5 Alasan Mengapa Harus Cuci AC secara Berkala

Pinhome

5 Alasan Mengapa Harus Cuci AC secara Berkala

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 13 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Pada saat penemu AC, yaitu Wilis Carier, menemukan pendingin ruangan pertama kali di tahun 1902, ia tahu bahwa ini jadi alat yang bermanfaat. Hanya saja, AC berkualitas bagus dan berfungsi dengan baik perlu diservis berkala, termasuk cuci AC. 

Beberapa orang terkadang mengabaikan perawatan AC mereka sehingga performa mesinnya cepat menurun. Selain itu, jarang membersihkan pendingin ruangan yang satu ini dianggap bisa berdampak bagi kesehatan kamu dan orang rumah. 

Itu sebabnya, Pins perlu tahu dulu nih apa saja alasan kita perlu service AC secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh manfaat dari penggunaan AC bagi rumah maupun diri sendiri. Simak daftar alasannya di bawah ini!

Alasan Mengapa Harus Cuci AC 

(Pinhome.id)

Mencuci AC memang tidak semudah mencuci baju. Ada begitu banyak komponen yang perlu diperhatikan mengingat ini barang elektronik. Sembarangan membersihkan tentu bisa merusak pendingin ruangan yang selalu bikin rumah kamu nyaman ini.

Sementara itu, jarang membersihkan AC pun mempengaruhi performa mesin dan membuatnya cepat rusak. Ini merupakan satu dari sekian banyak mengapa servis AC harus dilakukan secara berkala. Berikut alasan lain yang bisa jadi pertimbangan kamu. 

Meningkatkan Performa AC

Pins tahu tidak kalau salah satu cara merawat AC agar bisa berfungsi dengan baik adalah melakukan service dan cuci AC secara rutin? Faktanya memang benar demikian, lho

Apa gunanya membeli merk AC terbaik di pasaran jika tidak bekerja secara maksimal akibat kamu tidak merawat dengan benar? Tanpa servis berkala, kinerja AC akan buruk. Akibatnya, sistem pendingin udara gagal mengkondisikan ruang ke suhu yang diinginkan. 

Kondisi ini dapat terjadi bahkan ketika kamu mengubahnya ke pengaturan maksimal. AC akan terus menarik daya dan mencoba bekerja. Hanya saja, mesin hanya memakai daya listrik berlebihan dan lebih cepat aus tanpa meningkatkan performanya dengan baik. 

Tidak heran bila banyak ahli yang menganjurkan jika perawatan AC perlu dilakukan secara berkala, setidaknya 3-6 bulan sekali. 

Hemat Listrik

Service dan cuci AC secara berkala juga menjamin AC bekerja pada kapasitas yang optimal. Perlu diingat bahwa AC bisa kehilangan hingga 5% efisiensinya setiap tahun jika tidak dirawat dengan benar lho, Pins. 

Jadi, semakin tinggi efisiensi sebuah AC, maka semakin baik performanya sehingga alat ini mengonsumsi lebih sedikit energi. Semakin sedikit energi yang dikonsumsi, semakin hemat biaya tagihan listrik kamu, deh

Kualitas Udara Rumah Lebih Sehat

Kebanyakan AC yang jarang dirawat mungkin tersumbat oleh debu, kotoran, hingga bakteri dan jamur. Akibatnya, Pins dan anggota rumah menghirup udara yang terkontaminasi kotoran ini tanpa sadar. 

Bila dibiarkan, hal ini tentu bisa memicu masalah kesehatan, terutama ketika menderita alergi atau asma. Untungnya, service AC berkala bisa membantu memperbaiki kondisi udara di rumah dan menciptakan lingkungan yang sehat serta aman. 

Tidak hanya itu, kualitas udara rumah yang sehat memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Tidak heran orang yang tidur di ruangan ber-AC mengakui kalau tidur mereka lebih nyenyak dan terbangun lebih segar keesokan harinya. 

Lebih Tahan Lama

Umumnya, masa pakai AC akan tergantung pada ukuran ruangan hingga perawatannya. Rata-rata masa pakai AC rumah adalah 10 sampai 15 tahun. Coba Pins pikirkan bagaimana jumlah tersebut bisa berkurang tanpa servis berkala?

Hal ini mungkin bisa dianalogikan dengan fungsi tubuh manusia. Bila kamu tidak rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan rutin check-up, harapan hidup akan turun. 

Sementara itu, rutin memeriksa kesehatan dan menjalani pola hidup sehat tentu bisa meningkatkan harapan hidup, bukan? AC bekerja dengan cara yang hampir sama, lho

Pins perlu mengganti bagian yang rusak, membersihkan, dan memastikan AC berfungsi secara maksimal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan AC yang lebih tahan lama. 

Menekan Biaya Perbaikan

Banyak orang yang mungkin mengira kalau biaya servis dan cuci AC itu mahal. Nyatanya, mereka mungkin tidak tahu kalau harga perbaikan AC ketika tidak segera diatasi akan jauh lebih mahal. 

Kerusakan kecil bisa menjadi besar jika tidak segera diperbaiki atau diganti komponennya. Bila dibiarkan, biayanya tentu akan lebih mahal. Jadi, jika Pins ingin berhemat, perhatikan kapan perlu melakukan perawatan AC. 

Ini bertujuan mengurangi kebutuhan perbaikan di masa mendatang dan mencegah kerusakan permanen. Akibatnya, kamu mungkin harus membeli AC baru yang sebenarnya bisa dihindari bila segera diperbaiki. 

Jangan lupa untuk melihat garansi ketika membeli AC. Pins juga perlu merawat unit secara teratur sejak hari pemasangan. Mengabaikan hal tersebut mungkin bisa membuat garansi tidak berlaku lagi sehingga kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang. 

Mengingat ada begitu banyak alasan AC harus rutin dicuci dan diservis, kamu bisa mulai mencari service AC terdekat. Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah jasa cuci AC dari Pinhome Home Service. 

Tanpa perlu repot-repot, Pins hanya tinggal memesan layanan dan menunggu Rekan Jasa datang ke rumah. Lalu, para Jagoan ini akan mencoba mengembalikan kenyamanan rumah yang sempat terhenti akibat AC yang jarang dicuci. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel