11 Ide Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 11 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Barang bekas yang berada di sekeliling kita sebenarnya bukan merupakan bagian dari sampah yang tidak dapat dipakai lagi. Barang bekas dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin menjadi barang baru yang menarik.

Alasan utama mengapa kita harus memanfaatkan barang bekas adalah permasalahan lingkungan. Pencemaran yang dibiarkan begitu saja akan berdampak tidak baik bagi kehidupan manusia selanjutnya. Sebut saja salah satunya cara membuat kolam ikan dari barang bekas.

Memiliki kolam ikan di rumah walaupun pada lahan yang cenderung sempit kini sudah bisa diwujudkan. Pins bisa menggunakan barang bekas pakai sebagai pengganti tempat untuk kolam ikan. Keunggulannya lebih fleksibel bisa dipindahkan ke berbagai tempat dan tentu saja menghasilkan tampilan yang menarik.

Baca juga: 10 Desain Kolam Ikan yang Bikin Rumah Makin Keren!

Cara Membuat Kolam Ikan dari Barang Bekas

Apa saja barang-barang bekas pakai yang bisa dimanfaatkan? Intip yuk inspirasi cara membuat kolam ikan dari barang bekas di bawah ini!

Menggunakan Kayu Bekas

(Pinterest)

Penggunaan kayu bekas bisa menjadi salah satu cara membuat kolam ikan dari barang bekas. Pins hanya memerlukan kayu, gergaji, paku, dan sealer plastik. Setelah kayu dibentuk menjadi kolam yang sesuai dengan keinginan, kamu dapat melapisi alas kayu dengan plastik hingga benar-benar tertutup semua. Selanjutnya isi dengan air, kolam ikan minimalis dapat menghiasi kebun belakang milik kamu.

Baca juga: 7 Kreasi dari Kayu Bekas yang Sangat Unik

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Barang Bekas Botol Kaca

(Etsy)

Botol kaca mungil yang Pins buat dalam jumlah yang banyak juga bisa menjadi salah satu ide kolam ikan menarik nih! Cocok sekali untuk Pins yang senang mengoleksi ikan hias dalam warna-warni yang berbeda. Tempatkan bebatuan kecil pada dasar botol, agar tampilan botol semakin indah.

Penggunaan Pot Tanaman Minimalis

(Digsdigs)

Lain hal dengan botol kaca. Penggunaan pot tanaman kecil yang minimalis juga bisa digunakan sebagai kolam ikan menarik yang dapat dengan mudah dipindahkan. Tampilannya pastinya modern dan bisa ditempatkan di sudut manapun di dalam rumah. Sesuaikan dengan warna ruang, maka kolam ikan mungilmu akan semakin selaras.

Baca juga: Yuk, Buat Kreasi Pot Bunga dari Barang Bekas yang Unik!

Penggunaan Pot Tanaman Besar

(Bukalapak)

Tidak hanya pot tanaman yang berukuran kecil, pot tanaman dengan ukuran yang besar juga bisa dimanfaatkan sebagai kolam ikan. Cara membuat kolam ikan dari barang bekas satu ini memang banyak digunakan. Tampilannya menarik dan tentunya tetap bisa diaplikasikan pada hunian modern sekalipun.

Bathtub Kamar Mandi

(Empress Of Dirt)

Bathtub selanjutnya, salah satu peralatan kamar mandi ini juga jangan disia-siakan bila sudah tidak ingin digunakan lagi. Kamu bisa menyulapnya menjadi kolam ikan yang tentunya tidak ada duanya. Pins bisa menggunakan warna asli, atau menutupnya dengan cat warna lainnya, isi air dan ikan kesayanganmu siap berenang kesana kemari dengan lincah.

Baca juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi

Ceret Tanaman Serbaguna

(Digsdigs)

Cara membuat kolam ikan dari barang bekas menggunakan ceret tanaman juga menjadi salah satu alternatif. Pins bisa memotong bagian corong ataupun membuatnya sesuai dengan bentuk aslinya. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan bentuk ceret dan ukuran dari ikan yang akan Pins pelihara. 

Cara Membuat Kolam Ikan dari Tangki

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
(Pam Penick)

Untuk membuat kolam ikan di taman dengan teknik yang cukup mudah, Pins dapat menggunakan tangki bekas yang berdiameter cukup lebar. Pengisian airnya Pun cukup mudah dan tentu saja tetap memiliki tampilan yang artistik. Tambahkan tanaman air dan batu koral di sekitar kolam agar kolam ikan milik kamu semakin menarik.

Penggunaan Ban Bekas

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
(Cute Diy Projects)

Ban bekas pun juga bisa menjadi kolam ikan yang menarik. Caranya mudah, tempatkan pada bagian pekarangan rumah yang Pins inginkan, isi dengan tanah, dan tutup menggunakan plastik. Selanjutnya hias pinggir ban dengan menggunakan batu alam ataupun tanaman hias yang cantik. Isi dengan air dan masukan ikan kesayangan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

Ember Plastik Sebagai Kolam Ikan

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
(Pinterest)

Ember kamar mandi milik kamu di rumah sudah mulai usang? Nah, jangan buru-buru dibuang terlebih dahulu, perbaiki dan lem bila ada kebocoran. Selanjutnya, buatlah sebagai kolam ikan yang menarik. Tempatkan pada sudut ruang pada teras dan tambahkan dekorasi menarik. Pins Pun bisa menambahkan dekorasi tanaman plastik sebagai pemanis.

Kendi atau Guci Cantik Mempesona

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
(Pinterest)

Tampilan air mancur dan kolam ikan memang mempunyai unsur keterkaitan yang erat. Keduanya sangat cocok disandingkan. Penggunaan kendi bekas bertumpuk yang mempunyai fungsi air mancur dan kolam ikan bisa Pins adaptasi. Hasilnya pasti menarik dan membuat pekarangan rumah tidak membosankan.

Ember Kayu Serbaguna

cara membuat kolam ikan dari barang bekas
(Reddit)

Membuat ide lainnya yang di luar batas, Pins Pun bisa membuat kolam ikan dari ember kayu dengan pemakaian alas plastik di dalamnya. Namun, untuk menjadi kolam yang lebih menarik, Pins bisa menggunakan tampilan dari sudut yang berbeda. Biasanya kolam ikan dibuat dalam permukaan air yang datar, kini dengan penggunaan tabung kaca di dalamnya akan semakin terlihat unik.

Beberapa inspirasi mengenai ide cara membuat kolam ikan dari barang bekas cukup banyak bukan? Bila kamu mempunyai ide lainnya, bisa juga diaplikasikan ya! Hal yang paling penting tetap perhatikan oksigen di dalamnya dan rajin membersihkan kolam agar ikan dapat bertahan lama.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia