Pinhome

Manfaat Kopi Sebagai Bahan Dasar Bangunan

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 2 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Siapa bilang kopi hanya untuk minuman saja? Setelah membaca ini Pins akan mengetahui bahwa kopi bisa dijadikan bahan dasar dari pembuatan bangunan kokoh sebuah denah rumah 2 lantai. Tidak percaya? 

Pinhome – Semula ide ini berasal dari sebuah penelitian yang diadakan di University of Andes di Colombia oleh seorang mahasiswa teknik yang ingin mencari cara lain dalam proyek pembangunan rumah tanpa harus menggunakan bahan kimia.

That’s it! Akhirnya dia menemukan jawabannya dan itu berasal dari pengolahan kopi sebagai bahan dasar bangunan. Mengapa harus menggunakan kopi sebagai bahan dasar bangunan? Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan kopi untuk material dasar. 

Perawatan Mudah 

Selain biayanya tidak begitu mahal, perawatannya pun juga mudah dan tak perlu bersusah payah untuk mempertahankan keindahannya. 

Kopi juga tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak beracun. Ini sangat cocok sekali untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai dan berbagai model rumah yang lain.

Baca Juga: Bangkitkan Energi Positif dengan Feng Shui

Kopi sebagai bahan dasar bangunan
(Pixabay)

Awet

Fleksibilitas dan ketahanan yang tinggi adalah alasan lain dari penggunaan kopi untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai. Masalah kualitas, bahan yang semula digunakan untuk minuman saja ini tak perlu diragukan lagi. 

Kekuatannya tak tertandingi dan sanggup bertahan lama. Daripada menebang pohon untuk memperoleh kayu sebagai bahan dasar bangunan, lebih baik memakai solusi ini untuk sebuah rumah yang ramah lingkungan dan sebagai wujud pencegahan penebangan liar yang menjadi faktor utama hutan gundul.

Penggunaan bahan kimia dalam proyek pembangunan rumah memang tak terelakkan lagi. Namun dengan adanya kopi, penggunaan tersebut bisa dikurangi sehingga tercipta sebuah rumah yang sehat dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Campuran PVC agar Semakin Kokoh

Kopi sebagai bahan dasar bangunan
(Pixabay)

Tak bisa terbayangkan di kepala bagaimana biji kopi kecil-kecil tersebut digunakan untuk membangun rumah. Eits, sebenarnya bukan biji-bijinya yang digunakan untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai tersebut, melainkan kulit luar dari biji kopi yang keras. 

Biasanya oleh para pengolah kopi, bagian keras yang membungkus biji kopi ini dibuang dan sudah tidak dipergunakan lagi. Namun sekarang berbeda, bahkan lapisan biji kopi yang luas tersebut pun bisa dimanfaatkan juga.

Kulit luar biji kopi yang keras tersebut dicampur dengan PVC untuk mendapatkan ketahanan yang kokoh. Ini bisa dijadikan panel dalam pembangunan denah rumah 2 lantai. Daripada menebang pohon untuk memperoleh kayu agar bisa membuat kerangka rumah dan berakibat kerusakan hutan, lebih baik memanfaatkan limbah kopi yang dicampur dengan PVC untuk kualitas yang luar biasa.

Murah

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari penggunaan kopi sebagai bahan dasar rumah adalah biaya yang lebih murah. Mendengar kata murah, ini menjadi suatu berita gembira bagi setiap orang yang ingin memiliki rumah ideal, ramah lingkungan dan sehat dengan kopi alami. Jadi, bagaimana dengan rumah Pins?

Baca Juga: Pertimbangan Membangun Rumah Tumbuh

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia