BlogLifestyleKesehatan7 Cara Membersihkan Luka yang Bernanah dengan Benar
0
0

7 Cara Membersihkan Luka yang Bernanah dengan Benar

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membersihkan luka bernanahtop-right-banner

Luka bakar yang bernanah akan sangat menyakitkan. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan luka bernanah agar lekas sembuh dan rasa sakitnya hilang. Namun kamu perlu berhati-hati, karena salah membersihkan akan membuat infeksi semakin parah. 

Luka bernanah atau abses (Abscess) adalah kondisi medis yang terjadi ketika infeksi bakteri masuk ke dalam jaringan tubuh dan menyebabkan penggumpalan nanah di dalamnya.

Mengetahui cara membersihkan luka bernanah penting agar rencana kamu membeli rumah di Bekasi atau rumah bekas di Kab Bandung tidak terhambat. Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome untuk memuluskan rencanamu memiliki rumah idaman. 

Baca juga: Catat! 5 Usaha dan Cara Membersihkan Usus yang Kotor dengan Alami

Penyebab Luka Bernanah

cara membersihkan luka bernanah
Source : Pixabay

Sebelum mengetahui cara membersihkan luka yang bernanah, kamu perlu mengetahui mengapa luka pada kulit bisa bernanah dan menimbulkan rasa yang sangat sakit. 

Nanah umumnya terjadi karena infeksi bakteri pada luka. Dengan demikian, luka apapun dan pada bagian tubuh manapun berpotensi membentuk nanah yang menyakitkan jika luka tidak dirawat dengan baik. 

Berikut beberapa penyebab luka bernanah yang penting untuk kamu ketahui!

1. Infeksi Bakteri

Seperti yang disebutkan di atas, penyebab munculnya nanah pada luka di tubuh paling besar adalah infeksi bakteri. Infeksi bisa saja terjadi ketika luka dibiarkan terbuka dan tidak ditangani dengan benar. Menyembuhkan infeksi merupakan salah satu manfaat bunga bandotan

Ketika luka dibiarkan terbuka, maka bakteri seperti Staphylococcus aureus (staph) dan Streptococcus pyogenes (strep) akan masuk. Keduanya merupakan bakteri umum yang menyebabkan abses kulit. 

2. Folikulitis

Penyebab luka bernanah berikutnya adalah folikulitis. Ini adalah infeksi pada folikel rambut yang dapat berkembang menjadi abses. Biasanya, ini terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur.

3. Luka Sayatan atau Luka Bakar

cara membersihkan luka bernanah
Source : iStock Photo

Luka sayatan, luka bakar, atau luka terbuka lainnya dapat menjadi tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh dan menyebabkan luka bernanah. Untuk itu, ketika terjadi luka kamu harus merawatnya dengan cara membersihkan dan menutupnya. 

4. Kista

Kista juga disebabkan oleh infeksi yang menjadikan luka bernanah. Untuk diketahui, kista adalah kantung berisi cairan atau materi padat yang dapat terbentuk di bawah kulit. Kondisi ini memerlukan perawatan yang tepat secara medis atau bantuan makanan penghancur kista

5. Disfungsi Kelenjar Minyak

Kelenjar minyak pada kulit yang tersumbat dapat menjadi tempat perkembangan bakteri dan akhirnya menyebabkan luka bernanah. Selain itu, nanah juga bisa ditimbulkan oleh kondisi medis lain, seperti diabetes, gangguan kekebalan tubuh, hingga masalah vaskular.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Membersihkan Kacamata Agar Tidak Baret

Cara Membersihkan Luka Bernanah

cara membersihkan luka bernanah
Source : Pixabay

Membersihkan luka bernanah dengan benar adalah langkah penting untuk mencegah infeksi yang lebih parah. Namun, penting untuk diingat bahwa membersihkan luka bernanah bisa jadi memerlukan perawatan medis lebih lanjut. 

Jika luka bernanah belum terlalu parah, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk membersihkannya.

1. Cuci Tangan

Cuci tangan adalah aktivitas yang harus dilakukan sebelum memulai apapun, terlebih yang berkaitan dengan penyakit atau luka. Sebelum menyentuh luka, pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih untuk menghindari penyebaran kuman.

2. Siapkan Cairan Pembersih

Kamu perlu menyiapkan cairan pembersih untuk membasuh luka bernanah. Cairan yang direkomendasikan tentu saja larutan antiseptik yang bisa kamu beli di apotek. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunakan larutan garam dengan air matang hangat untuk membasuh luka. 

3. Bersihkan Area Sekitar Luka

Pertama-tama, bersihkan area sekitar luka bernanah dengan menggunakan kapas steril atau bola kapas yang dibasahi larutan antiseptik yang kamu gunakan. 

Bersihkan area sekitar luka secara perlahan dan jangan gosok terlalu kuat karena bisa merusak jaringan yang meradang. Membersihkan area sekitar luka penting untuk menghindari bakteri masuk ke dalam luka. 

4. Bersihkan Luka

cara membersihkan luka bernanah
Source : iStock Photo

Langkah berikutnya adalah membersihkan area luka yang bernanah. Kamu juga bisa menggunakan kapas steril untuk melakukan pembersihan ini. Oleskan secara perlahan bola kapas yang telah dibasahi larutan antiseptik ke area pusat luka. 

Sama seperti langkah sebelumnya, membersihkan luka juga harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan. Jangan sampai kamu menggosok dengan kuat sehingga nanah pecah dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. 

Baca juga: Begini 7 Cara Membersihkan Telinga Kucing Agar Terhindar dari Earmites

5. Keringkan

Setelah membersihkan luka, area yang dibersihkan tentunya basah, bukan? Nah langkah berikutnya adalah keringkan area tersebut dengan lembut menggunakan kapas steril bersih atau tisu kertas bersih. Hindari menggosok terlalu keras yang dapat menyebabkan iritasi.

6. Gunakan Salep Antibiotik

Setelah luka dibersihkan dan kering, kamu bisa melakukan pengobatan yaitu dengan menggunakan salep antibiotik. Namun pastikan salep yang kamu gunakan sudah sesuai anjuran dokter atau memang salep yang kamu peroleh dari dokter. 

Oleskan salep tipis-tipis dan perlahan pada area luka dan area sekitarnya yang telah kamu bersihkan sebelumnya. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan salep yang tertera pada bungkusnya. 

7. Balut Luka dengan Perban

Salah satu yang menyebabkan nanah adalah ketika luka dibiarkan terbuka dan terjadi infeksi. Untuk itu, kamu perlu membalut luka bernanah dengan perban untuk melindungi luka dari kontaminasi dan gesekan.

Itulah 7 cara membersihkan luka bernanah yang bisa kamu lakukan di rumah. Sebagai catatan, jika luka memburuk, kamu harus segera mendapat perawatan medis agar tidak semakin parah. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download