Gunakan Perangkat Android untuk Mining

Dikutip dari Cointelegraph, mining ETH bisa dilakukan dengan memakai prosesor GPU (Graphic Processing Unit), ASIC (Application Specific Integrated Circuit), dan FPGA (Field-Programmable Gate Array). Namun untuk mining dari rumah, disebutkan bahwa GPU masih bisa menjadi pilihan terbaik dari faktor performa, modal yang dikeluarkan, dan fleksibilitas.

Download Aplikasi Mining di Android

Untuk dapat memantau proses mining lewat Android, penambang wajib mengunduh aplikasi mining yang menyediakan layanan monitoring khusus Android. Sesuai aturan kebijakan terbaru dari Google, banyak aplikasi yang sudah mengembangkan aplikasi khusus yang berguna untuk memonitor profil mining di PC ini. Salah satunya adalah MinerGate yang mengembangkan MinerGate Control. Aplikasi tersebut dipakai untuk mengunjungi profil mining penambang di PC lewat smartphone.

Pantau Proses Mining di Android

Sesudah mengetahui prosesnya, penambang dapat mengunduh aplikasi untuk memantau mining di Android mereka sendiri. Kegunaan yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Misalnya, MinerGate Control yang bisa dipakai untuk melihat saldo keseluruhan, status konfirmasi saldo sampai potensi keuntungan mining secara real-time.

Kurang lebih itulah cara-cara mining ethereum di android yang dapat kamu lakukan. Sayangnya, kamu masih membutuhkan komputer dan prosesor, sebab proses mining secara langsung di Android sudah tidak dapat lagi dilakukan. Bagi kamu yang ingin dapat ETH secara lebih mudah, kamu dapat melakukan jual beli ETH di aplikasi pedagang aset crypto yang sudah disetujui oleh BAPPEBTI. 

Baca juga: Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Surya Breeze dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download