BlogLifestyleEdukasiDoa Naik Kendaraan Agar Selamat Sampai Tujuan
0
0

Doa Naik Kendaraan Agar Selamat Sampai Tujuan

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
doa-naik-kendaraan-perjalanantop-right-banner

Tahukah kamu, Pins? Dalam Islam, kita dianjurkan membaca doa naik kendaraan. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali doa sehari-hari dalam Islam yang bisa kita amalkan. Salah satunya adalah doa naik kendaraan agar kita senantiasa diberi keselamatan sampai tujuan.

Bagi sebagian orang, naik kendaraan merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan dan bisa menyusuri jalan. Namun sayangnya, ada banyak peluang kecelakaan yang mungkin terjadi saat kamu menaiki kendaraan.

Oleh karenanya, penting untuk membaca do\’a naik kendaraan sebelum bepergian. Nah, Pins sudah tahu belum seperti apa bacaan doanya? Yuk simak di bawah ini!

Baca juga: Bacaan Doa Tidur Latin Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan
Source : Suara com

Berikut ini adalah doa naik kendaraan yang bisa kamu lafalkan sebelum bepergian:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: \”Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.\”

Hikmah dari mengucapkan doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas Nikmatnya yang telah menganugerahkan kendaraan tersebut untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan.

Baca juga: Baca Ini Saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya

Doa Naik Kendaraan Laut

doa naik kendaraan
Source : Detik.com

Selain doa di atas, ada juga doa naik kendaraan laut yang berbunyi sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreha wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: \”Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang\”

Doa khusus naik kapal diatas merupakan doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh pada saat mengendarai kapalnya yang diabadikan dalam Al-Qur\’an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: \”Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.\” Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41).

Untuk Doa naik Pesawat atau kapal terbang bisa juga membaca doa naik kendaraan umum diatas karena pesawat juga merupakan kendaraan, bisa pula setelah itu dilanjutkan membaca doa naik kapal, doa naik juga bisa di pakai saat menaiki pesawat terbang.

Doa Ketika Akan Keluar Rumah

Source : Pinterest

Sebelum membaca doa naik kendaraan, hendaknya Pins juga membaca doa keluar rumah agar senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Berikut ini doa keluar rumah yang bisa Pins lafalkan:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu \\\’alallah la hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: \”Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.\”

Baca juga: Doa Ketika Mimpi Buruk

Manfaat Membaca Doa Mau Naik Kendaraan

doa naik kendaraan
Source : Kudu pinter

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, jika sebelum melakukan perjalanan, terlebih dahulu membaca doa naik kendaraan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Pertama, terhindar dari mara bahaya seperti kecelakaan, perampokan, begal, atau pun hal lainnya yang bisa mengganggu perjalanan kita. 
  • Kedua, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, sehingga akan selamat sampai tujuan yang dituju dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, tanpa ada kendala atau kesukaran. 
  • Ketiga, mendapatkan keberkahan dalam perjalanannya, seperti bertemu dengan orang-orang baik, dijauhkan dari orang-orang yang akan berbuat jahat, dan terhindar dari prilaku menyimpang atau prilaku maksiat kepada Allah SWT selama dalam perjalanan.

Baca juga: Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Adab Ketika Menaiki Kendaraan

doa naik kendaraan
Source : Ayo Semarang

Dalam Islam, ada anjuran-anjuran yang sebaiknya kita lakukan selama melakukan perjalanan. Setidaknya ada 12 anjuran yang bisa kita ikuti, yaitu sebagai berikut:

Disunnahkan Tidak Bepergian Sendirian

Yang pertama adalah tidak bepergian sendirian. Untuk perempuan, hukumnya sudah jelas. Mereka tidak boleh bepergian sendirian tanpa mahramnya. Namun anjuran tidak bepergian seorang diri ini juga berlaku untuk para laki-laki.

Carilah kawan yang bisa menemani selama di perjalanan. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk bepergian sendirian. Lagipula, bepergian bersama dengan kawan akan memudahkan kita untuk meminta pertolongan. Kita bisa saling membantu dan saling mengingatkan.

Ditemani Teman Safar yang Baik

Ketika sedang mencari teman perjalanan, carilah kawan yang baik. Dengan memilih kawan yang baik, kita telah mengajak seseorang yang siap mengingatkan kita dalam hal kebaikan, seperti mengingatkan waktu shalat dan kebaikan lainnya.

Carilah kawan yang tidak segan menegur ketika kita lalai. Tidak ada kawan yang lebih baik daripada kawan yang mengajak kita untuk berbuat baik.

Tidak Menjamak Shalat Lebih Baik

pengertian sholat wajib
Source : Konsultasi Fiqih

Salah satu syarat boleh menjamak shalat adalah bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Ini merupakan kemudahan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya. Meskipun boleh, kita dianjurkan untuk tidak menjamak shalat jika tidak ada kesulitan.

Apabila memungkinkan untuk melakukan shalat tepat pada waktunya, tentu akan lebih utama melaksanakan shalat sesuai dengan jadwalnya tanpa perlu menjamaknya. 

