Pinhome

Lifestyle

Berikut Ayat Tentang Ikhlas dalam Al-quran

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Ikhlas, salah satu perbuatan yang kelihatan mudah tapi sebetulnya sulit dilakukan. Secara definisi, ikhlas adalah kesucian hati dalam bersikap. Baik kepada sesama umat maupun ketika beribadah atas perintah Allah SWT. Ikhlas dapat mendatangkan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, seorang muslim dianjurkan untuk selalu berusaha ikhlas dalam setiap perbuatannya. 

Pinhome – Perilaku ikhlas termuat dalam banyak hadist dan surah dalam Al-quran. Di bawah ini disebutkan beberapa ayat Al-quran tentang ikhlas lengkap dengan penjelasannya. Yuk, langsung simak uraiannya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perilaku Ikhlas Sulit Dilakukan

Ayat Al-quran tentang Ikhlas

(Pixabay)

Baca Juga: Dalil Dan Contoh Tolong Menolong Dalam Kebaikan Di Kehidupan Sehari-Hari

Mereka yang memiliki sifat ikhlas umumnya tidak pernah mengeluh dengan berapa pun nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Allah SWT dalam surah Al-A’raf ayat 29 berfirman.

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ

Artinya: “Katakanlah, “Tuhanku menyuruhku untuk berlaku adil. Dan hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula.”

Perintah untuk berlaku ikhlas juga diterangkan dalam surah Ghafir ayat 65. Berikut bacaannya: 

هُوَ الْحَيُّ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ فَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Dialah yang Maha Hidup, tidak ada tuhan selain Dia. Maka sembahlah Dia dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Berkat adanya, ayat-ayat tersebut hendaknya kita dapat memberi makna bahwa sikap ikhlas amat penting untuk dilakukan dimiliki umat muslim. Perilaku ini dapat mendatangkan kebahagiaan, untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Keutamaan Sikap Ikhlas 

(Pixabay)

Selain perintah untuk bersikap ikhlas, dalam Al-quran terdapat pula dalil mengenai keutamaan ikhlas. 

Dalam surah Al-An’am ayat 162-163, Allah SWT berfirman: 

قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَلَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Artinya; “Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagiNya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).”

Dengan menerapkan perilaku ikhlas, seorang umat muslim akan selamat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan kebahagiaan kepada umatnya yang berlaku ikhlas. Sebagaimana firman Allah yang berbunyi: 

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا * إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا * إِنَّا نَخَافُ مِنْ رَبِّنَا يَوْمًا عَبُوسًا قَمْطَرِيرًا * فَوَقَاهُمُ اللَّهُ شَرَّ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَلَقَّاهُمْ نَضْرَةً وَسُرُورًا * وَجَزَاهُمْ بِمَا صَبَرُوا جَنَّةً وَحَرِيرًا

Artinya: “Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan, (8) (seraya berkata), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan ridha Allah, kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih dari kamu. (9) Sungguh, kami takut akan (azab) Tuhan pada hari ketika orang-orang berwajah masam lagi penuh kesulitan.” (10) Maka Allah melindungi mereka dari kesusahan pada hari itu dan memberikan keceriaan dan kegembiraan kepada mereka. (11) Dan Dia memberi balasan berupa surga dan pakaian sutera kepada mereka karena kesabarannya.”

Allah SWT dalam sebuah surah pun mengungkapkan bahwa ikhlas merupakan sebaik-baiknya perilaku. Dengan demikian, Dia akan senantiasa mencintai hambaNya yang berlaku ikhlas. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi: 

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Artinya; “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.”

Cara Menumbuhkan Sikap Ikhlas

(Max Pixel)

Sikap ikhlas memang mudah diucapkan, tapi sayangnya sulit dijalankan. Walau demikian, kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk menjadi seorang umat yang ikhlas. 

Berikut ragam cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap ikhlas: 

  1. Selalu percaya dan turut menghadirkan kebesaran Allah SWT
  2. Meminta dengan berdoa kepada-Nya untuk selalu diberi keikhlasan
  3. Mengingat akan pahala dan keutamaan ikhlas juga bisa menjadi salah satu motivasi 
  4. Memperbanyak ketaatan dan ketakwaan
  5. Bergaul dengan orang-orang ikhlas pun bisa membantu menumbuhkan sikap ikhlas
  6. Tidak takjub kepada diri sendiri. 

Selain keenam hal tersebut, kamu dapat menyontek cara Nabi Muhammad untuk menumbuhkan sikap ikhlas. Beliau sentiasa berdoa agar Allah SWT menuntunnya untuk berlaku ikhlas. 

Berikut doa yang kerap Nabi Muhammad SAW panjatkan: 

 اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu sementara aku mengetahuinya, dan aku pun memohon ampun terhadap perbuatan syirik yang tidak aku ketahui.” – HR.Ahmad.

Umar bin Khattab pun kerap meminta kepada Allah SWT agar segala perbuatannya hanya dilakukan untuk-Nya. Dalam sebuah doa, ia meminta: 

“Ya Allah, jadikanlah seluruh amalanku amal yang saleh, jadikanlah seluruh amalku hanya karena ikhlas mengharap wajahmu, dan jangan jadikan sedikitpun dari amalanku tersebut karena orang lain.”

Walau sulit dilakukan, sikap ikhlas dapat pelan-pelan ditanamkan dalam diri Pins. Tak perlu buru-buru, kamu dapat mulai berlaku ikhlas secara perlahan. Allah SWT akan senantiasa menghargai setiap proses yang kamu jalani. Yuk, mulai tanamkan sikap ikhlas agar selalu diberi kelimpahan berkah-Nya. 


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Heritage Residence di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel