BlogPemilik PropertiDesain HunianEstimasi Biaya Meninggikan Lantai Rumah dan Cara Menghitungnya
0
0

Estimasi Biaya Meninggikan Lantai Rumah dan Cara Menghitungnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekarang ini sudah mulai memasuki musim hujan, hal tersebut tentunya membuat beberapa daerah di Indonesia sering terkena musibah bajir. Untuk mengatasi hal tersebut Kamu dapat meninggikan lantai rumah. Tentunya hal tersebut dapat menjadi solusi yang paling ampuh agar air banjir tidak masuk lagi ke dalam rumah. Sebelum itu, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu biaya meninggikan lantai rumah agar dapat mempersiapkan dananya dari awal. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan biaya meninggikan lantai rumah dan cara menghitungnya.

Meninggikan lantai rumah tentunya membutuhkan biaya, rencana, dan juga tahapan yang matang. Jika lantai rumah sudah tinggi, maka Kamu tidak harus repot-repot memikirkan air banjir yang akan masuk. Hal tersebut terbukti efektif dan juga efisien untuk mengatasi permasalah banjir. Oleh karena itu, simak penjelasannya berikut ini.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya yang kamu mau. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Rincian Biaya Material Meninggikan Lantai

Source : Pixabay

Contoh hitungan material untuk biaya meninggikan lantai rumah yaitu jika misal tinggi urugan lantai rumah sebesar 100 cm dan luas rumah beserta halaman yaitu 10x10m. Cara menghitung biaya materialnya yaitu sebagai berikut:

  • Tinggi urugan lantai yaitu sebesar 100 cm = 1m.
  • Volume: 10x10x1 = 100m3 (kubik).
  • Harga untuk 1 rit urugan = Rp. 250.000.

Maka bisa disimpulkan bahwa untuk memesan tanah urug diperlukan sebanyak 100 kubik, di mana setiap 1 ret urugan akan berisikan 7 kubik. Jumlah reg urugan yang diperlukan setidaknya 15 reg urugan. Sehingga, hitungan materialnya yaitu 15 reg urugan x Rp. 250.000 (harga untuk 1 rit urugan) yang di mana sebesar Rp 3.750.000.

Biaya Jasa Tukang

Source : Pixabay

Setelah Kamu mengetahui rincian dari biaya material yang dibutuhkan, maka Kamu juga harus mengetahui berapa biaya jasa tukang urug lantai rumah. Per kubik, tukang biasanya akan dihargai sebsar Rp. 20.000, maka Kamu tinggal mengkalikan saja 100 (volume atau kubik) x Rp. 20.000 (biaya jasa tukang per kubik) = Rp.2.000.000

Jumlah Total Biaya Meninggikan Lantai Rumah

Cara menghitung total biaya meninggikan lantai rumah yaitu dengan menambah biaya material dan biaya jasa tukang, 3,75 juga + 2 juta menghasilkan biaya total sebesar 5,75 juta. Sehingga, setidaknya biaya atau anggaran yang dapat Kamu siapkan terlebih dahulu sekitar Rp 6 juta. Hitungan tersebut tentunya belum termasuk untuk biaya plester dan pasang keramik.

Untuk biaya tersebut dan juga biaya yang lainnya, dapat Kamu sesuaikan dengan harga pasaran di sekitar tempat tinggal agar dapat menghitungnya dengan pasti. Jika Kamu telah mengetahui, maka Kamu tinggal menambahkan saja dengan jumlah total sebesar Rp. 5.750.000 tadi. Sehabis itu, akan dapat mendapatkan hasil akhir yang dapat Kamu siapkan.

Tips untuk Meninggikan Lantai Rumah

Source : Pixabay

Ketika Kamu ingin meninggikan lantai rumah, Kamu juga membutuhkan tahapan yang pas agar dapat sesuai dengan keinginan yang Kamu mau. Berikut ini penjelasannya.

1. Menentukan Target Tinggi

Merenovasi lantai rumah ataupun meninggikannya, pastinya harus sesuai dengan keinginan dan bisa bertahan kokoh dan kurun waktu yang panjang. Hal yang satu ini selaras dengan rumah sebagai tempat tinggal yang dihuni lama. Oleh karena itu, langkah awalnya yaitu dengan mempertimbangkan dengan sangat baik mengenai target lantai rumah yang ingin atau akan dibangun.

2. Menggunakan Material yang Terbaik

Source : Pixabay

Setelah Kamu sudah menentukan target dan juga rancangan atas ketinggian lantai dari rumah, saatnya untuk memilih bahan material yang terbaik untuk prosesnya. Material yang mempunyai kualitas yang bagus tentunya akan membuat kokoh dan juga tahan lama. Untuk tips yang kedua ini dapat didiskusikan dengan orang yang ahli di bidangnya agar dapat menyarankan material yang terbaik. Jangan gunakan material yang murah akan tetapi tidak bagus, karena tentunya dapat membahayakan pondasi dari rumah Kamu.

3. Memilih Jasa Tukang yang Terbaik

Tips yang terakhir yaitu memilih tukang yang terbaik. Hal yang satu ini dilakukan karena tidak semua tukang dapat mengerjakan proyek yang satu ini dengan apik dan rapi. Oleh sebab itu, diperlukan untuk mencari tukang bangunan yang ahli dan juga andal dalam bidang ini agar proses meninggikan lantai rumah dapat berjalan dengan baik, mulus, dan hasilnya bagus. Tukang yang terbaik juga tentunya akan mengerti seluk beluk dari proyek seperti ini.

Sekarang, Kamu sudah tau kan berapa biaya meninggikan lantai rumah dan juga beberapa tipsnya. Dengan meninggikan rumah, maka tidak perlu khawatir air banjir akan masuk ke dalam rumah lagi. Itu dia penjelasan tentang biaya meninggikan lantai rumah yang dapat Pinhome sampaikan kepada Kamu semua. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download