Dianjurkan Mengqashar Shalat

Kita tidak dianjurkan untuk menjamak shalat ketika bepergian, namun kita lebih dianjurkan untuk mengqashar shalat. Bahkan dihukumi sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat yang boleh diqashar adalah shalat yang berjumlah 4 rakaat, yaitu shalat Dzuhur, Ashar, dan Isya’. Sedangkan shalat Maghrib dan Subuh tidak boleh diqasar.

Lebih Baik Tidak Shalat di Atas Kendaraan

Syarat sah shalat adalah menghadap kiblat. Jika tidak menghadap kiblat, shalat kita tidak akan sah. Untuk itulah, kita dianjurkan untuk tidak melaksanakan shalat di atas kendaraan ketika bepergian. Lebih baik kita turun dari kendaraan sebentar dan melaksanakan shalat di masjid atau mushola terdekat.

Akan tetapi, ada juga pendapat yang memperbolehkan kita shalat di atas kendaraan jika memang tidak memungkinkan untuk turun. Misalnya karena kita naik kereta api atau pesawat terbang. Kedua transportasi umum ini tidak memungkinkan kita untuk berhenti sesuka hati. Sudah ada jadwal yang ditentukan. Daripada meninggalkan shalat, lebih baik kita shalat di atas kendaraan. 

Membaca Doa Ketika Keluar Rumah

Jangan lupa membaca doa ketika hendak melakukan perjalanan. Yang pertama adalah doa keluar rumah. Doa yang dibaca adalah berikut ini:

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhim.

Doa ini meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah. Dengan membaca doa ini pula, malaikat bersiap melindungi kita selama berada di luar rumah.

Membaca Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan
Source : Pinterest

Membaca doa keluar rumah saja itu belum cukup. Ada doa lain yang sebaiknya juga kita baca, yaitu doa naik kendaraan. Jika kita naik mobil, baca doa naik kendaraan darat. Apabila kita memilih transportasi laut atau udara ketika bepergian, doa yang dibaca adalah doa naik kendaraan laut.

Pamit Kepada Kerabat atau Tetangga

Selama hidup di dunia ini, kita memiliki keluarga dan tetangga. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berpamitan kepada mereka ketika hendak melaksanakan perjalanan. Terlebih lagi, jika kita mengajak serta seluruh keluarga.

Dengan berpamitan, keluarga dan tetangga akan tahu bahwa kita sedang tidak berada di rumah dan bisa menyampaikannya kepada tamu yang datang.

Perbanyak Membaca Doa Selama di Perjalanan

Salah satu waktu yang tepat untuk memanjatkan doa adalah ketika kita sedang dalam perjalanan. Doa seorang musafir (orang yang melakukan perjalanan) merupakan salah satu doa yang diijabah oleh Allah. 

Jika Sahabat memiliki keinginan atau hajat yang belum terkabul, Sahabat bisa memanjakannya selama di perjalanan. Daripada bingung, lebih baik Sahabat memperbanyak doa. Selain kemungkinan besar akan dikabulkan oleh Allah, hal ini juga bisa digunakan untuk mengusir rasa bosan selama dalam perjalanan.

Baca juga: Doa Niat Puasa Qadha Lengkap dengan Latin dan Artinya

Bersegera untuk Kembali Pulang

Perjalanan yang dilakukan tentu memiliki tujuan. Bisa saja untuk berdagang, untuk menjalin silaturahmi, atau tujuan lainnya. Apapun tujuannya, jika tujuan tersebut sudah tercapai di tempat tujuan, dianjurkan untuk segera pulang.

Menurut Rasulullah, safar atau bepergian merupakan sebagian dari azab karena orang yang bepergian menjadi sulit memenuhi kebutuhannya akan makan, minum, dan tidur. Untuk itulah kenapa Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk segera pulang setelah urusannya di tempat tujuan sudah selesai. Dengan begitu, kita bisa kembali memenuhi kebutuhan kita dengan baik.

Melakukan Shalat Sunnah Setelah Bepergian

Source : Pinterest

Dalam perjalanan pulang setelah bepergian, disunnahkan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat sebelum sampai di rumah. Sahabat bisa melakukannya di masjid atau mushola yang ada di sepanjang perjalanan pulang. 

Ini bisa diikhtiarkan sebagai bentuk rasa syukur kita karena masih diberi kesehatan dan keselamatan sehingga bisa menempuh perjalanan pulang. Sekaligus juga sebagai bentuk memohon keselamatan agar sampai di rumah dengan keadaan sehat wal afiat.

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Mayit Perempuan Sesuai Sunnah

Mengadakan Acara Makan-makan Setelah Bepergian

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW ketika datang ke Madinah, beliau menyembelih unta atau sapi betina untuk jamuan. Kita sebagai umat Nabi Muhammad bisa meniru yang dilakukan oleh beliau.

Bukan meniru hal yang sama persis dengan menyembelih unta atau sapi betina, tapi meniru penyelenggaraan acara makan-makan setelah bepergian. Dalam Islam, hal ini disebut dengan An-Naqi’ah. 

Itulah bacaan doa naik kendaraan baik kendaraan darat, laut maupun udara beserta latin dan terjemahnya. Pada saat mengendarai atau menaiki kendaraan alangkah baiknya senantiasa mengucapkan doa di atas agar Allah Swt melindungi kita dari mara bahaya dan kita bisa sampai ditujuan dengan selamat. Semoga doa naik kendaraan bisa bermanfaat bagi kita semua!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download