BlogLifestyleKesehatan8 Makanan yang Membantu Menjadi Penghancur Kista
0
0

8 Makanan yang Membantu Menjadi Penghancur Kista

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
makanan penghancur kistatop-right-banner

Pernah tidak Pins mengalami benjolan di bagian kulit? Bisa jadi itu kista yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk kulit. Mengatasinya bisa melalui medis atau mengkonsumsi makanan penghancur kista. 

Sebelum membahas topik ini, bagi Pins yang sedang memerlukan informasi seputar Program KPR Bank bisa langsung menuju website Pinhome. 

Kamu bisa menemukan berbagai pilihan rumah di BSD seperti New Abaya Village atau rumah bekas di Jakarta Timur. Menjual rumah juga bisa melalui Pinhome dengan adanya pasang iklan properti gratis yang memudahkan. 

Baca juga: 10 Jenis Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik

Mengenal Kista

makanan penghancur kista
iStock Photo

Sebelum membahas tentang makanan penghancur kista, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu kista. Berikut ulasannya. 

Kista adalah kantong jaringan tertutup yang biasanya berisi cairan, nanah, atau udara yang berbentuk seperti benjolan. Umumnya kista ini bersifat jinak dan tidak seperti kanker serta dapat muncul hampir di semua bagian tubuh. 

Karena jinak, kista biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan seringnya hanya terasa linu ketika disentuh atau tertekan. Selain itu, kista pada dasarnya tidak memerlukan perawatan intensif. 

Namun ada kalanya kista terasa sangat menyakitkan ketika sudah terjadi infeksi. Ketika hal ini terjadi, artinya kista sudah mempengaruhi struktur tubuh lain sehingga memerlukan bantuan medis berupa perawatan ringan hingga operasi. 

Baca juga: 15 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Penyebab Kista

makanan penghancur kista
iStock Photo

Penyebab kista pun sangat banyak, mulai dari infeksi, kelenjar sebasea yang tersumbat, atau karena tindikan. Sebagai informasi, kelenjar sebasea memiliki fungsi utama yaitu melumasi dan membuat kulit tahan air. Kelenjar minyak ini tersebar di berbagai penjuru tubuh. 

Berikut beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan kista:

  • Tumor
  • Kondisi genetik
  • Kesalahan pada organ embrio yang sedang berkembang
  • Adanya defek pada sel
  • Peradangan kronis
  • Penyumbatan saluran dalam tubuh yang menyebabkan cairan menumpuk
  • Parasit
  • Cedera

Baca juga: Ini Dia 12 Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin A

Jenis-jenis Kista

makanan penghancur kista
iStock Photo

Sama seperti penyebabnya, jenis kista pun juga sangat banyak. Hal ini mengingat kista bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Berikut beberapa jenis kista yang umum terjadi. 

1. Kista Ovarium

Kista ovarium termasuk jenis kista yang berbahaya bagi perempuan. Seperti namanya, jenis kista ini terbentuk di ovarium atau indung telur pada perempuan. Perlu perawatan medis yang memadai dan mengkonsumsi makanan penghancur kista ovarium sebagai pengobatan. 

Sifat kista ovarium bisa berupa fungsional yang berkaitan dengan siklus menstruasi, dermoid yang berisi berbagai jenis jaringan, atau endometrioid yang terkait dengan endometriosis. 

2. Kista Ganglion

Kista ganglion adalah kista yang terbentuk di sekitar sendi atau tendon, yang biasanya di pergelangan tangan atau kaki. Jenis kista ini berisi cairan sinovial yang mengelilingi sendi.

3. Kista Ginjal

Kista ginjal termasuk masalah serius karena dapat merusak fungsi ginjal. Umumnya kista ginjal menyerang salah satu ginjal saja, namun tidak menutup kemungkinan menyerang keduanya. Kamu perlu konsultasi medis dan makan makanan penghancur kista ginjal sebagai langkah antisipasi. 

4. Kista Sebasea

Kista jenis ini terbentuk dari kelenjar sebasea di kulit seperti yang telah disinggung di atas. Selain itu, kista sebasea bisa ditemukan pada kulit kepala, wajah, atau punggung. 

5. Kista Bartholin

Kista ini terbentuk di kelenjar Bartholin yang terletak di vulva wanita. Jenis kista bartholin ini bisa terasa nyeri dan menyebabkan kemerahan atau pembengkakan.

6. Kista Pilonidal

Kista ini biasanya terbentuk di area panggul bagian bawah dan biasanya berisi rambut atau serpihan kulit.

Selain enam jenis kista ini, masih ada beberapa jenis kista lain yang mungkin terjadi pada tubuh, dengan penamaan biasanya sesuai dengan letak kista tumbuh. 

Baca juga: 10 Jenis Makanan untuk Orang Diare Agar Cepat Sembuh

Makanan Penghancur Kista

makanan penghancur kista
Pixabay

Makanan mungkin tidak secara langsung menghancurkan kista, tetapi pola makan yang sehat dan penuh nutrisi dapat membantu dalam manajemen kesehatan dan mengurangi risiko pembentukan kista. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk mengurangi risiko pembentukan kista.

1. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat bisa menjadi opsi bagi kamu yang sedang berjuang sembuh dari kista ovarium atau kista jenis lain. Beberapa contoh makanan kaya serat antara lain brokoli, wortel, kacang almond, gandum, apel, alpukat, dan sebagainya. 

2. Omega 3

Salah satu penyebab kista adalah ketidakseimbangan hormon. Untuk itu, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, seperti makarel, sarden, ikan teri, kacang kedelai, salmon, dan sebagainya. 

3. Magnesium

Dalam beberapa kasus, kista akan sangat menyakitkan seperti kista ovarium. Rasa sakit yang ditimbulkan ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan tinggi magnesium, seperti kacang mete, almond, pisang, dan sayuran hijau. 

4. Makanan Tinggi Zat Besi

Zinc atau zat besi bisa membantu untuk menjaga keseimbangan hormon dan kekurangan zat besi yang bisa menjadi pemicu kista. Makanan tinggi zat besi antara lain daging merah, sayuran hijau, dan biji-bijian. 

Baca juga: 10 Jenis Makan yang Tinggi Kalium untuk Tubuh

5. Antioksidan

Peradangan pada bagian tubuh bisa berujung pada terbentuknya kista. Salah satu cara mencegah peradangan adalah mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti blueberry, stroberi, kacang-kacangan, hingga sayuran. 

6. Protein

Pilih sumber protein sehat seperti ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak. Protein mendukung pembentukan jaringan dan mempengaruhi keseimbangan hormon.

7. Buah dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran kaya serat, vitamin, dan antioksidan dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat membantu dalam mengatur pencernaan dan mengurangi risiko gangguan hormon, yang dapat mempengaruhi pembentukan kista.

8. Air Mineral

Hidrasi yang baik dengan air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mendukung fungsi organ, termasuk ovarium.

Itulah ulasan mengenai makanan penghancur kista yang perlu kamu ketahui. Selain makan makanan tersebut, kamu juga perlu konsultasi dengan medis jika kista terasa menyakitkan. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download