BlogLifestyleHobi6 Jenis Bunga Aster, Manfaat dan Fakta Menarik Lainnya
0
0

6 Jenis Bunga Aster, Manfaat dan Fakta Menarik Lainnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga aster memiliki keindahan bentuk dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga banyak masyarakat yang menanamnya sebagai tanaman hias di rumah mereka.

Keindahan bunga ini membuatnya populer bisa Pins jadikan hiasan rumah. Kamu yang tinggal di perumahan Tangerang seperti Kronjo Regency akan sangat cocok jika memiliki bunga ini. Keindahan desain Rumah Eksklusif dari Pinhome juga akan semakin terasa jika dipadukan dengan bunga aster. 

Arti Bunga Aster

Bunga Aster
Source: Pixabay

Ternyata, nama “aster” memiliki arti yang menarik. Kata “aster” berasal dari Bahasa Inggris Kuno yang berarti “matahari”. Hal ini karena aster tumbuh liar dan mekar di siang hari, kemudian menutup saat malam tiba. Selain itu, aster juga melambangkan kepolosan.

Makna bunga aster adalah simbol semangat dan juga mengandung makna romantis. Ini karena seseorang yang mengirimkan bunga ini dianggap menyatakan rasa sayang mereka kepada Sedulur.

Setiap bunga aster terdiri dari inti dan mahkota bunga. Kombinasi ini menguatkan makna romantisnya dan menjadi simbol cinta yang kuat dan tulus kepada Sedulur.

Dalam mitologi Nordik, bunga aster dikaitkan dengan kesuburan dan keibuan. Oleh karena itu, bunga aster merupakan hadiah yang indah untuk Sedulur yang baru saja melahirkan.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Ciri-Ciri Bunga Aster

bunga aster
Source: Pixabay

Banyak penggemar tanaman hias di seluruh dunia tertarik pada bunga aster. Di Indonesia, aster selalu menjadi elemen yang signifikan dalam rangkaian bunga.

Berikut adalah beberapa sifat bunga aster:

1. Bunga

Bentuk bunga aster adalah melingkar dengan kelopaknya yang tersusun rapi. Seperti bunga matahari dan krisan, aster berasal dari keluarga Asteraceae. Mahkota bunga ini pun memiliki ukuran yang bervariasi.

Bunga ini juga memiliki berbagai warna seperti putih, merah, ungu, dan biru keunguan. Ciri khas aster adalah warna kuning di bagian tengahnya. Aroma bunga ini menjadi ikonik dan lembut.

2. Daun

Daun aster memiliki bentuk yang lebar dengan sedikit gigi di tepinya. Warna daunnya hijau, tetapi tidak terlalu tua.

3. Siklus Pertumbuhan

Bunga aster termasuk dalam kategori tanaman bunga yang tumbuh setiap tahun. Pada umumnya, memiliki siklus pertumbuhan lebih dari 1 tahun. Namun, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman tahunan.

4. Ukuran Tanaman

Tanaman aster memiliki tinggi yang tidak terlalu besar, berkisar antara 30 hingga 70 cm. Tetapi ada juga varietas aster yang bisa tumbuh lebih tinggi.

5. Batang

Batang bunga ini pun umumnya terbagi menjadi beberapa cabang. Semua cabang ini menjadi tempat tumbuhnya bunga di ujungnya.

Baca juga: 15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Tidak Gampang Layu

Jenis Aster

Source: Pixabay

Aster merupakan salah satu kategori tanaman berbunga yang telah mengalami perkembangan dan perawatan selama bertahun-tahun. Saat ini, aster memiliki ratusan spesies yang masing-masing memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa spesiaes atau vaietas dari bunga aster yang paling populer:

1. Aster Kayu Biru

Aster kayu biru memiliki warna yang lebih lembut dan muda, cenderung keunguan atau kebiruan dengan sedikit sentuhan putih. Vairetas ini berasal dari bagian timur Amerika Utara. Biasanya, bunga ini mekar dari bulan Agustus hingga Oktober. Tanaman ini tumbuh dengan baik hingga ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

2. Aster Alpen

Aster alpen adalah jenis yang berasal dari pegunungan di Eropa, seperti namanya. Namun demikian, Pins bisa menjumpai bunga ini di Amerika Serikat dan Kanada. Bunga aster alpen memiliki warna ungu muda dengan bagian tengah berwarna kuning.

Keindahan bunga ini membuatnya populer di kalangan masyarakat Eropa. Meskipun biasanya berwarna ungu, aster alpen juga memiliki variasi warna lain seperti merah muda dan kebiruan. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 15 hingga 30 cm dan mekar pada akhir musim semi atau awal musim panas.

3. Aster Kayu Putih

Aster kayu putih, yang juga dikenal sebagai euribia divaricata, merupakan varietas lain dari bunga aster. Kelopak aster kayu putih berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning cerah.

Tanaman ini berasal dari timur Amerika Utara, terutama di wilayah pegunungan Appalachia. Bunga ini hanya mekar pada akhir musim panas hingga musim gugur.

4. Bunga Aster Putih

Symphyotrichum ericoides adalah nama Latin untuk aster putih. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Meksiko bagian utara. 

Tingginya berkisar antara 30 hingga 90 cm. Mahkota aster putih ini berwarna putih atau merah muda dengan bagian tengah berwarna kuning. Bunga aster putih mekar pada akhir musim panas hingga musim gugur.

5. Aster Kuning

Aster kuning, juga dikenal sebagai Eucephalus breweri dalam bahasa Latin, berasal dari Amerika Utara, terutama di pegunungan Sierra Nevada di California. Bunga ini memiliki bentuk menyerupai bintang dengan warna kuning yang lembut. Ukuran jenis aster kuning ini biasanya sekitar 5 cm.

Di habitat aslinya, aster kuning tumbuh di sekitar pohon kayu caudex di wilayah barat laut Nevada hingga barat daya Oregon. Tinggi tanaman aster kuning dapat mencapai 1 meter.

6. Aster Biru

Symphyotrichum laeve adalah nama Latin untuk aster biru. Spesies aster biru berasal dari Kanada dan sangat populer karena keindahan warnanya yang ungu-kebiruan. Tinggi tanaman aster biru sekitar 70 cm.

7. Aster New England

Aster New England, atau symphyotrichum novae-angliae dalam bahasa Latin, berasal dari pegunungan Rocky di Amerika Utara. Tanaman aster ini dapat tumbuh hingga 120 cm.

Mahkota aster New England ini berwarna ungu dengan bagian tengah kuning yang cerah. Bunga ini juga dikenal sebagai Santo Michael Daisy dan diperkenalkan pertama kali kepada bangsa Eropa pada tahun 1710.

Itu tadi informasi seputar jenis dan manfaat bunga aster. Semoga bermanfaat bagi Pins!

Baca juga:

Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download