BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Ide Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas
0
0

11 Ide Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
kolam ikantop-right-banner

Barang bekas yang berada di sekeliling kita sebenarnya bukan merupakan bagian dari sampah yang tidak dapat dipakai lagi. Barang bekas dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin menjadi barang baru yang menarik.

Alasan utama mengapa kita harus memanfaatkan barang bekas adalah permasalahan lingkungan. Pencemaran yang dibiarkan begitu saja akan berdampak tidak baik bagi kehidupan manusia selanjutnya. Sebut saja salah satunya cara membuat kolam ikan dari barang bekas.

Memiliki kolam ikan di rumah walaupun pada lahan yang cenderung sempit kini sudah bisa diwujudkan. Pins bisa menggunakan barang bekas pakai sebagai pengganti tempat untuk kolam ikan. Keunggulannya lebih fleksibel bisa dipindahkan ke berbagai tempat dan tentu saja menghasilkan tampilan yang menarik.

Baca juga: 10 Desain Kolam Ikan yang Bikin Rumah Makin Keren!

Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas

Apa saja barang-barang bekas pakai yang bisa dimanfaatkan? Intip yuk inspirasi cara membuat kolam ikan dari barang bekas di bawah ini!

Menggunakan Kayu Bekas

Source : Pinterest

Penggunaan kayu bekas bisa menjadi salah satu cara membuat kolam ikan dari barang bekas. Pins hanya memerlukan kayu, gergaji, paku, dan sealer plastik. Setelah kayu dibentuk menjadi kolam yang sesuai dengan keinginan, kamu dapat melapisi alas kayu dengan plastik hingga benar-benar tertutup semua. Selanjutnya isi dengan air, kolam ikan minimalis dapat menghiasi kebun belakang milik kamu.

Baca juga: 7 Kreasi dari Kayu Bekas yang Sangat Unik

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Barang Bekas Botol Kaca

Source : Etsy

Botol kaca mungil yang Pins buat dalam jumlah yang banyak juga bisa menjadi salah satu ide kolam ikan menarik nih! Cocok sekali untuk Pins yang senang mengoleksi ikan hias dalam warna-warni yang berbeda. Tempatkan bebatuan kecil pada dasar botol, agar tampilan botol semakin indah.

Penggunaan Pot Tanaman Minimalis

Source : Digsdigs

Lain hal dengan botol kaca. Penggunaan pot tanaman kecil yang minimalis juga bisa digunakan sebagai kolam ikan menarik yang dapat dengan mudah dipindahkan. Tampilannya pastinya modern dan bisa ditempatkan di sudut manapun di dalam rumah. Sesuaikan dengan warna ruang, maka kolam ikan mungilmu akan semakin selaras.

Baca juga: Yuk, Buat Kreasi Pot Bunga dari Barang Bekas yang Unik!

Penggunaan Pot Tanaman Besar

Source : Bukalapak

Tidak hanya pot tanaman yang berukuran kecil, pot tanaman dengan ukuran yang besar juga bisa dimanfaatkan sebagai kolam ikan. Cara membuat kolam ikan dari barang bekas satu ini memang banyak digunakan. Tampilannya menarik dan tentunya tetap bisa diaplikasikan pada hunian modern sekalipun.

Bathtub Kamar Mandi

Source : Empress Of Dirt

Bathtub selanjutnya, salah satu peralatan kamar mandi ini juga jangan disia-siakan bila sudah tidak ingin digunakan lagi. Kamu bisa menyulapnya menjadi kolam ikan yang tentunya tidak ada duanya. Pins bisa menggunakan warna asli, atau menutupnya dengan cat warna lainnya, isi air dan ikan kesayanganmu siap berenang kesana kemari dengan lincah.

Baca juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi

Ceret Tanaman Serbaguna

Source : Digsdigs

Cara membuat kolam ikan dari barang bekas menggunakan ceret tanaman juga menjadi salah satu alternatif. Pins bisa memotong bagian corong ataupun membuatnya sesuai dengan bentuk aslinya. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan bentuk ceret dan ukuran dari ikan yang akan Pins pelihara. 

Cara Membuat Kolam Ikan dari Tangki

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
Source : Pam Penick

Untuk membuat kolam ikan di taman dengan teknik yang cukup mudah, Pins dapat menggunakan tangki bekas yang berdiameter cukup lebar. Pengisian airnya Pun cukup mudah dan tentu saja tetap memiliki tampilan yang artistik. Tambahkan tanaman air dan batu koral di sekitar kolam agar kolam ikan milik kamu semakin menarik.

Penggunaan Ban Bekas

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
Source : Cute Diy Projects

Ban bekas pun juga bisa menjadi kolam ikan yang menarik. Caranya mudah, tempatkan pada bagian pekarangan rumah yang Pins inginkan, isi dengan tanah, dan tutup menggunakan plastik. Selanjutnya hias pinggir ban dengan menggunakan batu alam ataupun tanaman hias yang cantik. Isi dengan air dan masukan ikan kesayangan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

Ember Plastik Sebagai Kolam Ikan

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
Source : Pinterest

Ember kamar mandi milik kamu di rumah sudah mulai usang? Nah, jangan buru-buru dibuang terlebih dahulu, perbaiki dan lem bila ada kebocoran. Selanjutnya, buatlah sebagai kolam ikan yang menarik. Tempatkan pada sudut ruang pada teras dan tambahkan dekorasi menarik. Pins Pun bisa menambahkan dekorasi tanaman plastik sebagai pemanis.

Kendi atau Guci Cantik Mempesona

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
Source : Pinterest

Tampilan air mancur dan kolam ikan memang mempunyai unsur keterkaitan yang erat. Keduanya sangat cocok disandingkan. Penggunaan kendi bekas bertumpuk yang mempunyai fungsi air mancur dan kolam ikan bisa Pins adaptasi. Hasilnya pasti menarik dan membuat pekarangan rumah tidak membosankan.

Ember Kayu Serbaguna

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
Source : Reddit

Membuat ide lainnya yang di luar batas, Pins Pun bisa membuat kolam ikan dari ember kayu dengan pemakaian alas plastik di dalamnya. Namun, untuk menjadi kolam yang lebih menarik, Pins bisa menggunakan tampilan dari sudut yang berbeda. Biasanya kolam ikan dibuat dalam permukaan air yang datar, kini dengan penggunaan tabung kaca di dalamnya akan semakin terlihat unik.

Beberapa inspirasi mengenai ide cara membuat kolam ikan dari barang bekas cukup banyak bukan? Bila kamu mempunyai ide lainnya, bisa juga diaplikasikan ya! Hal yang paling penting tetap perhatikan oksigen di dalamnya dan rajin membersihkan kolam agar ikan dapat bertahan lama.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download