BlogLifestyleGadget7 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Cara Mengatasinya!
0
0

7 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Cara Mengatasinya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab baterai laptop cepat habistop-right-banner

Baterai laptop merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar dan bekerja menggunakan laptop. Namun, jika baterai laptop cepat habis dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama tentu akan menghambat bukan? Pins perlu mengetahui apa penyebab baterai laptop cepat habis dan cara untuk mengatasinya.

Ketika laptop dinyalakan dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, tentu akan menguras baterai yang tersisa. Akan tetapi, terdapat cara mudah untuk mengatasinya, berikut cara mengatasi baterai laptop cepat habis dan penyebabnya!

Baca juga:

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Pins mungkin merasa heran, mengapa baterai laptop menjadi lebih cepat habis? Mungkin saja itu terjadi karena Pins melakukan kebiasaan yang dapat merusak baterai laptop dan membuatnya cepat habis. Berikut penyebabnya!

Membiarkan charger Laptop Terus Terpasang

penyebab baterai laptop cepat habis
Source : iStockphoto

Kebiasaan untuk membiarkan charger laptop terpasang terus pada laptop dan stop kontak tentu akan membuat baterai laptop menjadi rusak Pins. Pasalnya, daya yang seharusnya sudah penuh akan terus terisi dan membuat laptop menjadi rusak pada bagian baterainya. Pins bisa memulai untuk mengubah kebiasaan dengan mencabut charger ketika baterai sudah penuh.

Menggunakan Laptop Dalam Kurun Waktu yang Lama

penyebab baterai laptop cepat habis
Source : Unsplash

Pins mungkin sering melakukan suatu pekerjaan dalam kurun waktu yang cukup lama menggunakan laptop? Jika ya, ini bisa menjadi salah satu penyebab baterai laptop cepat habis. Pasalnya, laptop akan membuka banyak jendela dan menjalankan beberapa aplikasi yang akan menguras baterai. Pins bisa menyiapkan charger jika memang akan menggunakannya dalam waktu yang lama.

Baca juga:

Arus Tegangan yang Masuk ke Laptop Tidak Stabil

penyebab baterai laptop cepat habis
Source : Adobe Stock

Setiap laptop akan memiliki standar tegangan arus listriknya tersendiri. Jika tegangan arus listrik yang masuk tidak stabil tentu akan menjadi penyebab baterai laptop rusak. Cara mengatasi baterai laptop cepat habis adalah dengan memperhatikan tegangan arus listrik yang masuk ke dalam perangkat.

Memakai Laptop Ketika Sedang Di-charger

Source : Techthirsty

Penyebab baterai laptop cepat habis yang selanjutnya adalah karena mungkin saja Pins menggunakan laptop sambil mencolokan charger. Hal ini tentu akan membuat baterai terus menerus menerima daya yang seharusnya sudah penuh. Kamu bisa mencabut charger jika baterai sudah full dan memasukannya kembali jika baterai hampir habis.

Baca juga:

Membiarkan Daya Baterai Sampai Habis Ketika Digunakan

Source : Geekscallout.co.uk

Membiarkan laptop dalam keadaan low battery merupakan suatu kesalahan besar Pins! Apalagi kamu membiarkannya sampai mati total karena kehabisan baterai. Jika hal ini sering terjadi, lama kelamaan baterai laptop akan rusak dan menjadi penyebab baterai laptop cepat habis.

Komponen Dalam Laptop Kotor

Jika komponen dalam laptop sering dibiarkan dalam keadaan kotor dan tidak pernah dibersihkan, akan menjadi suatu penyebab kerusakan pada komponen laptop. Baterai pada laptop yang kotor juga akan menjadi penyebab baterai laptop cepat habis. Pins bisa melakukan pengecekan dan membersihkannya secara rutin.

Menggunakan charger Laptop yang Tidak Sesuai Standar

Source : Bhineka

Ketika charger laptop yang Pins gunakan rusak, usahakan untuk tidak menggunakan charger yang tidak sesuai atau bukan peruntukannya. Jika kamu menggunakan baterai atau charger yang tidak sesuai tentu akan membuat kerusakan pada komponen laptop. Inilah yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak

Pins bisa melakukan beberapa cara agar baterai laptop tidak cepat habis berikut ini, supaya ketika bekerja atau belajar baterai tidak cepat drop. Inilah beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis selengkapnya! Untuk mengecek baterai laptop drop cukup mudah.

Melakukan Pengecekan Baterai

Source : IDN Times

Ketika baterai laptop sering drop, Pins bisa melakukan pengecekan dan mencari tahu penyebab baterai laptop cepat habis. Biasanya, saat baterai mulai drop akan muncul notifikasi consider replacing your baterry, yang berada pada bagian taskbar desktop. Jika baterai terus berada pada 0 persen, kamu hanya akan dapat menggunakan laptop dengan charger saja tanpa baterai. Kamu juga bisa mengganti baterai yang digunakan dengan yang baru.

Mengaktifkan Power Saver

Mengaktifkan power saver merupakan suatu cara mengatasi baterai laptop cepat habis yang efektif untuk menghemat daya. Itulah mengapa baterai laptop cepat habis sering terjadi karena mungkin saja kamu belum mengaktifkan mode ini pada laptop. Berikut caranya:

  1. Pertama klik Start.
  2. Ketik Control Panel lalu buka.
  3. Lalu, klik Hardware & Sound.
  4. Setelah itu, klik Power Options.
  5. Lalu, klik opsi Power Saver untuk mengaktifkannya.
  6. Baterai laptop akan menjadi lebih hemat.

Baca juga:

Atur Power Plan Secara Manual

penyebab baterai laptop cepat habis
Source : CellphoneS

Selain Power Saver, kamu bisa mencari cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis menggunakan konfigurasi power plan. Settings ini memungkinkan Pins untuk menghemat baterai ketika menggunakan laptop. Penyebab baterai laptop cepat habis bisa diatasi menggunakan cara berikut ini:

  1. Pertama buka Control Panel.
  2. Lalu klik menu Hardware & Sound dan pilih Power Options.
  3. Kemudian klik Create a power plan.
  4. Setelah diarahkan ke pengaturan power plan, kamu bisa pilih opsinya.
  5. Selanjutnya isikan namanya di kolom Plan Name, lalu klik tombol Next.
  6. Terakhir, silahkan setting baterai sesuai kebutuhan.
  7. Terakhir klik tombol Create.

Kalibrasi Manual Baterai Laptop

Kalibrasi ini ditujukan untuk memperbaiki status baterai laptop yang drop. Misalnya baterai laptop Pins statusnya 60%, kemudian terlihat jika status baterai tidak menunjukkan angka yang semestinya. Misalnya dari 60% drop ke 40% dalam waktu singkat.

Cara kalibrasi baterai laptop sendiri cukup mudah Pins! Pertama, kamu charger laptop tersebut sampai penuh setelah itu cabut. Lalu, diamkan laptopnya menyala terus sampai baterainya habis dan layar akan mati.

Memutuskan Perangkat Periferal

Periferal merupakan suatu perangkat yang tersambung ke laptop baik secara langsung atau menggunakan koneksi lainnya. Jika Pins memiliki perangkat periferal yang terhubung, cobalah untuk memutuskannya agar dapat menghemat baterai.

Mematikan Backlit Keyboard

Source : VSS Monitoring

Siapa sangka, jika keyboard laptop yang memiliki lampu dan dapat menyala dengan mewah ini bisa menjadi penyebab baterai laptop cepat habis. Pins bisa mematikannya untuk menghemat penggunaan daya, khususnya agar laptop dapat lebih lama digunakan.

Itulah beberapa penyebab baterai laptop cepat habis selengkapnya berikut dengan cara mengatasi baterai laptop cepat habis. Pins bisa melakukan beberapa cara mudah di atas untuk mengatasinya. Jika dirasa masih belum berhasil, kamu bisa membawanya ke tempat service. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download